Home & Garden

Biar Setrika Kamu Jauh Lebih Awet Sampai 5 Tahun Lebih, Simak Ulasan Berikut

Jangan Lupa Share ya

Dalam kehidupan sehari-hari, baju yang kering setelah dicuci, tentunya tidak langsung digunakan. Biasanya dilakukan proses penyetrikaan. Proses menyetrika ini dilakukan agar pakaian, baik baju atau celana terlihat rapid an tidak kusut. Nah, alat untuk menyertika disebut dengan setrika.

Jadi, dapat dikatan setrika merupakan salah satu alat rumah tangga yang harus dimiliki dan ada pada setiap rumah. Nah, untuk lebih jelasnya lagi mengenai segala hal mengenai setrika, simak ulasannya dalam penjelasan berikut ini.

Pengertian Setrika

Secara etimologi, setrika berasal dari bahasa BelKamu yaitu strijkijer. Setrika dapat didefinisikan sebagai cara menghilangkan kerutan dari pakaian dengan cara dipanaskan. Alat untuk menyetrikan disebut setrika. Biasanya, pakaian yang baru dicuci harus disetrika agar kembali halus. Hal ini terjadi karena saat molekul-molekul polimer dalam pakaian dipanaskan, serat-serat tersebut akan diluruskan karena beban dari setrika.

Setelah dingin, pakaian akan mepertahankan bentuk yang sudah rapi saat disetrika. Beberapa jenis bahan pakaian perlu diberi air untuk melonggarkan ikatan antar molekul. Saat ini, ada banyak pakaian yang berbahan polimer sintetis yang dipromosikan sebagai bahan pakaian sehingga pakaian tidak usah disetrika lagi.

Menurut sejarah, setrika kuno dibuat dari besi yang diisi dengan arang yang membara. Saat ini, mayoritas setrika dibuat dari aluminium dan baja tahan karat dengan sumber panas berasal dari listrik. Di dalam setrika terdapat thermostat yang berfungsi mengendalikan suhu. Selain itu, beberapa setrika modern juga dapat mengubah air menjadi uap aira untuk membersihkan pakaian.

Setrika panas yang sedang tidak digunakan harus diletakkan tegak lurus sehingga tidak membakar permukaan yang ada di bawahnya dan menyebabkan kebakaran. Selain itu, ada juga setrika nirkabel yang dipanaskan pada sebuah docking station dan setrika portable yang bentuknya kecil untuk menyetrika dasi atau untuk dibawa bepergian.. selain diberi thermostat, setrika pun memiliki thermofuse yang digunakan untuk pengamanan yang fungsinya sama dengan sikring, tapi pada suhu yang panas yang melewati batas toleransi thermofuse akan putus.

Cara Merawat Setrika

Bagi Kamu yang belum terbiasa menyetrika, perlu lebih hati-hati dalam memperlakukan dan merawat setrika. Selesai menyetrika, sebainya posisikan setrikan dalam posisi yang benar, yaitu memposisikan setrika dalam posisi tegak lurus atau menggunakan alat penaruh setrika yang terbuat dari besi. Hindari meletakkan benda-benda berbahan plastik berdekatan dengan setrika. Pasalnya, jika setrika dalam keadaan panas, benda tersebut akan menempel pada lapisan Teflon dan membuat lapisan dasar setrika menjadi kotor.

Sesekali, Kamu pun perlu membersihkan setrika karena kotoran yang menempel pada permukaan setrika dapat mengurangi daya kerja setrika. Ada beberapa piluhan cara yang dapata dilakukan untuk membersihkan lapisan licin setrika.

  • Saat setrika Kamu dalam kondisi dingin, gunakan ampelas halus dan gosokkan pada permukaannya. Hal itu akan menyebabkan karat, gosong, dan kotoran akan hilang.
  • Cara lainnya menggunakan garam, cuka, air hangat, dan baking soda sebagai pembesihnya. Caranya, campurkan dan larutkan garam, cuka, baking soda ke dalam air hangat. Selanjutnya, celupkan kain bersih pada larutan tersebut dan lap permukaan setrikan secara merata.

Tips Setrika Baju dengan Cepat dan Rapi

Banyak orang memilih untuk mencuci daripada harus meyetrika. Hal ini perlu dimaklumi karena mencuci menggunakan mesin cuci, sedangkan menyetrikan tetap mengKamulkan tenaga manusia. Setrikan memang membutuhkan kesabaran ekstra untuk menghasilkan pakaian yang rapi.

