Edukasi

Begini Cara Resign yang Baik dan Sopan

Jangan Lupa Share ya

Apakah Kamu pernah berfikir untuk mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan? Berfikir untuk resign sebenarnya tidak masalah apalagi jika sudah cukup lama bekerja di tempat tersebut. Tentu ada alasan yang membuat Kamu ingin melakukan pengunduran diri atau resign. Selain itu juga banyak hal yang mendasari keputusan tersebut. Namun, resign dari pekerjaan harus dilakukan dengan baik dan sopan. Kamu juga harus melakukan pertimbangan yang matang.

Pentingnya Pertimbangan yang Matang


Untuk resign dari pekerjaan harus dengan adanya pertimbangan yang matang. Jangan sampai melakukan resign atau pengunduran diri hanya karena emosi sesaat. Hal ini karena bisa saja menjadikan timbulnya suatu penyesalan di kemudian hari. Jika tekat untuk melakukan resign sudah bulat, mentalnya sudah siap atau bahkan sudah memperoleh pekerjaan pengganti, Kamu harus melakukan resign dengan baik dan sopan.

Apapun itu alasan yang menyebabkan Kamu ingin keluar. Ingatlah bahwa Kamu diterima pekerjaan tersebut dengan cara yang baik. Jadi, ketika ingin berpamitan atau pergi juga harus dilakukan dengan cara yang baik.Jangan sampai meninggalkan suatu kesan negatif di tempat bekerja yang lama untuk keberlangsungan karier ke depannya.

Cara Resign dari Pekerjaan yang Baik dan Sopan


Resign merupakan sesuatu hal yang boleh saja dilakukan. Namun, resign dari pekerjaan harus dilakukan dengan baik dan sopan, beberapa caranya:

1. Jangan Mendadak


Resign memiliki etika yang harus diperhatikan. Berikanlah surat resign atau surat pengunduran diri pada waktu 1 minggu atau 3 hari sebelumnya. Biasanya Kamu baru bisa benar-benar keluar dari tempat bekerja 1 bulan sesudah mengajukan surat resign. Biasanya hal ini tercantum di surat kontrak ketika pertama kali Kamu bergabung di perusahaan tersebut.

Jadi waktunya tidak mendadak. Pihak perusahaan bisa mencarikan pengganti secepatnya. Jika secara mendadak, maka bisa membuat rekan kerja serta atasan Kamu menjadi repot. Pihak perusahaan juga menjadi kesulitan mencari tenaga kerja untuk menggantikan posisi Kamu. Jadi sebaiknya hindari hal seperti ini.

2. Sampaikan Langsung Kepada Atasan


Atasan adalah orang terdekat Kamu di kantor dan kegiatan kerja tentunya akan senantiasa berkaitan dengannya.Kamu dan atasan merupakan satu tim di dalam suatu pekerjaan yang akan saling mempengaruhi.Jangan sampai pihak atasan mendengar rencana pengunduran diri Kamu dari orang lain.

Jadi, sebaiknya sampaikan sendiri secara langsung kepada atasan. Hal ini akan memberikan atasan waktu untuk mencari karyawan baru. Selain itu juga akan membuat atasan menjadi merasa dihargai secara lebih profesional.

3. Tetap Bekerja dengan Baik Serta Menjaga Etika


Walaupun Kamu sudah memiliki rencana resign, tetaplah bersemangat untuk bekerja. Apalagi jika pengajuan resign sudah disetujui oleh atasan, maka jangan semakin bermalas-malasan. Tetaplah bekerja dengan sebaik mungkin di hari terakhir Kamu bekerja di perusahaan. Etika seperti ini harus tetap dijaga. Jadi, bisa memberikan kesan yang positif selama bekerja di tempat tersebut.

 4. Kembalikan Alat-alat Kantor


Kamu tentunya memakai properti perusahaan selama bekerja. Kembalikanlah seluruh alat-alat kantor yang dipakai ketika akan meninggalkan perusahaan dengan baik. Pastikan tidak ada alat-alat yang terlupa untuk dikembalikan. Tujuannya tidak lain adalah untuk menghindari timbulnya masalah kelak di kemudian hari.

 5. Pamit dengan Sopan


Ketika melakukan resign tentunya harus berpamitan terlebih dahulu kepada atasan serta seluruh rekan kerja. Jika atasan serta HRD sudah menyetujui, maka sampaikan juga hal tersebut kepada rekan kerja. Biasanya ada sesi bersalaman di hari terakhir resign sebagai suatu tanda perpisahan.

Kamu bisa menyampaikan ucapan terima kasih serta permohonan maaf atas kerja sama yang terjalin maupun pertemanan selama ini. Jangan lupa untuk berpamitan juga kepada para klien Kamu. Jadi, mereka tahu dan bisa melanjutkan berbagai macam urusan bisnis di tempat tersebut dengan pengganti Kamu kelak.

 6. Tetap Menjaga Profesionalisme


Kamu pasti mengetahui banyak hal selama bekerja mengenai perusahaan. Kamu harus tetap menjaga rahasia perusahaan lama walaupun sudah keluar dan sudah bergabung dengan perusahaan yang baru. Jangan menceritakan rahasia perusahaan lama kepada pihak lainnya. Etika seperti ini sudah ada sesuai aturan dengan kontrak kerja sebelumnya.

 7. Jaga Hubungan dengan Atasan Maupun Rekan Kerja


Meskipun pindah tempat kerja, namun pertemanan harus senantiasa terjaga. Jadi, jaga hubungan Kamu bersama atasan maupun dengan rekan kerja sebaik mungkin di perusahaan yang lama. Barangkali kelak dari hubungan pertemanan tersebut terdapat kerja sama yang menguntungkan dan bisa dibangun. Jadi, jangan sampai memutus tali silaturahmi begitu saja.

Nah, jadi melakukan pengunduran diri atau resign dari pekerjaan di suatu perusahaan harus dilakukan dengan baik dan sopan. Tinggalkanlah kesan yang positif di perusahaan tempat Kamu bekerja supaya hubungan dengan atasan maupun rekan kerja senantiasa terjaga dengan baik. Jangan lupa untuk tetap bersemangat di hari terakhir bekerja.

BACA JUGA! CONTOH SURAT PENGALAMAN KERJA YANG SIMPLE

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply