Gadget /Komputer

Berikut Ini Cara Membuat LAN di Windows 7

Jaringan komputer merupakan dua komputer atau lebih saling terhubung, sehingga antara satu dengan yang lainnya dapat saling bertukar resource seperti misalnya, printer, sharing file, dan lainnya. dengan cara menggunakan protocol yang sama, dalam hal ini adalah TCP/IP. Adapun jaringan komputer yang sudah banyak digunakan di masyarakat, seperti di warnet, perkantoran, multiplayer game, kampus dan lainnya.

Jika jumlah komputer yang nantikan akan disambungkan satu sama lain hanya dua buah, maka kita cukup dengan menyediakan satu buah kabel UTP saja dengan panjang sesuai jarak antara komputernya.

Bila komputernya lebih dari 2 buah, maka kita harus menambahkan alat yang dikenal dnegan nama Hub atau Switch. Saat ini, harga sebuah switch sudah terjangkau. Untuk itu, masing-masing dari komputer dihubungkan ke switch dengan menggunakan kabel UTP konektor RJ-45 pada kedua ujungnya berkonfiguasi Straight/lurus.

Dalam membuat sebuah jaringan komputer, kamu harus menyiapkan sejumlah perangkat, seperti dua buah komputer atau lebih, LAN Card/NIC yang banyaknya sesuai dengan jumlah komputer, kabel UTP sesuai dengan yang dibutuhkan, tang crimping, konektor RJ45, switch/hub bila lebih dari 2 komputer, dan terakhir gunting.

Setelah itu kita harus tahu bagaimana langkah-langkah dalam pembuatan LAN dengan dua komputer atau lebih di Windows 7:

  1. Langkah pertama, masukkan kabel straight ke komputer (LAN Card, laptop ke switch atau hub.
  2. Langkah selanjutnya kita setting alamat IP atau IP Adress di masing-masing komputer/laptop.

Langkah – Langkah Men-setting IP Address di Windwos 7

  • Langkah pertama, bukalah menu “Control Panel Windows” kamu, setelah itu pilih “Network dan Internet”, setelah itu pilh network and sharing center.
  • Setelah itu, pilih “change adapter setting”, kemudian klik kanan pada “Lokal Area Connection” dan pilih “Properties”.
  • Nanti akan keluar tampilan “Lokal Area Connection Properties”
  • Setelah itu, klik “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan pilihlah menu “Properties, maka akan muncul tampilan Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4. Maka ada sejumlah kolom yang harus kamu isi.
  • Pada kolom “IP Address”, masukkan 192.168.1.1.
  • Pada kolom “Subnet Mask”, masukkan 255.255.255.0
  • Pada kolom “Default Gateway”, biarkan kosong.
  • Setelah semua kolom terisi, kemudian pilih OK. Settingan pada komputer A pun sudah selesai.
  • Setelah itu kita menuju ke komputer selanjutnya, yaitu komputer B. Proses yang harus dilalui tidak jauh beda dengan langkah-langkah pada komputer A, yang beda hanya pada IP Addressnya saja. Di komputer B IP Addressnya 192.168.1.2, pada komputer C 192.168.1.3 dan seterusnya.
  • Langkah selanjutnya adalah membuat nama komputer A, B atau C dan seterusnya berbeda. Hal ini guna lebih mudah dikenali. Caranya adalah dengan klik kanan di ikon “Computer”, kemudian “Change Setting”. Di sini kamu bisa merubah nama komputer sesuai dengan yang kamu kehendaki.
  • Untuk mengetahui apakan dua komputer tersebut sudah terhubung satu sama lain, maka kamu bisa melakukan pin dari komputer A ke komputer B atau sebaliknya. Langkah adalah sebagai berikut:
  • Buka “Command Prompt dengan cara menekan tombol pada keybord Win+R
  • Setelah itu, pada CMD kita perintahkan “ping IP Address”. IP Address tersebut diganti dengan IP komputer yang akan kamu pink. Misalnya saja kamu melakukan ping dari komputer A ke komputer B, maka perintahnya “ping 192.168.1.2”
  • Apabila ping yang kamu lakukan di antara kedua komputer tersebut berhasil, maka tampilannya akan seperti di bawah ini:
    Pinging 192.168.0.2 with 32 bytes of data:
    Reply from 192.168.0.2: bytes=32 time<1ms TTL=128
    Reply from 192.168.0.2: bytes=32 time<1ms TTL=128
    Reply from 192.168.0.2: bytes=32 time<1ms TTL=128
    Reply from 192.168.0.2: bytes=32 timeSpecipic people
  • Setelah itu keluar dari kontak, dan pilih “Everyone” atau artinya tiap komputer yang sudah terhubung dapat mengambil folter tersebut, setelah itu klik “Share”.
  • Nanti akan keluar kotak seperti di bawah ini, setelah itu klik “Done”.
  • Langkah selanjutnya, dari komputer A ingin mengakses data di komputer B, maka yang kamu lakukan adalah, buka Windows Explorer, kemudian pada Address Bar ketik \\Nama komputer B, maka akan tampil folder data. bila tidak berhasil, maka kamu bisa menggunakan IP Addressnya, misalnya \\192.168.1.2. Atau, bisa juga dengan melalui perintah “Network – komputer B”, setelah itu akan keluar folder share-nya.

Itulah informasi seputar bagaimana cara membuat LAN di Windows 7. Semoga dengan informasi di atas, kamu sedikit terbantu untuk membuat LAN di Windows 7. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply