Beauty & Health

Berapa Normal Gula Darah yang Harus Dijaga? Inilah Penjelasannya!

Jangan Lupa Share ya

Kadar gula darah dapat diketahui saat seseorang melakukan tes darah. Dalam mengukur tes darah sendiri terdapat tiga jenis tes, yaitu puasa, sewaktu dan tes toleransi glukosa oral. Saat kamu akan menjalani tes gula darah puasa, maka kamu diharuskan untuk berpuasa setidaknya selama 8 jam. Sementara jika akan menjalankan tes gula darah sewaktu, maka kamu bisa melakukannya kapan pun tanpa harus melakukan puasa terlebih dahulu. Untuk tes teleransi glukosa oral, kamu harus minum glukosa terlebih dahulu, kemudian baru melakukan tes setelah 2 jam.

Tes kadar gula darah puasa memiliki angka normal 70 sampai 100 mg/dL atau 3,9 sampai 5,6 mmol/L. sedangkan saat tes kebanyakan angka normal yang muncul di titik 125 mg/dL atau 6,9 mmol/L. Untuk tes gula darah sewaktu, tiap yang menajalani tes akan bervariasi hasilnya. Hal ini tergantung dari kapan terakhir kali mereka makan.

Bila kamu melakukan tes gula darah puasa, dan muncul di angka 100 sampai 125 mg/dL atau 5,6 sampai 6,9 mmol/L, maka kemungkinan besar kamu ada di tahap prediabetes. Tahap ini cukup rawan karena kemungkinan kamu akan terkenal diabetes tipe-2. Sementara bila orang yang divonis menderita diabetes, hasil tesnya menunjuk pada angka 126 mg/dL atau 7mmol/L atau bahkan lebih.

Saat kamu melakukan tes gula darah sewaktu, umumnya yang muncul dikisaran 200 mg/dL atau 11 mmol/L, atau lebih tinggi dari itu. Namun kamu tidak usah khawatir, angka kadar gula darah tersebut bukan berarti kamu didiagnosis diabetes tipe-2.

Pada tes sewaktu, penderita diabetes umumnya memiliki kadar gula darah 200 mg/dL (11 mmol/L) atau lebih tinggi. Namun hal ini tidak usah dikhawatirkan, karena kadar gula darah sewaktu yang tinggi bukan sebuah patokan seseorang menderita diabetes tipe-2.

Faktor Penyebab Batas Gula Darah Normal atau Abnormal

Kadar gula darah tiap orang akan berbeda. Bahkan, dalam segi waktu pun seseorang akan memiliki hasil yang berbeda. Itulah mengapa saat kita melakukan cek kadar gula darah sewaktu akan memiliki hasil yang berbeda tiap melakukan pemeriksaan.

Namun sebenarnya, kadar gula darah ini punya pola tertentu. Sebelum kamu sarapan atau pun menjelang malam, tingkat gula darah pada tubuh ada dititik paling rendah. Adapun tingkat tertinggi biasanya terjadi setelah kamu makan.

Agar gula darah normal bisa dilakukan dengan mempertimbangkan banyak faktor yang mempengaruhinya. Ada pun faktor-faktor seperti, usia dan harapan hidup seseorang, lamanya diabetes yang diderita, kondisi kesehatan atau penyakit yang diderita, penyakit kardiovaskular yang diderita, terdapat masalah di pembuluh darah dalam tubuh, gaya hidup keseharian penderita, gangguan kerusakan pada mata, dan stress.

Cara Mendapatkan Batas Gula Darah Normal

Bagi kamu yang ingin memiliki kadar gula darah normal, atau mungkin kamu yang ingin mencegah terjadinya kadar gula darah tinggi, ada sejumlah hal yang sebaiknya kamu lakukan, seperti di bawah ini:

Olahraga Teratur

Olahraga teratur akan membantu dalam menurunkan berat badan dan juga meningkatkan aktivitas sel-sel tubuh pada hormon insulin. Hal ini dapat terjadi karena olahraga dapat membuat otot tubuh menjadi lebih efektif untuk menggunakan gula darah menjadi energi dan mengencangkan otot. Dengan begitu tubuh lebih sensitif terhadap insulin, alias tubuh akan lebih efisien menggunakan gula yang ada di dalam darah.

Kurangi Asupan Karbohidrat

Normalnya tubuh kamu akan memecah karbohidrat menjadi gula, setelahnya digunakan oleh sel-sel tubuh yang mendapatkan bantuan dari insulin. Apabila asupan karbohidrat terlalu banyak adalah tubuh, atau mungkin tubuh kamu bermasalah dengan insulin, maka proses tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Hingga akhirnya kadar gula bisa melonjak cukup tinggi.

Perbanyak Asupan Serat

Dalam mempertahankan kadar gula darah agar selalu dalam batas normal, asupan serat yang banyak akan berpengaruh sangat baik untuk kamu. Serat mampu memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan juga penyerapan gula. Hal ini bisa terjadi karena serat dicerna secara perlahan oleh tubuh, sehingga tidak akan langsung dibanjiri oleh kadar gula. Serat pun dapat membuat suplai gula darah ke dalam tubuh dilakukan secara bertahap.

Minum yang Cukup

Dengan minum yang cukup kamu dapat menjaga kadar gula darah dalam batas normal. Untuk itulah kamu harus memastikan untuk selalu mengkonsumsi air putih yang cukup tiap harinya. Menjaga batas gula darah yang normal menjadi kewajiban tiap orang. Hal ini dilakukan untuk hidup lebih lama di dunia. Bila sampai detik ini kamu belum tahu berapa kadar gula yang ada dalam tubuhmu, cepatlah untuk melakukan tes untuk memeriksanya.

Itulah sejumlah informasi terkait dengan kadar gula darah. Kamu harus tetap menjaga pola makan dan rajin berolahraga agar kadar gula darahmu tetap normal, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, kadar gula darah seseorang akan terus berbeda setiap cek. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply