Mother & Baby

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sayur Nangka? Berikut Ulasannya!

Jangan Lupa Share ya

Bukan menjadi rahasia umum jika wanita hamil akan memiliki nafsu makan yang sangat besar bukan, sehingga tak jarang jika wanita hamil ingin makan apa saja makan yang dilihatnya. Tak hanya itu saja, karena ibu hamil akan mengalami masa-masa ngidam dimana sangat sulit sekali untuk menahan ngidam. Walaupun banyak sekali makanan yang di inginkan namun tetap saja wajib untuk mengkonsumsi menu makanan yang sehat dengan nutrisi yang banyak agar bayi di dalam kandungan tidak kekurangan nutrisi.

Walaupun ibu hamil memilki nafsu makan yang besar namun tetap saja akan ada beberapa makanan yang tidak boleh di konsumsi. Seperti halnya buah nangka, dimana buah yang satu ini memang tidak boleh di makan oleh ibu hamil karena bisa mengakibatkan panas yang berlebihan pada perut. Namun, bagaimana jika mengkonsumsi sayur nangka?. Biasanya sayur nagka itu menggunakan nagka yang masih muda. dan yang menjadi pertanyaan adalah bolehkan ibu hamil makan sayur nangka? Simak penjelasannya berikut ini:

Sayur nangka untuk ibu hamil

Sebetulnya, sayur nangka jika di konsumsi oleh ibu hamil akan menjadikan perut memproduksi gas yang berlebih sehingga membuat perut ibu hamil menjadi kembung. Memang tidak semua ibu hamil yang mengonsumsi sayur nangka akan kembung perutnya. Hal ini dikarenakan sensitifitas dari perut masing- masing orang juga berbeda. Untuk ibu hamil yang memang sensitif dengan nangka maka lebih baik untuk tidak mengkonsumsi sayuran yang satu ini, apalagi jika Anda sedang hamil muda atau pada trimester akhir. Jika saja perut merasa kembung pada ibu hamil, pastinya membuat ibu hamil tak nyaman bahkan tak jarang jika mengkonsumsi nanas bisa berakibat fatal pada ibu hamil dan juga kandungannya.

Selain itu, rupanya sayur nangka sama sekali tidak mempunyai kandungan nutrisi yang banyak untuk bayi. Dan satu- satunya alasan mengapa memakan sayur nangka adalah hanya untuk memuaskan mulut saja. Lalu bolehkah ibu hamil makan sayur nangka? Tentu saja boleh, asalkan mengonsumsinya hanya 1 atau dua kali dalam 1 bulan dan tidak secara berlebihan. Sayur nangka bisa menjadi makanan yang di larang jika Anda memang memiliki sensitive dengan menu makanan yang bisa menyebabkan gas dalam perut secara berlebihan.

Akibat mengonsumsi sayur nangka untuk yang sensitif

Menimbulkan reaksi alergi

Untuk Anda yang mengkonsumsi sayur nangka maka bisa saja mengalami reaksi alergi jika memang memiliki sensitifitas pada nangka. Mengkonsumsi sayur nangka secara berlebihan bisa mengakibatkan pastinya akan mengakibatkan dampak yang sangat buruk selain munculnya alergi.

Dapat meningkatkan kadar gula darah

Bahaya yang selanjutnya dari sayur nangka untuk ibu hamil ialah bisa membuat kadar gula dalam darah meningkat sehingga hal ini sangat membahayakan bagi ibu hamil yang memiliki diabetes. Walaupun seperti itu, gula dara yang rendah juga tak baik bagi ibu hamil dan juga janinnya. Sehingga bisa di pastikan jika sayur nangka bisa di konsumsi asal tidak berlebihan.

Mengakibatkan sembelit

Nangka muda itu memang memiliki nutrisi namun sama sekali tidak mengandung serat. Dan dikarenakan nangka muda tidak mengandung serat sehingga perut ibu hamil akan mudah sakit. Karena jika tubuh yang kekurangan serat bisa membuat buang air besar tak bisa lancar dan menjadikan ibu hamil sembelit. Bagi orang yang tidak hamil saja, sembelit akan membuat perut sangat sakit apalagi pada wanita yang sedang hamil. Untuk itulah, sangat di sarankan untuk tidak mengkonsumsi sayur nangka.

Membuat maag kronis kambuh

Tidak hanya penderita diabetes saja yang bisa terkena masalah jika mengkonsumsi sayur nangka. Karena untuk ibu hamil yang memiliki riwayat maag kronis pun bisa mengalami masalah. Apabila sampai mengkonsumsi sayur nangka secara berlebihan maka bisa membuat maag kronis yang di derita kembali kambuh. Jika memang Anda tidak ingin merasakan maag kambuh pada saat hamil maka jauh lebih baik lagi jika Anda mengurangi makan makanan sayur nangka atau bisa untuk tidak mengonsumsinya. Jika memang sudah terlanjur kambuh maka Anda perlu menggunakan obat herbal agar tidak membahayakan janin dalam kandungan jika memakai bahan kimia.

Nah, demikianlah sekilas info yang dapat di berikan kepada Anda mengenai bolehkan ibu hamil makan sayur nangka. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi ibu- ibu hamil di luar sana. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply