Beauty & Health

Bakar Kalori dengan Berenang!

2012 USA Swimming Olympic Trials

Berenang adalah salah satu bentuk olahraga yang mudah dan fun untuk dilakukan. nda bsa memilih untuk melakukannya indoor atau outdoor dan bahkan sambil berliburan di pantai! Selain mudah dan seru, berenang bisa dikatakan sebagai bentuk olaraga yang memiliki manfaat yang luar biasa.

Dengan berenang secara rutin dan menjaga asupan makanan, Anda bisa membentuk otot, membakar sekitar 700-800 kalori per hari, mengoptimalkan fungsi paru-paru dan jantung serta memiliki postur tubuh yang baik.

Untuk Anda yang merasa memiliki lemak lebih, berenang secara rutin merupakan pilihan yang bijak untuk membakar lemak jahat yang tidak ada manfaat untuk Anda. Lalu, kenapa olahraga Berenang bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat? Pertama-tama, ketika Anda berenang, Anda dihdapkan tekanan dari air sehingga tubuh akan mengeluarkan energi lebih untuk melawan tekanan air tersebut. Hal ini mengakibatkan otot di tubuh Anda dapat menjadi lebih kuat. Gerakan dalam Berenang juga memfokuskan kepada gerakan otot terutama di lengan, kaki dan perut. Seperti yang Anda tahu, di bagian-bagian itulah lemak bandel biasanya tersimpan kan?

Berikut adalah keterangan beberapa gaya berenang dengan keunggulannya masing-masing!

Gaya Bebas – Bakar hingga 686 kcal/jam

Foto dialmbil dari www.coreconcepts.com.sg
Foto dialmbil dari www.coreconcepts.com.sg

Gaya Bebas adalah gaya yang menggerakan otot-otot di tangan dan kaki dengan maksimal terutama di bahu. Otot-otot biceps dan triceps dalam gaya ini bekerja dengan maksimal sehingga dapat membentuk keseimbangan dengan kedua otot tersebut.

Gaya ini juga dapat memberikan postur tubuh yang tegak dan untuk perempuan, gaya ini bisa memberikan bentuk pantat yang bagus lho! Hehe. Melakukan gaya bebas dalam kecepatan sedang dapat membakar kalori sebanyak 406 kcal/jam. Sedang dengan kecepatan tinggi dapat membakar 686 kcal/jam.

Nah, oleh karena gaya bebas dilakukan menghadap lurus, memiliki kacatama renang tentu penting untuk menjaga matamu! Belum punya? Lihat di sini untuk kacamata renang paling keren!

Gaya Punggung – Bakar hingga 665 kcal/jam

Foto diambil dari www.anneahira.com
Foto diambil dari www.anneahira.com

Jika gaya bebas dilakuakn menghadap lurus, maka gaya punggung dilakukan sebaliknya. Gaya ini mengharuskan badan bagian belakang yang mengambang di air dan berenang secara mundur kebelakang.

Gaya Punggung dapat membakar sekitar 340 kcal/jam dalam keadaan sedang dan 665 kcal/jam dalam kecepatan tinggi. Nah, karena dalam gaya ini badan belakang akan mengambang, maka renang cap penting banget buat nih elevenians! Kalau belom punya, sediakan sekarang dan cari barangnya di sini.

Gaya Katak atau Dada – Bakar hingga 721 kcal/jam

Foto diambil dari www.womenhealthmag.com
Foto diambil dari www.womenhealthmag.com

Berenang dengan Gaya Katak memberikan fokus kepada otot kaki terutama di paha dan betis. Ini terjadi pada tiap kali Anda menendang untuk menimbulkan gerakan maju. Dalam melakukan gaya katak, otot lain yang dilatih adalah triceps dan dada. Dengan kecepatan rendah, Anda bisa membakar kalori sebanyak 370 kcal/jam sedangkan dengan kecepatan tinggi, Anda bisa membakar 721 kcal/jam.

Mengambang- Bakar hingga

Foto diambil dari academyofswimming.com.au
Foto diambil dari academyofswimming.com.au

Tahukah Anda dengan mengambang saja dalam air, Anda bisa membakar kalori? Mungkin sulit dipercaya, namun kenyataanya adalah, jika Anda mengambang dalam kecepatan rendah, Anda bisa membakar sebanyak 245 kcal/jam dan 686 kcal/jam dengan kecepatan yang tinggi. Mengambang ini juga tak selamanya diam, Anda juga harus menggerakan tangan dan kaki untuk dapat terus mengambang dalam air.

Gaya Kupu-Kupu – Bakar Hingga 996 kcal/jam

Foto diambil dari sklinksports-education.com
Foto diambil dari sklinksports-education.com

Gaya ini dikatakan sebagai gaya yang paling sulit untuk dilakukan. Meski sulit, gaya inilah yang paling banyak membakar kalori. Kenapa? Karena, gaya inilah yang memberikan fokus lebih pada pembentukan otot di lengan bagian atas, perut, dada, bahu, dan punggung dibandingkan dengan gaya lainnya. Pergerakan gaya yang melibatkan seluruh tubuh ini bisa membakar sebanyak 996 kcal/jam! Wuihh kalau alian rutin berenang dengan gaya ini setiap hari, kebayang kan secepet apa kalian bisa turun berat badan?

Jangan lupa pakai baju renang yang nyaman lho! Belum punya baju renang? Tenang! Belanja online di elevenia, terdapat banyak jenis. Ada yang terbuka (untuk wanita) seperti yang bisa dilihat di sini. Yang berbentuk kaos lengan panjang untuk pria dan wanita juga ada seperti yang tersedia di sini.

Nah, untuk berenang jangan lupa bawa tas khusus dan sendal jepit serta kantong plastik untuk baju basahmu! Belom punya tasnya? Gpp! elevenia menyediakannya di sini.

Selemat berenang elevenians!

 

 

 

Share

Leave a Reply