Mother & Baby

Bolehkan Ibu Hamil Berendam Air Panas? Simak Ulasan Lengkapnya!

Salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan dan bisa benar-benar menenangkan hati dan fikiran tidak lain adalah ketika Anda bisa berendam di air panas beberapa saat. Hal ini banyak menjadi favorit mereka yang memiliki aktivitas padat sepanjang hari dan membutuhkan saat-saat santai. Nah, bagi ibu hamil di mana kondisi emosi sering tidak stabil dan cenderung tidak konsisten, tentu saja aktivitas ini banyak di minati. Akan tetapi, di balik itu mungkin Anda sering mendengar bahwasanya berendam di air panas ini di larang bagi ibu hamil. Namun apa sih alasannya? Nah, jika Anda penasaran dengan informasi terkait lebih lanjut, silahkan langsung simak ulasannya berikut ini.

Dampak Bagi Ibu Hamil Jika Berendam Di Air Panas

Boleh atau tidaknya ibu hamil berendam di air panas, tentu saja bergantung pada bagaimana situasi dan kondisinya. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui apa saja dampak yang bisa di akibatkan oleh aktivitas yang terkait. Sedangkan beberapa dampak tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Hipertemia bagi ibu hamil

Bagi Anda yang tidak sedang dalam kondisi kehamilan, boleh-boleh saja untuk berendam di air panas. Akan tetapi, tidak begitu untuk ibu hamil karena suhu yang panas ini bisa jadi akan mempengaruhi suhu tubuhnya. Nah, ketika di dalam air sang ibu tidak bisa mengeluarkan panas dan keringatnya, maka itulah yang akan menyebabkan hipertemia pada ibu hamil.

  1. Penurunan tekanan darah

Masih berkaitan dengan hipertemia, dalam hal ini kondisi tersebut juga akan berpengaruh pada tekanan darah. Jadi, hipertemia bisa mengakibatkan tekanan darah semakin menurun. Padahal ini bukanlah kondisi yang baik untuk perkembangan janin.

  1. Kekurangan oksigen

saat tekanan darah mulai menurun, maka hal buruk selanjutnya yang akan terjadi adalah kekurangan oksigen. Jika sudah begini, maka risikonya pun akan semakin tinggi. Buah hati Anda pada akhirnya bisa mengalami komplikasi dalam masa kelahiran. Selain itu, gangguan yang akan terjadi pada tubuh Anda pun tidak sedikit. Anda banyak sekali kemungkinan yang harus di antisipasi.

  1. Risiko kelahiran dalam keadaan cacat

setiap orang tentu saja ini anaknya lahir dalam keadaan normal. Namun, berendam di air panas bagi ibu hamil bisa menyebabkan kemungkinan bayi yang lahir dalam keadaan cacat. Hal ini di sebabkan oleh beberaa risiko sebelumnya yang telah di sebutkan. Yang paling utama tidak lain adalah saat tubuh kekurangan oksigen, maka kemungkinan kelahiran cacat pun akan semakin tinggi.

  1. Adanya kandungan belerang berbahaya

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwasanya belerang adalah salah satu kandungan yang tidak baik untuk beberapa kondisi. Salah satunya adalah ketika saat sedang hamil. Oleh karena itu, berendam di air panas bagi ibu hamil perlu di hindari untuk antisipasi beberapa risiko tertentu.

  1. Risiko terhadap kematian janin cukup tinggi

Dalam hal ini jangan sampai Anda bermain-main dengan yang namanya resiko berendam di air panas dalam keadaan hamil. Tidak hanya kelahiran yang terganggu, masalah persalinan atau pun cacat bagi sang bayi, tetapi juga bisa menyebabkan kematian janin. Kemungkinan ini bisa di katakan sebagai kemungkinan terburuk setelah resiko kelahiran cacat dan dalam keadaan prematur.

  1. Gangguan pada hormon

Selanjutnya, yang juga perlu Anda waspadai di sini adalah hormon yang terganggu. Dalam hal ini ketika Anda berendam dalam waktu yang cukup lama bisa jadi resiko yang satu ini akan di alami. Bukan hanya pada sang ibu, tetapi emosi janin pun bisa ikut terganggu. Selain itu juga bisa mengakibatkan peningnya kepala dan rasa sakit perut pada sang ibu.

Bagaimana Kesimpulannya?

Setelah mengetahui berbagai resiko yang mungkin bisa di alami, tentu saja bisa di simpul kan bahwa berendam di air panas bagi ibu hamil sangatlah berbahaya. Tidak dapat di pungkiri, memang akibat yang telah di sebutakan di atas tentu saja belum tentu terjadi. Akan tetapi sekedar untuk antisipasi, memang sebaiknya Anda menghindari aktivitas tersebut. Mencegah pastinya lebih baik dari pada harus menyesali.

Demikianlah ulasan mengenai aktivitas berendam di air panas bagi ibu hamil. Nah, setelah mengetahui bagaimana kesimpulannya, sebaiknya Anda menghindari aktivitas ini sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Jika Anda memang terbiasa berendam di air panas, tidak ada salahnya menahan beberapa bulan hingga sang buah hati lahir terlebih dahulu. (elevenia)

Leave a Reply