Religi

Bacaan Doa Selamat

Jangan Lupa Share ya

Doa adalah lafadz yang manusia curahkan kepada sang pencipta alam semesta ini. Doa dapat mendekatkan hamba dan Rabbnya. Nabi dan Rasul telah mengajarkan banyak doa yang bisa kita panjatkan kapanpun. Saat mau makan, masuk rumah, tidur, bahkan masuk kamar mandi pun ada doanya. Setiap aktivitas tentu harus diiringi dengan doa, agar kita selalu dalam perlindung-Nya.

Doa juga sebagai media untuk manusia berkomunikasi kepada Tuhannya. Melalui doa kita dapat menceritakan isi hati kita yang tidak dapat orang lain tahu, hanya Allah yang mengetahui isi hati kita sebenatrnya. Dan jangan malu untuk memanjatkan doa. Banyak orang yang mengatakan dirinya malu untuk berdoa atau meminta sesuatu kepada Allah karena merasa dirinya banyak dosa. Namun ternyata Allah sangat merindukan doa – doa hambanya, walaupun Dia tau kamu banyak dosa, insyaAllah doamu Allah dengar. Namun perkara terkabul atau tidaknya Allah yang menentukan. Tapi kita harus yakin bahwa Allah tahu apa yang terbaik untuk hidup kita. Doa kita tidak selalu Allah kabulkan, mungkin saja Allah menundanya hingga waktunya tepat atau apa yang kamu minta itu tidak baik untukmu maka Allah tidak mengabulkannya.

Berdoa boleh saja dengan Bahasa yang kalian mengerti, namun alangkah lebih baiknya kita berdoa dengan Bahasa Arab. Lebih baik lagi kita hafal dan memaknai isinya.

Dengan banyaknya bahaya dalam dunia ini, maka kita harus meminta perlindungan kepada Rabb kita Allah SWT. Nah kali ini saya akan bagikan kepadan kalian doa – doa agar kita selamat di dunia maupun akhirat.

Berikut ini doa yang dapat kamu hafal. Insyaallah niat baik kita untuk menghafal akan Allah mudahkan.

Bacaan Doa-Doa Selamat

“Allaahumma innaa nas aluka salaamatangfiddiini wa afiatan filjasadi waziaadatangfil ilmi wabarokatangfirizki wataubatangQoblalmaut warahmatan ingdalmaut wamaghfiratan ba’dal mauut, Allaahumma hawin alaina fi sakarootil mauti wanajata minannaar wal afwa ingdal hisaab. Robbana laatuzigh Qulubana ba’da idz hadaitanaa wahablanaa mil ladungka rohmatan innaka angtal wahhaab. robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanataw wafil akhiroti hasanatw waQinaa adzaabannaar,”

Atinya:

Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepadamu keselamatan dalam agama, kesehatan dalam tubuh, bertambah dalam ilmu, dan keberkahan rizki, taubat sebelum mati, mendapat rahmat sebelum mati, dan mendapat pengampunan sesudah mati, Ya Allah ringankanlah saya dari sakaratul maut, lepaskan dari api neraka, Dan mendapat maaf ketika dihisab, Ya allah janganlah engkau goyahkan kami ketika kami sudah mendapat petunjuk, beri kami rahmatmu yang maha pengasih. Ya allah berikan hamba kebaikan didunia dan di akhirat, dan jauhkanlah kami dari api neraka,

 اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allohumma hawwin ‘alaina fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal’afwa ‘indal hisaabi

Artinya :

“Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan”.

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa milladunka rahmata innaka antal wahhab

Artinya :

“Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi”

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar

Artinya:

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Kemudian yang dibawah ini adalah doa selamat yang terdapat Al-Qur’an surat Al-baqoroh ayat :286.

Bacaan Doa Selamat

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbanaa laa tuakzidnaa in nasiinaa wa akhto’naa robbanaa wa laa tahmil ‘alainaa isron kama hamaltahu ‘alal ladzIina min qoblinaa. Robbanaa wa laa tuahamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa’fua ’anna waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin

Artinya:

“Ya Allah, jangan siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Kau bebankan pada orang‐orang sebelum kami. Ya Allah, jangan Kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkan kami, serta  rahmatilah  kami. Kaulah  Penolong  kami,  maka  tolonglah  kami  untuk mengalahkan orang‐orang kafir.”(QS. Al‐Baqoroh: 286).

Doa Mohon Keselamatan Dunia Akhirat

“Allaahummaqsimlanaa min khasy-yatika amaa tahuulu bihiibainanaa wa baina ma’shiyatika, wamin thaa’atika maa tuballighunaa bihii jannataka, waminal yaqiini maa tuhawwinu bihii’alainaa mashaa’ibaddun-yaa, wamatti’naa bi asmaa’inaa wa abshaarinaa wa quwwatinaamaaahyaytanaa. waj’alhulwaaritsa minna, waj’al tsa’ranaa’alaa man zhalamanaa, wanshurnaa’alaa man aadaanaa. walaa taj’al mushiibatanaa fii diininaa, walaa taj’aliddun-yaa akbara hamminaa walaa mablagha ilminaa walaa tusallith alainaa man laa yakhaafuka walaa yar hamunaa”

Artinya:

”Wahai allah! tumbuhkanlah pada diri kami rasa takut yang dapat menghalangi kami berbuat maksiat kepada engkau, ke ta’atan yang dapat menyampaikan kami ke surga engkau, dan keyakinan yang dapat meringankan bagi kami cobaan – cobaan dunia. berikanlah kami kenikmatan pendengaran, penglihatan dan kekuatan selama hidup kami. jadikanlah ia (Alquran) sebagai warisan kami. jadikanlah tuntunan balas kami kepada orang yang telah menganiyaya kami. tolonglah kami dalam menghadapi orang – orang yang memusuhi kami. janganlah engkau jadikan bencana kami dalam agama kami. janganlah engkau jadikan dunia ini sebagai cita – cita kami yang terbesar dan jangan pula sebagai tujuan utama ilmu kami. dan janganlah engkau berikan kekuasaan untuk memimpin kami kepada orang – orang yang tidak punya rasa takut kepada engkau dan tidak mengasihani kami”

Itulah bacaan doa meminta keselamatan kepada Allah. Sebaiknya kamu membaca doa – doa tersebut di dalam bacaan setelah sholat fardhu atau sholat sunah lainya, baik juga dibaca pada setiap kesempatan. Kapanpun doa tersebut dipanjatkan, jika kamu berdoa dengan hati yang tulus, insyaallah Allah akan mengabulkannya. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply