Uncategorized

Bagaimana Cara Mengatasi Anxiety Disorder? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Jangan Lupa Share ya

Gangguan kecemasan atau lebih dikenal dengan istilah anxiety disorder merupakan suatu gangguan yang berupa rasa cemas yang terjadi pada diri seseorang. Sebenarnya, setiap orang yang hidup di dunia ini pasti pernah mengalami kecemasan, rasa khawatir, panik dan kegelisahan dalam hidupnya. Rasa cemas ini merupakan salah satu bagian dari emosi normal yang dimiliki oleh manusia yang terjadi baik pada anak-anak, remaja maupun pada orang dewasa. Anak-anak mungkin mengalami kecemasan ketika mereka pertama kali memasuki sekolah, hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi karena mereka harus beradaptasi dengan lingkungannya. Demikian pula orang dewasa mungkin merasa cemas saat menanti hari pernikahannya, atau menunggu keputusan atasan di kantor mengenai promosi jabatan untuknya, adanya rasa cemas dan khawatir saat itu adalah hal yang normal. Akan tetapi, munculnya rasa cemas yang berlebih justru bisa menyebabkan terjadinya gangguan, maka rasa cemas yang seperti ini merupakan rasa cemas yang sudah tidak wajar. Gangguan kecemasan yang berlebihan seperti ini dikenal dengan istilah Anxiety Disorder.

Anxiety Disorder merupakan suatu gangguan mental yang bisa menimbulkan dampak yang serius pada diri seseorang. Bahkan rasa cemas berlebihan ini bukan hanya bisa memberikan dampak pada gangguan psikis saja melainkan juga gangguan fisik, inilah yang membuatnya sangat berbahaya.

Bagaimana Cara Mengatasi Anxiety Disorder? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengobati gangguan kecemasan ini seperti pengobatan dengan menggunakan obat anti depresan, terapi relaksasi, terapi perilaku dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara mengatasi gangguan Anxiety Disorder.

  1. Tata Ulang Ruangan Tempat Tinggalmu Senyaman Mungkin

Kondisi ruangan atau tempat yang tidak rapi akan membuat perasaan penderita Anxiety Disorder menjadi lebih kacau. Oleh karena itu, perbaikilah kondisi rumah agar kamu merasa lebih nyaman. Rumah yang bersih, rapi dan nyaman akan bisa membersihkan ketidakteraturan dan kekacauan yang kamu alami secara esensial.

Jangan biarkan pakaian, perabot dan alat lainnya tercecer begitu saja. Jika memang ada barang yang menurut kamu tidak berguna, sebaiknya singkirkan barang tersebut hingga kamu bisa merasa lebih mudah untuk menjadikan rumah untuk selalu dalam kondisi yang rapi.

  1. Terapi Pernafasan

Ada berbagai macam teknik pernapasan yang bisa kamu coba praktikkan. Akan tetapi, agar lebih sederhana dan lebih mudah kamu lakukan, maka caranya hanya dengan bernapas sedalam mungkin kemudian hembuskan secara perlahan.

Bernapas perlahan sambil menutup mata. Pastikan diri kamu benar-benar dalam kondisi yang rileks saat melakukan terapi yang sederhana ini. Kemudian hembuskan napas dengan santai dan tidak perlu terlalu cepat. Dengan terapi yang sederhana ini, diharapkan bisa membantu kamu untuk menurunkan tingkat kecemasan yang sedang kamu alami.

  1. Rendam Kaki Dengan Air Hangat

Sediakanlah sebuah baskom yang sudah kamu isi dengan air hangat yang telah ditambahkan sedikit garam di dalamnya. Jika perlu, tambahkan pula bunga yang beraroma harum ke dalamnya. Kemudian duduklah dikursi yang nyaman.

Rasa hangat pada kaki ini akan memberikan sensasi rileks yang luar biasa. Otot tubuh kamu yang sebelumnya tegang, akan mulai mengendur. Dalam kondisi senyaman ini, maka pikiran kamu akan lebih rileks dan rasa kecemasan pun akan menurun.

  1. Miliki Waktu Untuk Berolahraga

Olahraga yang kamu lakukan ternyata juga bisa mengurangi tingkat kecemasan yang kamu rasakan. Kamu bisa memulainya dengan olahraga yang ringan dan sederhana seperti jogging, berenang, dan olahraga santai lainnya. Selain dapat mengurangi kecemasan yang kamu alami, ternyata olahraga juga bisa meningkatkan rasa percaya dirimu lho.

  1. Belilah Produk Aromaterapi

Aromaterapi bisa memberikan efek rileks pada tubuh dan pikiran kamu. Maka, pasanglah aromaterapi pada ruangan yang sering kamu tempati. Aromanya yang menenangkan akan memberikan terapi yang bisa membantu kamu menghilangkan perasaan cemas yang mengganggu.

  1. Minum Teh Hijau

Dalam teh hijau terkandung L-theanie, yaitu zat asam amino yang berfungsi untuk memberikan rasa rileks. Sebaiknya utamakan untuk meminum teh ini dibandingkan dengan kopi, karena orang yang meminum teh pada umumnya akan merasa lebih tenang dibandingkan dengan orang yang meminum kopi.

  1. Tersenyumlah

Dengan tersenyum, maka pikiran yang positif akan datang dengan sendirinya dan menggantikan pikiran yang negative. Senyum merupakan salah satu hal yang bisa menebarkan rasa cinta dan kedamaian. Hal ini sangatlah baik untuk menghindarkan kita dari perasaan cemas yang berlebih.

  1. Dekat dengan Air

Air merupakan salah satu hal yang dapat memberikan efek menenangkan pada jiwa kita. Oleh karena itu untuk menenangkan pikiran, kamu bisa menyentuh air, berenang, ataupun hanya dengan berada di dekat kolam renang saja, maka kamu akan merasa lebih rileks.

Itulah 10 cara menangani Anxiety Disorder dengan cepat dan tepat. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply