Mother & Baby

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda Setiap Hari?

Jangan Lupa Share ya

Wanita yang harus hamil selalu diminta untuk lebih waspada dalam mengkonsumsi sesuatu maupun dalam bertindak. Terlebih di Indonesia sendiri masih banyak kepercayaan terkait dengan ibu hamil dan janinnya. Di balik semua itu, ibu hamil memang harus menjaga kehamilannya dengan cara mengkonsumsi sejumlah makanan atau minuman yang baik untuk pertumbuhan janin. Salah satunya adalah air kelapa.

Air kelapa memiliki manfaat untuk ibu hamil. Namun di antara ibu hamil masih mempertanyakan, apakah tidak apa-apa mengkonsumsi air kepala tiap hari? Sebelum itu, kita harus tahu terlebih dahulu manfaat dari air kelapa.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Air Kelapa Sebagai Antioksidan

Sejumlah ahli berpendapat, bahwa air kelapa mengandung antioksidan dan elektrolit. Dua kandungan tersebut diperlukan oleh tubuh terutama saat ini polusi semakin tidak terkendali terutama bagi ibu hamil yang tentunya perlu kekebalan tubuh yang ekstra.

Air Kelapa Dapat Menjernihkan Air Ketuban

Air kelapa tak hanya mengandung antioksidan dan elektrolit saja, tapi juga sangat bermanfaat untuk menjaga air ketuban tetap bersih dan jernih. Dua kandungan tersebut dapat menyerap lendir dan juga kotoran yang terdapat dalam air ketuban. Bila ada yang mengatakan bahwa air kelapa dapat membuat kulit bayi menjadi putih itu salah, sebab air kelapa hanya membuat air ketuban menjadi bersih bukan kulit bayinya.

Air Kelapa Dapat Menjaga Berat Badan

Air kelapa bebas dari lemak dan rendah kalori. Saat kehamilan berlangsung, biasanya wanita akan mengalami kenaikan berat badan. Nah, air kelapa ini dapat diminum untuk mencegah penambahan berat badan karena dapat menghindari penumpukan lemak serta menghilangkan kolesterol jahat. Air kelapa juga bisa menjadi pengganti yang baik untuk minuman gula dan juga dapat menjamin kesehatan ibu dan janin.

Air Kelapa Dapat Mempercepat Pertumbuhan Janin

Air kelapa memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Untuk itu, minum air kelapa dapat menjaga dan meningkatkan kesehatannya. Air kelapa juga sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan janin sebab air kelapa mengandung nutrisi yang tepat untuk bayi di dalam kandungan.

Air Kelapa Dapat Meringankan Sembelit dan Mulas

Hormonal akan berubah selama kehamilan. Hal ini menyebabkan sejumlah masalah seperti sakit sembelit, maag dan gangguan pencernaan lainnya. kandungan serat dalam air Kalapa ternyata dapat memperkuat sistem pencernaan, mengatur tingkat pH, meningkatkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Tak hanya itu, air kelapa dapat meningkatkan metabolisme dan juga mendetoksifikasi tubuh kamu. Air kelapa merupakan penetral asam alami, sehingga bisa mencegah mulas.

Air Kelapa Dapat Meningkatkan Cairan Aminotik

Kesehatan dan lingkungan janin dalam kandunganmu akan meningkat saat kamu rutin mengkonsumsi air kelapa. Minum air kelapa utamanya di trimester ketiga mampu meningkatkan tingkat cairan ketuban, volume dan sirkulasi darah. Untuk itu tidak heran jika ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa hijau secara teratur sejak usia kehamilan menginjak 6 bulan hingga saat melahirkan tiba.

Apakah Aman Mengkonsumsi Air Kelapa Tiap Hari untuk Ibu Hamil?

Ibu hamil dapat meminum air kelapa tiap hari. Namun cukup satu gelas saja tiap harinya. Akan lebih baik, kamu mengkonsumsinya sesaat setelah kelapa dikupas, sebab air kelapa masih segar dan tentu saja nutrisinya masih utuh. Kamu bisa meminumnya langsung dari kelapa menggunakan sedotan atau dituangkan langsung ke dalam gelas.

Selain itu, usahakan untuk meminum air kelapa alami dibandingkan air kelapa yang sudah dalam kemasan atau botol. Kamu juga jangan memaksakan diri untuk minum air kelapa jika timbul reaksi atau kamu tidak menyukai rasa air kelapa tersebut.

Apakah Mungkin Air Kelapa Menimbulkan Efek Samping Untuk Ibu Hamil?

Sejauh ini tidak ada bukti yang menyebutkan bahwa air kelapa punya efek samping yang buruk pada ibu hamil dan janin. Air kelapa tidak jauh seperti buah dan sayur lainnya. Namun ada dua hal yang harus kamu tahu, saat di mana air kelapa dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu saat di mana wanita hamil yang menderita pre-ekslampsia. Sebab santan mengandung natrium. Selain itu, juga kamu harus ingat bahwa air kelapa matang dapat menyebabkan sembelit.

Bagaimana Cara Memilih Kelapa yang Bagus?

Untuk menikmati air kelapa terbaik, tentu kamu harus memilih kelapa terbaik juga. Untuk itu kamu harus tahu bagaimana cara membedakan kelapa yang memiliki air kelapa baik dengan yang tidak. Biasanya, kelapa segar akan terasa ringan, karena tidak mengandung banyak daging. Yang asam, biasanya yang sudah sedikit basi. Warna kelapa yang baik umumnya berwarna hijau dan berukuran sedang. Jangan memilih kelapa yang memiliki cangkang dengan warna coklat keras atau bercak abu-abu, sebab menunjukkan bahwa kelapa sudah matang.

Itulah sejumlah informasi terkait dengan manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Ternyata, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil dari air kelapa. Air kelapa pun aman dikonsumsi setiap hari, asalkan dalam jumlah yang wajar. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply