Beauty & Health

Bolehkan ibu hamil makan mie instan?, ini jawabannya!

Mie instan merupakan makanan cepat saji yang menjadi favorit banyak orang. hal ini dikarenakan harganya yang murah meriah, cara memasaknya juga sangat mudah, dan rasanya juga lezat. Meskipun mie instan sangat lezat, tetapi makanan ini bukanlah makanan yang bergizi. Tapi jika sedang ngidam, apakah ibu hamil boleh memakannya? Boleh atau tidaknya ibu hamil makan mie instan memang menjadi pertanyaan besar bagi semua bumil. Apalagi bagi wanita yang pertama kali hamil, pasti akan ada rasa khawatir dan cemas jika mengonsumsinya. Mie instan memang mengenyangkan, tetapi mie instan tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan ibu hamil.

Sebenarnya, mie instan tidak boleh dikonsumsi sebagai lauk tunggal oleh siapapun, apalagi bagi ibu hamil. Karena mie instan minim akan protein, mineral, vitamin, dan serat. Padahal nutrisi-nutrisi tersebut sangat dibutuhkan selama kehamilan untuk menunjang kesehatan ibu dan bayi.

Mie instan beresiko meningkatkan tekanan darah tinggi bagi ibu hamil

Mie instan mengandung banyak garam dan monosodium sehingga mempunyai rasa yang sangat asin. Ibu hamil yang mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi dan dalam jangka waktu yang lama bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa mie instan sangat kurang akan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, sehingga sering merasa lapar sekaligus juga melepaskan insulin dalam jumlah yang besar sehingga bisa menyebabkan gula darah Anda turun dengan cepat. Turunnya gula darah dalam waktu cepat bisa membuat Anda merasa lesu, sehingga Anda akan lebih banyak makan untuk mengembalikan tingkat energi Anda. Makan berlebihan juga bisa menimbulkan risiko berat badan berlebih ketika hamil dan bisa membahayakan ibu hamil dan janinnya. Tetapi, pada umumnya makan mie instan ketika hamil masih diperbolehkan, dengan catatan dikonsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan.

Fakta di balik kelezatan mie instan

Mie instan dengan rasanya yang nikmat dan murah ini tidak hanya disukai orang Indonesia, tetapi hampir seluruh penduduk dunia juga menyukainya. Apakah mie instan hanya disukai karena rasanya yang lezat? Beberapa orang yang mengonsumsi mie instan mengakui, mie mengandung banyak karbohidrat. Sehingga mereka mengonsumsinya sebagai pengganti nasi. Padahal, kandungan gizi yang ada di dalam mie belum bisa menyamai nutrisi nasi sepenuhnya.

Satu bungkus mie instan mengandung natrium 600 mg hingga 1.500 mg. Kandungan tersebut disesuaikan dengan batas normal konsumsi natrium setiap hari sekitar  1.500 mg. tetapi pada kenyataannya, banyak orang yang mengonsumsi mie instan 2-3 bungkus setiap harinya.

Tips sehat makan mie instan saat hamil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa mengkonsumsi mie instan boleh saja bagi ibu hamil asalkan tidak berlebihan. Nah, Jika Anda ingin mengkonsumsi mie instan ketika hamil, pertimbangkan sejumlah tips memasak mie berikut ini:

  1. Ketika memasaknya, gunakan setengah sachet bumbu mie instan untuk mengurangi asupan garam.
  2. Tambahkan bahan-bahan yang berbutrisi seperti sayur berdaun hijau (kangkung, sawi, pak choy, atau tomat dan wortel)potongan ayam/daging, bakso dan telur.
  3. Jangan jadikan mie instan sebagai makanan utama. Tetapi jika hanya digunakan untuk makanan selingan tidak apa-apa. Diusahakan mengkonsumsi mie instan dengan seminim mungkin.

Kandungan dalam mie instan

  1. Kandungan garam yang tinggi

Mie instan memang sudah terbukti mengandung garam yang cukup tinggi. Kandungan ini dapat memicu hipertensi bagi ibu hamil. Salah satu komplikasi yang sangat fatal akibat hipertensi pada ibu hamil adalah preeklampsia, yang sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi yang ada dalam kandungan. Maka dari itu, ibu hamil dihimbau untuk menghindari mengkonsumsi mie instan karena makanan ini merupakan faktor pemicu hipertensi yang bisa menyebabkan preeklampsia.

  1. Kandungan bahan kimia seperti pengawet dan pewarna

Apapun makanan yang dalam bentuk kemasan pastinya mempunyai tambahan bahan kimia, seperti bahan pengawet dan juga pewarna. Bila dikonsumsi terlalu sering, zat kimia yang ada pada mie instan ini bisa mengendap di dalam tubuh. Zat kimia ini yang sangat membahayakan kondisi kesehatan ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Selain itu, mie instan lebih lama dicerna oleh tubuh ibu hamil, sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan ibu hamil yang sudah sering bermasalah akibat hormon yang terjadi karena kehamilan.

Demikian ulasan mengenai jawaban bolehkan ibu hamil mengkonsumsi mie instan. Jika diambil kesimpulan dari pejelasan tersebut, boleh-boleh saja ibu hamil mengonsumsinya asalkan tidak berlebihan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply