Pertanyaan Populer

Bagaimana Cara Agar Bisa Tidur Cepat di Malam Hari?

Banyak orang yang merasa sulit untuk terlelap di malam hari. Mereka baru akan tertidur biasanya pada pukul 12 malam lebih. Hal tersebut tidak baik jika terjadi setiap hari. Kamu akan merasa kurang istirahat dan bangun tidur menjadi kurang bersemangat. Maka dari itu tidur dengan tepat waktu dengan kuantitas waktu yang cukup adalah hal penting. Jika kamu mengalami masalah susah tidur, ada beberapa cara agar bisa tidur cepat di malam.

Bersihkan Tempat Tidur

Rasa kantuk akan datang dengan lebih cepat jika kamar rapi dan bersih. Maka dari itu sebaiknya kamu merapikan dan membersihkan tempat tidur terlebih dahulu dengan mengibaskan sprei, bantal dan juga selimut. Saat sudah bersihkan debu-debu akan hilang dari kasur, sehingga kasur pun menjadi lebih nyaman untuk tidur.

Gunakan Penutup Mata

Suasana kamar akan menjadi lebih nyaman dan tenang jika kamu mematikan lampu sebelum tidur. Kualitas tidur pun dinilai akan lebih baik jika tidur dalam keadaan ruangan yang gelap gulita. Produksi zat melatonin yang diperlukan untuk merangsang tubuh supaya dapat segera tidur akan menurun jika mendeteksi lampu menyala. Maka dari itu, matikan lampu agar rasa kantuk segera datang.

Jangan Memainkan Handphone

Banyak orang yang menggunakan handphone saat hendak tidur. Padahal memainkan handphone merupakan satu hal yang membuat kamu ketagihan dan sulit untuk terlelap. Keinginan untuk memainkan gadget membuat rutinitas tidur malam menjadi terganggu. Maka dari itu sangat disarankan untuk mematikan handphone atau gadget lainnya 30 menit sebelum waktu tidur mu. Jika kamu tidak ingin mematikannya, kamu bisa menjauhkan handphone tersebut dari jangkauan mu misalnya meletakannya pada meja yang jauh dari tempat tidur. Cahaya layar hp mengeluarkan cahaya biru yang bisa menghambat produksi hormone melatonin. Hormon melatonin ini sangat diperlukan agar kamu bisa mengantuk. Karena produksi hormone melatonin terganggu, maka bisa merusak jam biologis tubuh dan membuat jam tidur menjadi kacau.

Matikan Televisi

Saat televisi selalu nyala saat tidur membuat otak akan terus bekerja sepanjang malam. Sehingga saat di pagi hari tubuh akan terasa kurang fit dan tidak bersemangat.

Leave a Reply