Gadget /Komputer

Begini Cara yang Benar untuk Charge HP Samsung Pertama Kali!

Jangan Lupa Share ya

Saat membeli handphone atau smartphone baru, pada umumnya handphone tersebut masih dalam keadaan mati. Banyak orang masih kurang paham bagaimana cara mengisi baterai atau charge hp untuk pertama kalinya, apakah langsung dinyalakan atau harus dicharge selama beberapa jam?

Pernyataan paling umum menyebutkan bahwa hp baru harus dicharge selama 8 jam sebelum dinyalakan untuk pertama kalinya. Namun, kenyataannya setiap handphone memiliki cara yang berbeda saat bersinggungan dengan charge hp untuk pertama kali. Dengan kata lain tidak semua jenis hp harus dicharge selama 8 jam terlebih dahulu.

Sebagai contoh adalah handphone Samsung. HP Samsung tidak butuh untuk dicharge selama 8 jam, karena menurut keterangan yang tertera pada buku petunjuk. Samsung menganjurkan para penggunanya untuk memberikan daya hanya hingga handphone tersebut memiliki daya yang penuh atau 100%. Untuk mencapai baterai penuh hingga 100%, Samsung tidak membutuhkan waktu hingga 8 jam.

Selain melakukan charge hingga baterai penuh, kamu juga perlu me-maintain kualitas baterai handphone agar baterai tetap awet dan tidak bocor. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Hindari pemakaian charger yang bukan charger aslinya. Jika kamu menggunakan charger yang bukan seharusnya, maka akan mempengaruhi performa serta kualitas dari baterai karena setiap charger terkadang memiliki tingkat voltase dan ampere yang berbeda.
  2. Usahakan untuk melepas casing handphone saat kamu ingin mengisi daya baterainya. Casing bisa menjadi penghalang serta memperlambat hawa panas yang dihasilkan saat pengisian daya baterai.
  3. Jangan isi baterai selama semalaman. Pengisian selama semalaman dapat menyebabkan handphone panas atau overheat.
  4. Batas minimum untuk melepas charger dari handphone adalah ketika daya baterai kurang lebih 80%.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply