Beauty & Health

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Minum Susu?

Jangan Lupa Share ya

Penderita asam lambung atau maag merupakan peradangan yang terjadi di lambung yang diakibatkan oleh asam lambung dengan jumlah yang terlalu banyak alias berlebihan. Biasanya, maag akan mengakibatkan gejala nyeri pada ulu hati, kembung, mulai dan juga muntah.

Tapi jika gejala yang kamu derita sudah mulai merambah ke nyeri data, mulutmu rasa pahit atau asam, sampai dada terasa panas, maka kemungkinan besar itu bukanlah maag, melainkan penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi karena cairan lambung naik ke kerongkongan. Hal ini biasanya diakibatkan oleh klep di antara lambung dan kerongkongan tak berfungsi dengan baik.

Apabila kamu terkenal maag, maka kamu bisa melakukan perubahan pola hidup di samping mengkonsumsi obat maag. Jangan sampai kamu telat makan atau bahkan diusakan agar pola makan tetap teratur setiap harinya. Jangan makan terlalu banyak, akan lebih baik makan sedikit-sedikit namun dengan prekuensi yang sering. Selain itu kamu juga harus menghindari sejumlah jenis makanan yang akan menyebabkan kondisi maag bertambah parah. Seperti di bawah ini:

Makanan yang Harus Dihindari Saat Maag

Buah dan sayur yang menghasilkan gas

Ada sejumlah buah dan sayur yang akan menghasilkan gas usai dikonsumsi. Untuk itulah buah dan sayur ini harus dihindari, seperti kol/kubis, sawi, kacang-kacangan, nangka, kedondong, buah yang sudah dikeringkan dan lainnya.

Minuman Bersoda

Minuman yang satu ini dapat menghasilkan banyak sekali gas hingga dapat menyebabkan perut terasa penuh. Untuk itu hindari mengkonsumsi minuman bersoda, tidak terkecuali minuman beralkohol.

Makanan Pedas

Makanan pedas memang terasa sangat nikmat, tapi jika kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas tidak akan baik untuk kondisi lambungmu.

Makanan Asam Atau Pencetus Asam Lambung

Sejumlah makanan dapat merangsang lambung untuk mengeluarkan asam lebih pada biasanya, hal ini dapat menyebabkan penderita maag merasa nyeri. Untuk itulah hindari sejumlah makanan yang bersifat asam, seperti cuka, jus yang asam, dan susu full cream.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat tidak baik untuk penderita maag, meski tidak semua. Untuk itu sebisa mungkin, hindari ketan, bihun, mie, pasta, ubi, jagung, talas dan singkong untuk kesehatan lambung kamu.

Makanan yang Sulit Dicerna Oleh Tubuh

Ada sejumlah makanan yang ternyata sulit dicerna oleh lambung. Jika dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat lambung semakin berat. Makanan tersebut antara lain, makan yang mengandung lemak tinggi, cokelat, keju, dan cake bertoping krim.

Susu Berbahaya Atau Tidak Untuk Penderita Maag

Terkait dengan bahaya atau tidaknya konsumsi susu pada penderita maag, sebenarnya tidak ada yang perlu kamu khawatirkan saat mengkonsumsi susu. Memang, kalsium dalam susu akan merangsang produksi asam lambung berlebih, tapi risiko tersebut tidak lantas melarang penderita maag untuk mengkonsumsi susu terutama saat maag tidak sedang kambung. Sebab, hal tersebut tidak akan terjadi pada semua penderita maag. Untuk itu sebelum kamu mengkonsumsi susu, ada baiknya mengkonsumsi air putih lebih dulu. Selain itu, kamu juga harus menghindari konsumsi susu pada saat maag kambuh karena dapat meningkatkan asam lambung.

Sebenarnya, tak hanya susu, kamu pun bisa mengkonsumsi produk susu lainnya, seperti yoghurt. Rasa asam yang terdapat pada yoghurt tidak akan merangsang produksi asam lambung berlebih. Asam pada yoghurt pun tidak akan meningkatkan iritasi pada lambung. Justru salah satu dari manfaat yoghurt adalah menyembuhkan penyakit lambung, sebab asam yang terbentuk di dalam yoghurt ini merupakan asam laktat yang dapat menyembuhkan luka di dinding lambung.

Mungkin diantara kamu ada yang belum tahu, tapi dibalik risiko susu untuk penderita sakit maag, ternyata terdapat manfaat susu untuk para penderita sakit maag, apa saja itu? Berikut ini adalah penjelasannya:

Manfaat Minum Susu Untuk Penderita Asam Lambung

Banyak sekali jenis susu yang beredar di pasangan saat ini, namun susu Bear Brand bisa menjadi contoh yang pas sebagai produk susu yang baik bagi tubuh. Apa saja manfaat dari susu bear brand ini untuk penderita asam lambung?

Salah satu brand produk susu yang kaya akan manfaat ini ternyada dapat menetralisir asam lambung, sebab susu yang satu ini tak hanya mengandung banyak nutrisi tapi juga mengandung zat yang disebut dengan Antidotum. Zat yang satu ini dapat menetralkan asam lambung. Tak hanya itu, susu Bear Brand pun dapat mengisi lambung dengan sejumlah kandungan protein yang dapat dipecah oleh asam lambung.

Itulah sejumlah penjelasan yang berkaitan dengan asam lambung dengan susu. Susu merupakan minuman yang baik bagi tubuh sehingga kamu tidak usah ragu untuk mengkonsumsinya. Jika kamu masih ragu untuk mengkonsumsi susu karena kamu memiliki penyakit asam lambung, maka kamu bisa mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter agar mendapatkan solusi yang terbaik. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply