Hobby

Beragam Aliran Seni Rupa yang Patut Kamu Ketahui

Jangan Lupa Share ya

Setiap seniman memiliki hasil karya yang mempunyai ciri khusus sebagai signaturenya. Seniman juga menganut aliran seni yang berbeda-beda. Aliran seni menjadi dasar dari karya yang mereka ciptakan. Aliran seni ini pula yang membuat setiap karya memiliki satu benang merah yang sama. Mari bahas bersama dengan lebih detail tentang beberapa aliran seni yang menjadi tonggak dari karya-karya populer para seniman.

Romantisme

Aliran romantisme merupakan aliran seni yang menggambarkan sebuah suasana atau kejadian yang memiliki nilai fantastis, irasional, dramatis, dan absurd. Seni rupa dengan aliran romantisme pada umumnya menceritakan kisah-kisah dramatis yang menyentuh hati namun mempunyai sifat mengeritik. Ciri khas dari karya seni yang menganut aliran romantisme adalah karya seninya mengandung banyak warna namun objeknya lebih sedikit. Beberapa tokoh yang menganut aliran romantisme diantaranya Raden Saleh, Theobore, dan Gerriwult.

Realisme

Sesuai namanya, aliran realisme adalah aliran yang fokus tertuju pada suasana dan kenyataan yang ada di lingkungan sekitar. Contohnya adalah keadaan ekonomi masyarakat, kehidupan politik, dan lain sebagainya. Ciri khas dari aliran realisme adalah objeknya mayoritas adalah manusia dan hewan yang mempunyai ekspresi yang hidup. Tokoh yang menjadikan realisme sebagai ciri khasnya adalah Basuki Abdullah, Honore Daumier, dan Gustove Corbert.

Naturalisme

Aliran ini memiliki kesamaan dengan aliran realisme yaitu melukiskan keadaan sekitar yang benar-benar ada. Perbedaannya adalah naturalism menggambarkan karya sama persis dengan sesuatu yang dilihat oleh kedua mata, baik dari segi proporsi, perspektif, keseimbangan, dan pewarnaan. Tokoh yang menggunakan aliran ini pada karyanya adalah Gambir Anom, William Hogart, Frans Hall dan Abdullah Sudrio Subroto.

Impresionisme

Karya seni diciptakan berdasarkan kesan selintas pada sebuah objek. Ciri dari aliran improsionisme adalah objek yang digambarkan tidak terlalu detail atau sedikit kabur. Beberapa seniman seperti Edward Degas, Casmile Pissaro, Aguste Renoir, Claude Monet, dan Solichin adalah seniman yang banyak menghasilkan karya dengan aliran impresionisme.

Kubisme

Kubisme adalah aliran seni yang melukiskan objek ke dalam bentuk-bentuk geometri seperti segitiga, segiempat, kubus, lingkaran, silinder dan lain-lain. Lukisan dengan aliran kubisme terlihat seperti serpihan kaca yang jika disatukan akan membentuk sebuah lukisan. Hasil karya dari alliran kubisme ini memang sangat unik, kokoh dan elegan. Salah satu ciri dari kubisme juga terdapat dari teknik pewarnaannya yang terdiri dari warna-warna yang tidak sinkron, namun tetap indah dipandang mata. Tokoh yang menyisipkan aliran kubisme pada karyanya diantara lain Cezanne, Robert Delaunay, Braque, dan Francis Picabia.

Ekspresionisme

Ekspresionisme adalah aliran seni rupa yang fokus kepada curahan hati pembuatnya. Curahan hatinya bebas bisa dari dalam batik, imajinasi maupun perasaan. Objek dalam aliran ekspresionisme pada umumnya mempunyai nuansa kesedihan, kekerasan, dan tingkah manusia lainnya. Tokoh seniman seperti Paul Gaugiuin, Vincent Van Gogh, Karl Schmidt adalah seniman dengan aliran ekspreionisme.

Surealisme

Hasil karya dari seni ini layaknya sebuah mimpi, karena karya dengan aliran surealisme menampilkan gambaran yang diluar logika dan ajaib. Keanehan tersebutlah yang menjadi ciri khas dari aliran ini. Salah satu contoh karya aliran surealisme adalah kodok dengan kepala berbentuk jam dinding. Aliran ini memiliki karya yang terkesan gila dengan imajinasi yang sangat tinggi. Seniman dengan aliran surealisme adalah Liubuov Popova, Victor Pasmore, Naum Gabo, dan Oskar Schlemmer.

Dadaisme

Aliran dadaisme adalah aliran seni rupa yang menggambarkan objek dalam bentuk mengerikan, kekanak-kanakan serta kurang serius. Aliran ini dianggap antiseni dan antiperasaan karena merefleksikan kekerasan dan kekasaran. Ada beberapa tokoh seniman yang menggunakan aliran ini diantaranya Max Ernst, Marcel Duchamp, Picabia dan lain-lain.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply