Home & Garden

Bonsai, Tanaman Hias Unik dan Menawan untuk Rumah Anda

tanaman hias

Sudah bukan rahasia lagi jika bonsai merupakan tanaman hias dengan keindahan yang luar biasa sekaligus harga yang fantastis. Bonsai merupakan tanaman yang dikerdilkan dengan cara ditanam pada pot yang membatasi pertumbuhan akar. Selain itu bentuk unik pada bonsai juga dihasilkan dengan berbagai macam teknik pembentukan menggunakan kawat.

Bonsai pertama muncul di Cina lebih dari 1000 tahun yang lalu pada skala yang sangat mendasar sebagai  praktek menanam pohon spesimen tunggal dalam pot. Artinya, penciptaan bonsai pada saat itu bukan dengan maksud untuk dibudidayakan apalagi alasan komersial. Dengan adopsi Jepang pada begitu banyak kebudayaan Cina,  bonsai pun menjadi salah satu tanaman hias yang terkenal di Negeri Sakura selama periode Kamakura (1185 – 1333). Awalnya bonsai merupakan tanaman hias yang didasarkan pada aliran Zen Buddhisme dan hanya dibudidayakan oleh para biksu dalam biara. Namun seiring berjalannya waktu, kepopuleran bonsai menyebar hingga pelosok dunia dan menjadi salah satu tanaman hias yang paling banyak dicari. Bonsai menggabungkan keterampilan dalam seni dengan kesabaran merawat tanaman. Dengan alasan itulah bonsai disebut sebagai tanaman hias yang menyimpan harmoni antara jiwa dengan alam.

Jenis pohon yang dapat dijadikan bonsai sangat beragam, di Indonesia sendiri ada beberapa pohon yang terkenal untuk dikerdilkan, antara lain:

  1. Pohon cemara udang

Pohon cemara udang yang memiliki nama latin Casuarina equisetifolia ini dapat dengan mudah dijumpai di belahan bumi bagian selatan, terutama di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Bonsai cemara udang sangat cocok dijadikan tanaman hias karena memiliki bentuk yang indah dengan daunnya yang runcing dan kecil menyerupai jarum.

  1. Pohon beringin

Anda tentu tak asing lagi dengan pohon beringin. Pohon beringin memiliki batang yang besar dan kokoh serta mempunyai naungan daun yang bundar menyerupai kepala jamur. Bentuk ini tentu sangat unik jika digunakan sebagai tanaman hias. Jenis pohon beringin yang sering digunakan untuk bonsai adalah Ficus benjamina dan Ficus microcarpa.

  1. Pohon asam

Pohon asam juga merupakan salah satu pohon yang terkenal untuk dijadikan bonsai. Jenis yang paling sering digunakan adalah Tamarindus indica atau asam jawa dan Pithecellobium atau asam londo. Keunikan bonsai pohon asam sebagai tanaman hias terletak pada daunnya yang kecil-kecil dan berjajar rapi.

  1. Pohon serut

Pohon serut memiliki nama latin Streblus asper. Bentuknya yang eksotis dengan batang yang memiliki banyak cabang dan tepi daunnya yang bergerigi menjadi favorit penggemar tanaman hias bonsai. Daunnya juga dipercaya dapat digunakan sebagai desinfektan untuk mengobati luka luar dan dapat juga dikunyah sebagai penawar racun.

  1. Pohon santigi

Dikenal dengan nama latin Pemphis acidula, pohon ini memiliki daun hijau kecil dan buah yang menyerupai cengkeh. Bonsai santigi termasuk sulit untuk dibudidayakan karena rawan terkena penyakit bintil akar yang akan membuat batang dan daunnya tidak dapat tumbuh maksimal.

Untuk melengkapi keindahan bonsai, pot yang digunakan juga harus sangat diperhatikan. Pot yang Anda pilih sebaiknya menyesuaikan bentuk dan warna batang serta daun. Walaupun membuat bonsai sendiri cukup rumit, tetapi keindahan yang dihasilkannya sepadan. Bagaimana? Berminat untuk menjadikan bonsai sebagai tanaman hias di rumah Anda?

 

Share

Leave a Reply