Mother & Baby

Bolehkah Ibu Hamil Dipijat Punggung? Simak Penjelasannya Berikut!

Jangan Lupa Share ya

Jika seseorang sudah siap untuk menjadi ibu maka sudah seharusnya juga siap untuk hamil. Ketika seorang ibu hamil terutama bagi ibu muda yang baru pertama kali merasakannya pasti sangat berhati-hati dan takut untuk melakukan pekerjaan yang cukup ekstrim. Ketika hamil pun berat badan secara otomatis akan naik dan sering mengeluhkan beberapa permasalahan pada bagian punggung, kaki, dan juga leher. Dan memang, bagian yang paling sering terasa sakit adalah bagian punggung.

Karena itulah banyak ibu hamil yang mengeluhkan punggung kaku dan sangat pegal dan ingin pijat dibagian punggung. Namun pertanyaannya, aman kah ibu yang sedang hamil terutama hamil besar melakukan pijat punggung? Apakah ada efek yang ditimbulkan kepada anak atau bahkan ibu sendiri setelah memijatnya? Ternyata pijat punggung di waktu hamil tidak menyebabkan masalah yang serius pada ibu hamil. Bahkan, berdasarkan penelitian pijat punggung mampu meredakan punggung yang pegal dan mampu melancarkan sirkulasi darah pada tubuh. Lalu adakah manfaat lainnya ketika melakukan pijat punggung pada ibu hamil?

Manfaat Pijat Punggung Untuk Ibu Hamil Yang Penting Diketahui!

Nah mengenai manfaat lain dari pijat punggung, ternyata jika dilakukan secara benar banyak sekali manfaat yang diberikan. Beberapa diantaranya adalah mampu membuat ibu hamil tidur dengan lebih nyenyak karena nyaman, mampu memperbaiki suasana hati sekaligus meningkatkan rasa bahagia pada sang ibu, mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian rongga tubuh ( edema) dengan meningkatkan sirkulasi dan juga pergerakan cairan di dalam tubuh, meringankan sakit kepala pada bagian saraf, dan juga menurunkan stress, serta merileksasikan bagian otot yang tegang karena belum terbiasa ada bayi di dalamnya.

Beberapa manfaat diatas dapat didapatkan oleh ibu hamil dengan syarat cara memijat punggung harus benar dan sesuai dengan aturan. Sudah tahukah Anda bagaimana cara memijat yang paling efektif? Jika belum simak penjelasan berikut!

Penting! Inilah Aturan Pijat Punggung Bagi Ibu Hamil

Nah, agar tidak salah caranya, dalam melakukan pijat punggung yang harus diperhatikan adalah:

Dilakukan oleh Terapis Profesional

Karena bagian punggung adalah bagian yang cukup rentan, maka ada baiknya jika Anda melakukan pijat punggung pada para terapis professional. karena sudah berpengalaman, terapis professional mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan tau bagian mana saja yang menjadi titik-titik bagian harus dipijat dan mana yang harus dihindari. Biasanya pijat pada terapis professional membutuhkan dana yang cukup tinggi, jadi Anda harus menyiapkan budget terlebih dahulu.

Perhatikan Usia Kandungan

Tidak semua usia kandungan aman untuk melakukan pijat punggung ini, karena dokter dari Amerika menyarankan jika ingin melakukan pijat punggung disarankan ketika usia kehamilan masih 12 minggu atau memasuki trimester kedua. Jangan sampai melakukan pemijatan di trimester pertama karena itu adalah masa kritis dan janin mulai terbentuk. Perhatikan pula kondisi tubuh tetap stabil agar aman proses pemijatan nya.

Perhatikan Posisi

Posisi adalah hal penting selanjutnya yang harus Anda perhatikan. Sebelum melakukan pemijatan pastikan tempat yang digunakan untuk pijat nyaman dan ada penyangganya. Posisi yang paling tepat untuk pijat punggung adalah miring. Lalu jika Anda ingin pijat pada bagian kepala bisa dengan posisi tidur telentang atau duduk.

Teknik Pijat yang Dilarang

Karena pijat punggung harus dilakukan dengan seaman mungkin maka ada beberapa teknik pijat yang harus dihindari, salah satu diantaranya adalah pijat refleksi. Pijat refleksi adalah pijat yang memberikan tekanan pada bagian kaki sedangkan pergelangan kaki dan betis memicu kontraksi padahal masih belum waktunya persalinan, jadi jangan sampai melakukan pijat ini.

Adapula pijat yang dilarang adalah pijat tradisional atau pijat urut. Pijat urut beresiko memicu rasa nyeri atau berpindahnya gumpalan pada darah kebagian tubuh yang memerlukan aliran darah lancar. Volume darah ibu hamil menjadi berlipat ganda ketika sedang hamil sehingga pijat urut adalah pijat yang cukup membahayakan keselamatan bayi.

Memakai Minyak Esensial

Yang terakhir adalah dengan memakai minyak esensial sebagai pelengkap agar proses pemijatan bisa berjalan dengan lebih lancar dan nyaman. Bau wangi dari minyak esensial mampu menambah mood baik pada ibu hamil.

Setelah mengetahui informasi diatas, apakah Anda masih tanya “bolehkah ibu hamil dipijat punggung?” jawabannya tentu saja boleh selama masih sesuai dengan aturan dan tidak melampaui batas. Sekian informasi yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat! (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply