Photography

Baru terjun di dunia desain grafis?, ketahui 9 perbedaan photoshop Cc dan Cs berikut ini!

Photoshop merupakansalah satu software yang biasa digunakan  banyak orang untuk mengedit foto. Photoshop merupakan alternatif dari corel draw bagi para desainer yang sudah biasa menggunakan komputer. Photoshop biasa digunakan untuk keperluan mengedit hingga keperluan desain yang sederhana. Pada dasarnya, photoshop terbagi menjadi dua versi, yaitu versi cc dan juga versi cs. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan versi cs. Lalu apa perbedaan photohsop cc dan cs? berikut inin ulasan lengkapnya.

Photoshop Cs hadir dengan fitur yang lebih lengkap

Adobe Photoshop CS merupakan singkatan dari Adobe Photoshop Creative Suite. Photshop versi cs saat ini sudah ada hingga photoshop cs 6. Dimana update Photoshop Cs 6 terdapat 61% lebih fitur baru yang lebih lengkap sehingga lebih memudahkan Anda dalam keperluan desain. Photoshop Cs 6 j hadir dengan tampilan tema yang baru dan terlihat terkesan lebih dark dan banyak peningkatan fitur dan tool-tool baru, sehingga bisa membantu dalam mendesain lebih cepat dan lebih cerdas.

Perbedaam photoshop Cc dan CS

  1. Perbedaan rilis

Adobe CS  di rilis pada tanggal 1 september 2003 dan mulai di rilis stabil pada 7 mei 2007. Adobe CS mempunyai program yang bisa digunakan untuk desain grafis , video editing bahkan Web Desain. Program yang ditawarkan photoshop Cs ini tidak jauh berbeda dengan Adobe CC.

Adobe CC resmi di rilis pada tanggal 17 juni 2013 , dan mulai di rilis stabil pada 18 juni.  CC merupakan software yang diperuntukan untuk desain grafis, video editing , web development , fotografi serta layanan cloud.

  1. Kemampuan penyimpanan

Untuk Photoshop CC mempunyai kemampuan utama yaitu kemampuan cloud yang dapat menyimpan data gambar tau video secara online. Apabila jika memakai versi yang berbayar, akan dikenai biaya sewa pembayaran setiap bulannya. Ada juga fitur tambahan yang memang tidak ada pada versi photoshop cs.

  1. Upsampling yang lebih baik dibandingkan versi CS

Perbedaan photoshop cc dan cs, terletak pada fitur Upsamplingnya. Versi Cc Upsampilng lebih baik dan lebih cerdas untuk melindungi sebagian besar kualitas gambar jika dibandingkan dengan versi cs.

  1. Smart Sharpen Yang Lebih Pintar

Smart Sharpen yang ada pada photoshop CC ada peninkatan kinerja pada shartpen tool saat mempertajam gambar yang lebih pintar. Pada photoshop cc smart shartpen tool bisa mengurangi noise yang muncul ketika mempertajam sebuah gambar. Sehingga akan membuat anda lebih nyaman ketika mendesain dengan photoshop cc.

  1. Multi Path Dan Shape Selection

keunggulan terbesar dari photoshop cc yaitu photoshop cc dapat menggunakan lebih dari satu path dan lebih dari satu shape pada waktu yang bersamaan pula, Photoshop Cc memang lebih unggul dibanding dengan versi CS.

  1. Kelengkapan fitur

Jika dilihat lebih jelas, bahwa photoshop versi cc lebih bagus dan mempunyai banyak fiturjika  dibandingkan versi cs.

  1. Harga

Phoshop Cc memang lebih bagus dibanding dengan cs, sehingga tidak heran jika Cc lebih mahal. Tetapi bagi Anda yang tidak memiliki uang, tidak akan masalah dengan harganya.

  1. Desain

Kemudian apa perbedaan photoshop Cc dan Cs ? yang membedakannya yaitu versi CS di desain untuk fotografi sehingga bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan gambar blur. Photoshop versi CC dapat mengisi pixel yang blur dan bisa juga untuk menajamkan gambar agar terlihat bagus. tidak hanya itu, CC juga terdapat program baru yaitu Lightroom dan Adobe versi CS tidak memilikinya . Lightroom ini digunakan untuk memberikan filter dan editing gambar yang lebih bagus untuk fotografi , berbeda dengan photoshop yang dimanfaatkan untuk menghasilkan gambar baru. selain itu CC juga bisa di sinkronkan dengan cloud sehingga bisa mengunggah gambar lebih mudah.

  1. Properties Panel untuk Shape

Photoshop Cc sebelumya tidak ada option untuk melakukan editing pada shape yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan Shape Tool. Pada Cc versi terbaru ini pada Properties Panel akan diberikan option untuk melakukan editing pada properti Shape yang sudah dibuat sebelumnya.

Demikian ulasan mengenai 9 perbedaan dari photoshop Cc dan photoshop Cs yang harus Anda ketahui. Jika diambil garis besar atau kesimpulan, photoshop versi CC memang lebih unggul karena fiturnya sangat lengkap, tetapi harganya juga sangat tinggi dan sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply