Gadget /Komputer

Baterai Smartphone Cepat Habis? Berikut Tips Mudah Agar Baterai Tahan Lebih Lama

Jangan Lupa Share ya

Jarang menggunakan smartphone namun di tengah hari hp mengisyaratkan bahwa baterai sudah habis? Kamu tidak sendirian dan jangan khawatir karena ada beberapa langkah untuk membuat baterai tahan lebih lama.

Masalah pada smartphone yang masih banyak terjadi adalah tentang baterainya. Salah satu titik lemah masih belum ditangani secara komprehensif adalah mewujudkan baterai smartphone yang tahan lama hingga satu hari penuh kerja. Walaupun setiap tahun muncul prosesor-prosesor yang lebih canggih dan mahal, namun tidak benar-benar mengatasi masalah nyata di smartphone. Lebih banyak teknologi belum cukup berkembang untuk menghasilkan baterai yang tahan lama.

Mematikan Bluetooth, GPS dan Layanan Internet


Bluetooth, Wifi dan GPS merupakan fitur yang mampu meningkatkan performa smartphone, tetapi ketika semua dinyalakan mereka bisa menggerogoti daya baterai. Untuk mengakalinya, kamu bisa mematikan beberapa dari mereka secara bertahap. Diantara ketiganya, GPS adalah fitur yang paling boros, terutama di smartphone Android. Akan lebih parah jika banyak aplikasi yang bergantung pada GPS seperti Google Maps yang memonitor langkah mu.

Kemudian cara berikutnya adalah dengan mematikan data seluruh. Tidak ada salahnya jika kamu “terputus dari dunia” untuk beberapa saat. Walaupun terputus dengan jaringan internet, kamu akan tetap bisa menerima telepon atau sms dari orang lain.

Aktifkan Mode Penghemat Baterai


Pada perangkat Android di versi terbaru, Google telah menambahkan fitur penghemat baterai bawaan. Bagaimana cara mengaktifkannya? Buka menu pengaturan dan cari kata “baterai” atau turun ke “Settings”. Tekan baterai dan kamu dapat memilih antara beberapa mode penyimpanan, mulai dari sedang hingga maksimum. Misalnya, dalam delapan persen baterai, Anda dapat menekan hingga 13 jam waktu penggunaan. Bagaimana cara kerjanya? Prosesor melambat secara signifikan, kecerahan menurun dan resolusi layar berkurang.

Untuk mengakses fitur pada iPhone, masuk ke menu pengaturan dan turun sampai kamu menemukan Baterai. Kamu dapat melihat analisis komprehensif tentang masa pakai baterai, termasuk waktu layar, berapa lama layar dimatikan, aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan masa pakai baterai dan banyak lagi. Di bagian atas menu Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan mode penghemat baterai dengan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, membatalkan email, dan lainnya.

Isi Daya Smartphone dengan Benar


Saat malam hari, kamu memasuki rumah, dan smartphone memberi isyarat bahwa baterai sudah habis. Kamu bergegas ke stopkontak terdekat di rumah Anda, masukkan smartphone mu dan hirup keluar. Situasi ini terdengar familiar bagi beberapa orang dan ini adalah salah satu kasus yang tidak baik untuk berlangsungnya hidup baterai. Jadi apa cara terbaik untuk mengisi daya baterai ponsel cerdas Anda? Sedikit demi sedikit; Yaitu, setiap kali ada kesempatan, pasang untuk beberapa menit. Cobalah untuk tidak mengosongkan baterai hingga 0 persen sebelum mengisi daya smartphone. Untuk menjaga baterai yang ideal dari waktu ke waktu, jagalah baterai kurang lebih pada 65 – 75 persen. Bahkan jika merasa sulit melakukannya, cobalah untuk tidak membiarkan smartphone mu mencapai dibawah 45 persen.

Hindari Mengisi Daya Smartphone Charger Nirkabel


Kedengarannya menggoda dan sangat mudah: Cukup dengan meletakkan smartphone dan kegiatan mengisi daya pun dimulai. Tidak perlu menghubungkannya dengan kabel, tidak perlu melepas kabel saat ingin mengambil smartphone. Cukup letakkan di permukaan charger nirkabel dan tunggu hingga persentase daya naik. Menurut situs teknologi Zdent, tes yang dilakukan menunjukkan kerugian yang signifikan dari charger nirkabel. Tes menemukan bahwa perangkat iPhone yang dimuat secara nirkabel mengakhiri 135 siklus pengisian daya selama sekitar enam bulan. Dalam perhitungan sederhana, iPhone diperkirakan akan mencapai 500 siklus pengisian daya dalam dua tahun ke depan, di mana Apple mengklaim kinerja baterai turun secara signifikan, serta penurunan kinerja CPU. Rata-rata adalah tiga tahun, tetapi muatan nirkabel dapat mengikis baterai dan dalam dua tahun Anda perlu menggantinya. Jadi hindari pengisian dengan charger nirkabel. Selalu periksa kenyamanan dan terus menggunakan kabel.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply