Elektronik

Beda Oven Dan Microwave yang Wajib Diketahui

Jangan Lupa Share ya

Oven dan Microwave, banyak diantara kita pastinya yang masih bingung atau bahkan tidak tahu beda dari kedua benda ini. Orang bahkan banyak menganggap oven adalah microwave karena cara kerjanya yang sama yaitu memasak dengan cara memanaskan dan memanggang. Padahal pada kenyataannya kedua benda tersebut adalah berbeda.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa banyak diantara kita bingung membedakan antara oven dan microwave. Padahal dari segi fungsi dan cara kerjanya pun sudah jelas berbeda. Lalu apa beda oven dan microwave? Nah, melalui ulasan singkat tentang beda oven dan microwave yang wajib diketahui ini akan ditemukan jawabannya:

Pengertian Oven dan Microwave

Sebelum membahas lebih jauh soal beda oven dan microwave, perlu untuk kita tahu soal pengetian oven dan microwave terlebih dahulu. Ini juga untuk membantu Anda lebih mudah memahami perbedaan oven dan mocrowave nantinya.

  • Pengertian Oven

Oven pada dasarnya merupakan suatu peralatan masak dimana berbentuk balok ruang tertutup. Oven merupakan alat memasak dimana cara kerjanya adalah menjebak panas di dalamnya . Oven memiliki beragam funsi termasuk di dalamnya sebagai alat pemanggangan, pemanas, dan juga sebagai alat mengeringkan suatu bahan masak tertentu.

Kebanyakan oven ditemui di pabrik atau industri bahkan rumah guna membuat kue kering. Oven sendiri pun banyak jenisnya. Di masyarakat sendiri terdapat jenis dua oven populer yaitu oven manual dan listrik. Untuk jenis manual, oven terbuat dari berbagai material seperti logam, batu bata, batu bahkan tanah liat. Untuk menghasilkan panas, oven manual biasanya menggunakan kompor besar dengan bahan bakar seperti kayu, batu bara, gas alam dan sebagainya.

Berbeda dengan manual, dengan berkembangnya zaman kini hadir oven modern dengan tenaga listrik. Meski beda soal bahan bakar bahkan ukurannya, baik oven manual maupun modern memiliki prinsip cara kerja yang sama yaitu memerangkap panas di dalam ruangan tertutup.

  • Pengertian Microwave

Dalam prinsip kerja oven dan microwave sama menggunakan energi panas yang terjebak dalam ruangan. Microwave merupakan suatu alat masak sejenis oven yang memanfaatkan radiasi gelombang micro. Pemanfaatan inilah yang kemudian digunakan untuk memanaskan masakan. Gelombang micro pada microwave umumnya berfrekuensi 2.450 Mhz dengan panjang gelombang sekitar 12,24 cm.

Gelombang micro ini lah memprakarsai penamaan microwave. Gelombang micro yang tertangkap ini kemudian menyerap air, gula, dan lemak yang terkandung dalam makanan. Saat proses penyerapan inilah kemudian molekul-molekul tersebut akan saling bertubrukan sehingga menghasilkan energi panas. Nah, proses inilah yang kemudian dikenal sebagai pemanasan dialektrik.

Perbedaan Oven dan Microwave

Baca Juga: 8 PERBEDAAN OVEN DAN MICROWAVE

Setelah mengetahui pengertian beserta cara kerja nya masing-masing, berikutnya adalah soal perbedaan antara oven dan microwave. Perbedaan keduanya secara singkat, nampak jelas melalui proses dan lamanya memasak makanan. Perbedaan tersebut dirangkum secara padat dan jelas sebagaimana berikut:

Proses Memasak atau Pemanasan

Sesuai prinsip cara kerjanya oven dimana yang merupakan ruang tertutup dengan memanfaatkan energi panas yang terjebak untuk memasak serta memanaskan makanan. Oven degan elemen panas akan menjebak energi panas yang dihasilkan kompor maupun listrik untuk kemudian disebar luaskan untuk memanaskan seluruh ruangan termasuk udara yang terdapat di dalamnya.

Prinsip kerja oven pun hampir sama dengan setrika. Oven pun akan melakukan pematangan dengan udara panas yang dihasilkan dimulai dari luar. Umumnya hasil makanan yang didapat dari oven, bagian luar nya akan nampak lebih matang bahkan kering dibanding sisi bagian tengah nya. Contoh paling banyak adalah memanggang roti atau kue. Terlihat jelas di bagian kulit lebih banyak bewarna kecoklatan dan renyah, namun empuk di bagian dalam.

Proses memasak atau pemanasan ini pun berbeda dengan microwave. Jika oven memanfaatkan udara panas yang terjebak dalam ruangan tertutup, microwave memiliki gelombang mircro yang didapat dari makanan. Makanan yang dipanasi melalui microwave akan membuat molekul air bergerak cepat. Molekul-molekul yang bergerak ini pun akan saling bertabrakan sehingga memunculkan energi panas.

Pematangan oleh gelombang micro ini dimulai dari dalam makanan menuju bagian luar. Maka dari itu makanan hasil pemanasan microwave akan matang secara merata dibandingkan oven. Selain itu, perbedaan yang signifikan adalah proses pematangan microwave membutuhkan waktu jauh lebih sedikit dibanding oven. Karena untuk bisa mematangkan masakan, oven membutuhkan waktu yang lebih lama karena energi panas tidak langsung ke makanan melainkan menyebar terlebih dahulu.

Nah, saat ini sudah mengerti kan beda oven dan microwave? Memilih oven dan microwave tergantung apa yang menjadi kebutuhanmu, so, bijaklah dalam memilih!

Jangan Lupa Share ya

Jihan Ariya

Halo Guys Salam Kenal, Semoga Sehat dan Sukses Selalu .. Aamiin 🙂 Follow me @Linkedin dan Sekarang lagi berkecimpung dengan blog pribadi reomit.com
Jihan Ariya

Latest posts by Jihan Ariya (see all)

Leave a Reply