Gadget & Photography

Belajar Komposisi Fotografi

Jangan Lupa Share ya

Komposisi adalah salah satu faktor penting dalam fotografi. Banyak yang mempengaruhi cara manusia memandang sebuah gambar dua dimensi, tapi salah satu faktor yang membuat mata manusia nyaman dan indah adalah komposisi dari gambar ato foto tersebut. Komposisi sendiri merupakan salah satu hal dasar yang harus dimengerti oleh fotografer dan merupakan tantangan tersendiri.

Sebelum masuk ke komposisi, kita harus mengerti definisi dari foto. Foto pada dasarnya adalah gambar dua dimensi dalam bentuk kotak yang merepresentasikan bentuk tiga dimensi dalam realitanya. Komposisi foto adalah penataan elemen dalam gambar sehingga gambar tersebut dapat menyampaikan cerita kepada orang yang melihatnya.

Apa saja komposisi yang bisa digunakan untuk proses fotografi?

1. Aturan Sepertiga (Rule of Third)

Aturan Sepertiga - Belajar Komposisi Fotografi

Aturan sepertiga adalah aturan yang paling populer dipelajari dalam fotografi. Kalau anda pernah belajar fotografi ataupun komposisi, aturan ini pastinya tidak asing lagi untuk anda. Inti dari aturan ini adalah untuk membagi tiga objek pemandangan secara horizontal dan vertikal, lalu tempatkan objek di persimpangan garis tersebut. Garis ini biasanya sudah dapat ditemui di kamera DSLR ataupun pada aplikasi smartphone anda.

2. Center Composition

Komposisi Tengah - Belajar Komposisi Fotografi

Komposisi ini seringkali terlihat memuaskan di timeline Instagram. Walau ada beberapa yang menganggap kalau penggunaan komposisi di tengah akan menjadikan objek membosankan, tapi sebenarnya faktor penting dalam penggunaan komposisi ini berada di seberapa simetrisnya kanan-kiri atau atas-bawah dari foto tersebut. Tidak harus sama serupa warna, tapi bila ada efek simetri dalam satu gambar maka mata manusia jauh lebih mudah dipuaskan.

3. Leading Lines

Leading lines - Belajar Komposisi Fotografi

Seperti namanya, leading lines atau garis penuntun adalah segala objek yang memiliki pola yang membentuk garis yang menuntun mata menuju ke objek yang dimaksud. Komposisi berdasarkan garis penuntun ini bukan hanya dalam bentuk garis lurus tapi bisa juga dalam bentuk kurva atau setengah lingkaran. Komposisi ini dapat membuat foto yang diambil lebih dinamis.

4. Foreground Interest

Foreground Interest - Belajar Komposisi FotografiKetika kita mengambil gambar, kita selalu terfokus pada apa yang menjadi objek di tengah kamera dan melupakan daerah yang paling dekat dengan kita, foreground. Dengan menambahkan atribut tertentu seperti batu atau daun pada bagian foreground, maka objek akan terlihat lebih natural dan menarik.

5. Placing an Object (Penempatan Objek)

Placing people - Belajar Komposisi FotografiKetika kita mengambil gambar pemandangan (landscape) yang luas, akan sulit bagi yang melihat untuk mengetahui seberapa besar atau luas daerah yang difoto. Dengan menempatkan objek atau orang di dalam gambar pemandangan tersebut, maka akan memudahkan seseorang untuk mengetahui skala dari gambar yang diambil.

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply