Babies /Kids

Bolehkah Bayi Dimandikan Setelah Imunisasi? Ini Penjelasannya!

Jangan Lupa Share ya

Sebagai orang tua, kita memang harus mematuhi jadwal imunisasi bayi yang baru lahir hingga mendapatkan imunisasi yang penuh. Ada banyak sekali bahaya yang bisa saja terjadi apabila bayi kamu tidak mendapatkan imunisasi sebagaimana mestinya. Akan tetapi, masih banyak orang tua yang enggan melakukan imunisasi pada anaknya karena efek dari imunisasi itu sendiri yang akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Hingga pada akhirnya bayi akan cenderung lebih rewel setelah dia diimunisasi. Kemudian cara kita merawatnya pun merupakan hal yang harus diperhatikan, termasuk ketika kita akan memandikannya. Lantas, bolehkah bayi yang baru imunisasi dimandikan? Sebetulnya ada banyak sekali kemungkinan untuk pertanyaan tersebut, termasuk boleh dan tidak. Berikut ini merupakan penjelasannya.

Bolehkah Bayi Dimandikan Setelah Imunisasi? Ini Penjelasannya!

Bayi Tidak Boleh Dimandikan Setelah Imunisasi

Resiko infeksi

Bahaya dari imunisasi masih menjadi suatu hal yang membuat para ibu ketakutan. Ada banyak risiko yang bisa terjadi setelah imunisasi termasuk risiko bayi terkena sakit yang cukup parah. Sebenarnya, bayi yang dimandikan setelah imunisasi memiliki kemungkinan untuk mengalami risiko infeksi yang lebih besar. Jika bekas luka suntikan yang terbuka terkena air, maka kemungkinan kuman, bakteri, atau virus dari air bisa masuk pada luka tersebut. Hal inilah yang dapat menyebabkan bayi mengalami infeksi yang bisa membuatnya sakit.

Bayi mengalami efek samping setelah imunisasi

Tingkat kekebalan tubuh pada bayi memanglah pasti berbeda-beda. Ada bayi yang sangat mudah sekali untuk terserang penyakit setelah imunisasi, seperti masalah bintik merah yang muncul setelah imunisasi campak dilakukan, efek samping yang muncul setelah imunisasi MR dan masalah lainnya. Masalah tersebut termasuk ketika bayi mengalami demam setelah mendapatkan imunisasi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya ibu tidak memandikan bayi setelah di imunisasi, baik menggunakan air hangat ataupun air dingin. Jika ibu tetap memandikannya, bisa saja kondisi bayi justru akan menurun.

Bayi terlihat sangat lelah

Tidak semua efek samping setelah imunisasi terjadi dalam waktu yang cepat. Bayi kamu mungkin hanya akan terlihat lelah dan tidak memiliki semangat. Akan tetapi, hal itu bisa saja merupakan salah satu efek samping dari imunisasi yang baru saja ia terima. Bayi kamu mungkin baru akan sakit satu hari setelah imunisasi dilakukan. Jika bayi kamu terlihat seperti ini dan membuatnya lebih sering tertidur, sebaiknya jangan memandikannya terlebih dahulu dan biarkan bayi istirahat agar dia menjadi lebih sehat.

Bayi Boleh Dimandikan Setelah Imunisasi

Atur waktu mandi bayi

Kamu bisa mencoba dan mengikuti semua cara untuk memandikan bayi yang baru lahir agar terlihat lebih segar dan sehat. Hal ini dilakukan termasuk pada saat bayi sudah menerima imunisasi. Akan tetapi, kamu diharuskan untuk mengatur jarak waktu mandi bayi kamu agar tidak terjadi infeksi. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah jangan memandikan bayi ketika bekas luka suntikan masih terbuka. Akan lebih baik jika kamu menunggu selama beberapa jam. Contohnya, jika kamu melakukan imunisasi bayi kamu pada pagi hari, maka mandikalah ia pada saat siang hari.

Bayi cukup sehat

Kamu bisa memandikan bayi kamu setelah imunisasi dengan catatan bahwa bayi kamu terlihat lebih sehat setelah imunisasi dilakukan. Hal ini bisa kamu lakukan jika bayi kamu tidak menunjukkan adanya gejala dan efek samping dari imunisasi seperti demam, lelah, dan luka yang memerah pada bekas suntikan. Akan tetapi, kamu juga harus menunggu hingga keadaan bayi kamu benar-benar bisa dipastikan.

Menjaga bayi tidak dekat sumber infeksi

Ketika bayi kamu sudah sehat dan kamu sudah memandikannya, pastikanlah ia tidak berada di dekat sumber infeksi. Jangan biarkan bayi kamu berdekatan dengan anak lainnya yang sedang sakit, termasuk sakit flu dan batuk. Ingatlah bahwa bayi kamu tetap mudah untuk terkena penyakit infeksi karena obat imunisasi yang masuk ke dalam tubuhnya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika kamu merasa ragu dan juga memiliki pertanyaan bolehkah bayi dimandikan setelah imunisasi. Terdapat dua jawaban untuk pertanyaan tersebut yaitu boleh dan tidak, sehingga kamu harus memastikan berbagai keterangan yang telah dijelaskan di atas. Jika kamu masih ragu dengan keadaan bayi kamu, maka konsultasikanlah pada dokter secepat mungkin. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat. (elevenia)

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply