Sports /Hobi /Otomotif

Apakah Berenang Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Ulasan Lengkapnya!

Jangan Lupa Share ya

Berenang adalah salah satu jenis olah raga yang cukup banyak digemari, tidak hanya bagi kalangan remaja, namun anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyukai olah raga ini. Namun, siapa yang tahu bahwa ternyata berenang bisa membantu Anda menurunkan berat badan? Banyak yang bertanya-tanya apakah berenang bisa menurunkan berat badan atau tidak. Karena diakui atau tidak banyak orang yang sangat ingin menurunkan berat badannya yang berlebih. Nah, berikut ini akan diulas mengenai aktifitas berenang yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bisakan Menurunkan Berat Badan dengan Berenang?

Banyak orang yang bertanya-tanya, apakah berat badan bisa turun hanya dengan melakukan aktifitas berenang. Nah, jawabnya adalah iya. Anda yang ingin memiliki berat badan ideal dan sempurna bahkan langsing bisa menjadikan aktifitas berenang sebagai solusi pilihan terbaik. Hal itu disebabkan karena ketika Anda sedang berenang, kalori Anda akan berhasil terbakar dalam jumlah cukup banyak. Bahkan di dalam suatu penelitian disebutkan bahwa melakukan olah raga renang selama kurang lebih 60 menit mampu membakar kurang lebih 500 kalori, bahkan bisa juga mencapai 700 kalori.

Jumlah kalori yang berhasil terbakar saat berenang juga ditentukan oleh seberapa tinggi berat badan Anda, semakin Anda memiliki berat badan yang tinggi, maka tentu kalori yang terbakar juga akan lebih banyak ketika Anda berenang. Selain itu, jumlah kalori yang dibakar pun juga ditentukan oleh bagaimana gaya berenang yang Anda gunakan.

Gaya Berenang untuk Menurunkan Berat Badan

Apabila Anda menginginkan hasil yang maksimal, maka sebaiknya menggunakan gaya berenang kupu-kupu. Gaya ini mampu membakar hingga 150 kalori hanya dalam waktu sekitar 10 menitan. Dan itu untuk orang yang memiliki berat badan 72,5 kg. Anda juga bisa menggunakan gaya bebas selain memilih gaya kupu-kupu. Hal itu lantaran gaya ini juga mampu membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Sesudah itu, gaya yang dianjurkan untuk digunakan saat berenang adalah gaya punggung dan gaya dada. Kedua gaya ini memiliki proses pembakaran kalori yang setara dengan jenis olah raga jogging atau jalan cepat.

Nah, apabila Anda menghendaki hasil yang maksimal, maka sebaiknya sisihkan waktu Anda selama kurang lebih 30 menitan dalam satu hari. Hal itu disebabkan karena pada menit-menit pertama proses olah raga renang, yang dibakar terlebih dahulu adalah kandungan karbohidrat Anda, bukan lemak. Umumnya, lemak akan terbakar setelah kurang lebih 20 menit proses berenang normal. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mulai berenang dalam waktu sekitar 10 menitan. Sesudah itu bisa meningkatkan durasinya dengan cara yang bertahap.

Berdasarkan salah satu pendapat dinyatakan bahwa berenang dalam jangka waktu sekitar 30 sampai 60 menitan dalam 4-6 hari selama satu minggu ternyata cukup ampuh di dalam membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, aktifitas berenang yang rutin ternyata juga bisa membantu mengurangi adanya risiko kesehatan, misalnya stroke, diabetes, penyakit jantung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Proses Pembakaran Kalori dalam Olah Raga Renang

Dengan beberapa pernyataan yang telah dijelaskan di atas, tentu sudah dapat menjawab pertanyaan apakah berenang bisa menurunkan berat badan. Berenang dikatakan dapat membantu turunkan berat badan lantaran seluruh otot di dalam tubuh manusia digunakan secara keseluruhan saat mereka berenang. Bahkan termasuk juga otot tubuh yang ada di bawah, atas, inti, juga punggung. Di samping itu, aktifitas berenang juga mampu membuat organ di dalam tubuh seperti jantung dan juga paru-paru bekerja dengan cukup berat untuk menyalurkan oksigen yang diperlukan tubuh Anda. Inilah yang menjadikan aktifitas berenang mampu membakar banyak kalori di dalam tubuh.

Berenang memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Anda yang berenang sesungguhnya juga bisa melatih tubuh supaya menjadi lebih kuat. Di samping itu, massa otot Anda juga akan bertambah seiring berjalannya waktu. Dan dengan banyaknya energi dikeluarkan saat berenang, berat badan akan menjadi ideal sebagaimana yang diinginkan tanpa harus merasakan kelelahan yang sangat.

Demikian uraian mengenai apakah berenang bisa menurunkan berat badan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pengetahuan dan motivasi tersendiri untuk semangat berenang. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda tentu akan semakin semangat dalam berolah raga sambil bersenang-senang melalui olah raga renang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply