Fashion

Berbagai Modifikasi Kebaya Agar Tampak Modern

Saat ini kebaya sering dikenakan dalam berbagai kesempatan mulai dari acara semi formal sampai acara pesta maupun hanya untuk santai walaupun dengan potongan yang lebih sederhana. Jika dulu cara daya tarik busana kebaya ini hanya terletak pada motif dan warna dengan perpaduan lilitan kain jarit, saat ini bermunculan modifikasi kebaya agar tampak modern sehingga munculnya istilah kebaya modern.

Yang perlu diingat agar tetap tampil cantik saat mengenakan kebaya adalah memerhatikan bentuk tubuh kita. Jangan memaksakan kebaya yang tidak pantas kita kenakan hanya karena model atau potongannya yang sedang tren.  

Berikut ini panduan modifikasi kebaya modern yang dapat Anda gunakan untuk menentukan bentuk kebaya yang sesuai dengan tubuh Anda, seperti disarikan dari buku berjudul Chic In Kebaya, karya Ria Pentasari.

Kebaya Modern

Modifikasi Bentuk Kerah

Banyak cara untuk memodifikasi kebaya dengan cara mengubah bentuk kerah dan lengan yang memperlihatkan kelebihan tubuh kita. Jika dulu perhatian kerah selalu bergaya klasik seperti shawl collar (syal kerah), decolette (bundar rendah), kini lebih pada kerah bergaya off shoulder (kerah terbuka dengan memperlihatkan pundak), kerah mandarin atau kebaya modern dengan yoke dada berkerut kerah tegak berkancing. Jika menginginkan kebaya modern yang lebih extravaganza, lakukan dengan menonjolkan bustier hingga terlihat seksi namun tetap elegan.

Modifikasi Lengan

Kebaya bukan saja memperlihatkan siluet tubuh si pemakai, bentuk lengan juga berpengaruh untuk menampilkan kebaya sebagai busana resmi dengan sentuhan modern.

Dibutuhkan kreativitas dan kreasi agar kebaya tidak tampak sebagai busana kuno namun bertransformasi menjadi kebaya modern. Meskipun gaya klasik masih diminati, tak ada salahnya mengubah bentuk lengan menjadi lebih chic. Sebut saja lengan berbentuk terompet, model seperempat lengan, atau lengan berbelah. Namun, apapun sebutan dan bentuknya, kebaya tetap menarik untuk dikenakan.

Begitu banyak variasi yang bisa kita coba sesuai dengan keinginan. Hanya saja yang perlu diingat adalah menyesuaikan besar-kecilnya lengan dan bahan yang kita gunakan.

Modifikasi Klasik Modern

Jangan ragu untuk memadukan bentuk-bentuk lengan dari gaun modern, bahkan futuristik pada kebaya Anda. Hal ini sah-sah saja karena tidak ada lagi batasan yang melarang paduan unsur klasik dengan unsur modern sehingga akan menghasilkan kebaya modern namun tetap elegan.

Bentuk lengan kebaya klasik mayoritas adalah lengan panjang dengan detail yang sederhana. Namun sekarang Anda dapat bermain dengan bentuk, warna, jenis bahan, jenis aplikasi, dan detail yang jauh lebih beragam.

Modifikasi Cutting

Perlu kita sadari bahwa saat ini bukan kebaya tradisional saja yang diminati. Kini telah banyak busana kebaya yang dimodifikasi dan tampak modern. Namun, kita harus memerhatikan aturan dalam kebaya yang tidak bisa dihilangkan yaitu cutting.

Walaupun sudah dimodifikasi hingga menjadi kebaya modern namun bentuknya tetap menunjukkan bahwa kebaya adalah busana tradisional khas Indonesia. Bentuk kebaya juga harus disesuaikan dengan si pemakai, karenanya pengenalan karakter seseorang sangat diperlukan untuk menjadikan busana ini sesuai dengan kurva bentuk tubuhnya.

Share

Leave a Reply