Nah, berikut ini tips cara cepat menyetrika baju yang baik dan benar.

  • Lihat terlebih dahulu label cara menyetrika dari setiap baju. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan setrika pada baju-baju khusus.
  • Pakailah jenis setrika uap untuk mendapatkan hasil yang maksimal, antigosong, dan lebih cepat licin daripada setrika listrik. Selain itu, akan menghemat waktu dan tenaga Kamu.
  • Sortir baju yang akan disetrika. Dahulukan baju-baju yang mengharuskan panas stabil dan terlalu ribet, seperti kaos, daster, jeans, kemudian baju anak-anak dan terakhir abju yang membutuhkan perlakuan khusus. Jika Kamu menggunakan setrika uap, tidak perlu mengatur panas setrika. Hal ini agar energi Kamu tidak terkuras pada saat awal proses menyetrika.
  • Siapkan pengharum baju, lalu semprotkan pada tahap akhir sebelum dilipat aga menghasilkan baju yang segar dan harum. Untuk kaos atau baju yang memiliki sablon, setrikalah dari bagian dalam. Hal ini dilakukan agar bagian sablon tidak rusak karena pengaruh panas setrika.
  • Jika menyetrika bahan-bahan yang mudah melar, seperti kaos atau karet celana, cukup lakukan setrika pada bagian luarnya saja.
  • Jangan menyetrika baju dalam keadaan lembab atau menyemprotkan pelican yang berbahan dasar air karena akan membuat baju menjadi apek.

Tips Memilih Setrika yang Bagus

Memilih setrika yang bagus memang gampang-gampang susah. Saat semua orang menyebut merek, bayangan kita tertuju pada satu atau beberapa merek yang terkenal. Akan tetapi, apakah merek menjadi patokan sebuah setrika bagus atau tidak? Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasannya.

Pada dasarnya, memilih sebusah setrika yang bagus harus didasarkan pada kualitas komponen utamanya, yaitu elemen pemanas. Namun demikian, agar panas tersebut dapat dimanfaatkan dengan maksimal, komponen-komponen lainnya pun harus diperhatikan, seperti lempeng penghalus, saklar pengatur suhu, dan kabel. Umumnya, kerusakan setrika hanya berkisar pada empat komponen tersebut.

Sebenarnya, memilih setrika yang bagus harus didasarkan pada kualitas dari semua komponen tersebut. Akan tetapi, agak sulit mengukur kualitas dari semua komponen setrika sehingga kita sering hanya mengKamulkan harga yang mahal. Jadi, sebenarnya, bagaimana cara mengetahui bagus tidaknya sebuah setrika? Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

1. Soleplate

Soleplate adalah alas dari serika yang digunakan untuk menggosok. Pilihlah soleplate yang memiliki bahan antilengket dan usahakan memilih elemen yang tidak menyatu dengan soleplate tersebut.

2. Kabel

Pilihlah setrika yang menggunakan kabel fleksibel karena komponen inilah yang sangat rentan untuk sering diganti. Seki harganya cukup murah, kabel bawaan sering menunjukkan kualitas sertrika secara umum.

3. Desain

Desain yang bagus tentunya akan mengakomodasi kebutuhan kita dalam menyetrika, misalnya nyaman dipegang, aman terhadap panas, dan terbuat dari bahan yang tidak kasar.

4. Garansi

Layanan purnajual merupakan bagian penting dari sebuah kualitas. Pilihlah setrika yang mempunyai jaringan garansi yang hKamul dan mudah dijangkau.

5. Merek

Merek merupakan hal terakhir yang harus diperhatikan. Jika tidak menemukan setrika bagus dengan criteria yang telah disebutkan tadi, pilih saja merek ternama, tapi dengan harga yang terjangkau.

Nah, itulah sekilas penjelasan mengenai setrika dan tips-tips yang berhubungan dengan setrika. Memang, jika diamati, banyak sekali orang yang mengedepankan merek dalam memilih setrika. Namun, pilihlah setrika yang sesuai kebutuhan dan sesuai dengan dana yang Kamu alokasikan.

Semoga penjelasan mengeneai setrika ini dapat bermanfaat bagi Kamu yang membutuhkan dan tentunya semoga tips-tips yang dijelaskan dapat bermanfaat bagi Kamu. Selamat membaca.

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply