Home /Food

Awas Salah Pilih! Inilah Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Sepertinya sudah suatu kodrat seorang perempuan pandai memasak, baik itu memasak makanan untuk sehari-hari atau pun memasak makanan berupa kue atau pun yang lainnya. Saat membuat suatu makanan, tentu bahan yang dibutuhkan berbeda-beda. Hal ini mendorong siapa saja yang ingin pandai memasak harus tahu bahan-bahan makanan tersebut. Salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam pembuatan kue adalah baking powder dan baking soda. Keduanya merupakan bahan yang biasanya sudah di stok di dapur. Keduanya pun sama-sama berfungsi sebagai pengembang kue. Cara kerjanya pun hampir saja, yaitu menghasilkan gelembung-gelembung gas supaya adonan kue menjadi lebih mengembang. Tidak heran jika kedua bahan tersebut sangat penting dalam suatu adonan kue. Namun apakah keduanya sama?

Ya, banyak yang masih bingung membedakan antara baking powder dan baiking soda. Mungkin pertanyaan ini pun kerap mampir di benak kamu. Meskipun memiliki fungsi dan cara kerja yang sama, namun ternyata kedua bahan kue tersebut memiliki perbedaan. Hal ini membuat penggunaannya berbeda di tiap resep kue. Apa saja perbedaannya? Simak ulasannya di bawah ini:

Kandungan Bahan

Baking soda adalah bahan pengembang kue yang mengandung 100% zat kimia. Zat kimia yang terkandung dalam baking soda adalah natrium bikarbonat/sodium bikarbonat. Sementara untuk baking powder, tidak seluruhnya mengandung bahan kimia. Sebab, baiking powder juga mengandung sejumlah komponen atau bahan lain seperti cream of tartar (bersifat asam) dan juga bahan pengering.

Fungsi bahan

Meskipun memiliki kesamaan yaitu sama-sama sebagai bahan pengembang kue, namun ternyata keduanya tidak bisa sembarangan dalam penggunaannya. Baking soda merupakan bahan yang sangat cocok digunakan untuk kue yang cara pengolahannya dipanggang atau pun dikukus. Sementara baking powder akan lebih cocok digunakan untuk jenis kue kering yang tidak mengandung asam.

Penggunaan Dalam Adonan Kue

Dikarenakan baking soda sangat baik untuk bahan-bahan yang mengandung asam, untuk itu saat kamu membuat suatu kue yang didalamnya terdapat bahan-bahan seperti susu, cokelat, yogurt, dan buttermilk, akan lebih baik menggunakan baking soda sebagai bahan pengembangnya. Sebab, baking soda ini tidak bisa bereaksi sendiri tanpa adanya senyawa asam yang terkandung dalam bahan kue. Apabila baking soda ini ditambahkan pada adonan yang memiliki senyawa asam, maka reaksi kimia akan terjadi secara otomatis dengan adanya kenaikan suhu. Hal ini membuat kamu harus segera memanggang atau pun mengukus adonan kue. Sebab, jika dibiarkan terlalu lama di luar, bisa dipastikan kue yang kamu buat akan gagal.

Sementara itu untuk adonan kue yang tidak mengandung bahan asam, akan lebih baik menggunakan baking powder sebagai bahan pengembangnya. Hal ini karena di dalam baking powder sudah terkandung zat yang bersifat asam. Zat tersebut akan bereaksi dengan menghasilkan gelembung-gelembung gas. Baking powder sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu single-acting baking powder dan juga double-acting baking powder. Adonan yang terdapat pada kue yang menggunkaan double acting baking powder akan tetap mengembang apabila adonan dikukus atau dipanggang meski sempat berada di suhu ruangan dalam waktu yang lama. Namun hal ini tidak berlaku untuk single-acting baking powder, jika adonan terlalu lama berada di luar ruangan, maka kue tersebut akan gagal.

Jika kamu bingung merek baking powder mana yang bagus untuk dijadikan sebagai bahan pengembang adonan kuemu, maka kamu bisa memilih merek Koepoe-Koepoe Baking Powder. Meski produk ini merupakan buatan lokal, namun memiliki kualitas yang sangat bagus dan bisa dibandingkan dengan produk luar.

Perbedaan dan Pengaruh Rasa Pada Kue

Bila kamu menggunakan baking soda sebagai bahan pengembang, maka kamu kue yang kamu buat akan memiliki rasa yang getir. Inilah alasan kenapa dalam sebuah adonan tidak boleh menggunakan terlalu banyak baking soda. Banyak yang mengatasi rasa getir dari baking soda tersebut dengan penggunaan beberapa bahan asam di adonan kue tersebut seperti yoghurt.

Sementara itu untuk kue yang menggunakan baking powder, dijamin kamu tidak akan merasakan rasa yang getir di dalam kue buatanmu meski digunakan dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini sudah jelas, sebab baking powder sendiri sudah mengandung bahan asam.

Itulah sejumlah informasi terkait dengan perbedaan antara baking soda dan baking powder. Jika selama ini kue yang kamu buat sering mengalami kegagalan, mungkin saja kamu salah memilih bahan pengembang. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply