Beauty & Health

Apakah Minum Obat Boleh Dicampur dengan Kopi?

Apakah Minum Obat Boleh Dicampur dengan Kopi

Jangan Lupa Share ya

Kopi sudah menjadi minuman wajib bagi banyak orang bahkan dalam keadaan sakit sekalipun, tapi pernahkah anda bertanya apakah ada efeknya apabila minum obat dicampur dengan kopi, atau teh, atau soda setelahnya?

Menurut para dokter, pertanyaan yang tepat adalah apa kandungan zat aktif dari minuman yang akan dikonsumsi setelah minum obat. Mengetahui zat aktif agar dapat tahu apabila zat aktif tersebut dapat berinteraksi dengan obat yang diminum. Contohnya adalah kopi yang mengandung kafein sebagai zat aktif, dan efek kafein adalah mempercepat denyut jantung dan menjadi salah satu zat aktif yang dapat berinteraksi dengan obat.

Obat yang mengandung efedrin atau phenylpropanolamine, dua obat yang berfungsi mengatasi gejala flu dan hidung tersumbat, bila diminum setelah atau sebelum anda minum kopi atau minuman yang mengandung kafein. Maka kerja jantung anda akan sangat berat, detak jantung akan meningkat drastis. Hal yang sama berpengaruh pada obat asma, theophylline, obat psikotik, kelompok antibiotik kuinolon, dan pil KB.

Bahaya minum kopi setelah atau sebelum minum obat juga karena dapat berpengaruh pada proses pencernaan anda. Efek samping dari obat dapat mengganggu maag atau meningkatkan produksi asam lambung, ditambah dengan kafein yang memiliki efek samping yang sama maka anda akan memiliki gangguan pencernaan.

Bahaya berikutnya adalah kafein dapat memicu keracunan, karena kafein dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh. Lalu berkaitan dengan penyerapan obat, beberapa obat tidak bisa diserap oleh usus atau lambung dikarenakan oleh kafein, contohnya adalah antidepresan, esterogen, serta obat untuk gangguan tiroid dan osteoporosis.

Bagi anda yang tetap ingin meminum kopi, beri jeda antara minum kopi dan obat sekitar 2 sampai 3 jam agar zat aktif kafein tidak berinteraksi dengan kandungan zat aktif dari obat. Hal ini berlaku juga untuk teh ataupun soda karena memiliki kadar kafein walaupun berbeda-beda.

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply