Elektronik

Apa Saja Kegunaan Stop Kontak? Ini Dia Jawabannya!

Stop kontak merupakan salah satu dari material instalasi listrik. Material listrik yang satu ini biasanya digunakan untuk muara penghubung antara arus listrik dengan peralatan listrik. Supaya alat listrik yang kamu memiliki bisa terhubung dengan aliran listrik, maka dibutuhkan stop kontak. Kamu pun bisa menghubungkan stop kontak dengan terminal jika alat listrik yang akan kamu gunakan letaknya jauh dari stop kontak berada. Kamu pun membutuhkan kabel dan steker untuk ditancapkan pada stop kontak.

Jika dilihat dari bentuk dan fungsinya, maka stop kontak dibedakan menjadi dua macan, yaitu:

  • Stop kontak kecil, atau stop kontak dengan dua lubang (kanal). Biasanya digunakan untuk menyalurkan listrik yang berdaya rendah pada alat-alat listrik lewat steker yang juga berjenis kecil.
  • Stop kontak besar, yang juga memiliki dua kanak AC, hanya saja dilengkapi dengan lempeng logan di sisi atas dan bawah kanal ACnya. Logam tersebut berfungsi sebagai ground. Stop kontak jenis ini biasanya dipakai untuk daya yang lebih besar lagi.

Sementara itu, jika dilihat dari tempat pemasangannya, maka ada dua jenis stop kontal yang berbeda, yaitu stop kontak in bow dan stop kontak out bow. Stop kontak in bow merupakan stop kontak yang di pasang di dalam tembok, sedangkan stop kontak out bow merupakan stop kontak yang dipasang di luar tembok atau pun hanya diletakan di permukaan tembok saja saat digunakan sebagai stop kontak portable.

Selain stop kontak, ada sejumlah peralatan listrik lain dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Hadirnya peralatan tersebut tentu memudahkan aktivitas rumah tangga, dan juga membuat suasana rumah lebih menyenangkan dengan adanya perangkat elektronik untuk hiburan keluarga. Selain stop kontal ada sejumlah peralatan listrik lain yang harus kamu tahu, seperti di bawah ini:

Sketer atau Colokan Listrik

Steker merupakan dua buah colokan dengan bahan logam. Alat ini memiliki fungsi guna menghubungkan alat listrik dengan aliran listrik. Caranya adalah dengan menancapkan di kanal stop kontak sehingga alat listrik tersebut bisa digunakan.

Bergainser

Bergainser adalah alat yang memiliki fungsi untuk membatasi daya listrik yang masuk ke dalam rumah tinggi, dan juga berfungsi untuk mengukur jumlah daya listrik yang dipakai suatu rumah tangga tersebut. Batasan terhadap penggunaan listrik yang masuk ke dalam suatu rumah tangga sendiri telah dikeluarkan oleh PLN secara resmi, yaitu 220 VA, 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, dan 2.200 VA.

MCB (Miniature Circuit Breaker)

MCB memiliki fungsi untuk memutuskan aliran daya listrik dengan cara otomatis. Hal ini akan terjadi apabila daya listrik yang dialirkan lebih dari nilai batasannya. MCB ini memiliki sifat on/off dan bisa juga berfungsi menjadi sakelar utama di dalam rumah. Bila MCB dikondisikan off, maka secara otomatis aliran listrik yang mengalir di seluruh penjuru rumah akan terhenti. Hal ini biasanya dilakukan saat melakukan perbaikan instalasi listrik di rumah.

Meter listrik atau kWh meter

Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk mengukur besaran daya yang dipakai oleh suatu rumah dalam satuan kWh (kilowatt hour). Meter listrik ini berwujud deretan angka secara analog maupun digital. Kamu bisa melihatnya pada bargainser. Angka tersebut akan berubah sesuai dengan penggunaan daya listrik rumah tersebut.

Spin Control

Spin Control adalah alat control dengan penggunaan daya dalam suatu rumah dan akan selalu berputar apabila masih ada daya listrik yang masih digunakan di rumah tersebut. Putarannya akan semakin cepat apabila daya listrik yang digunakan oleh rumah tersebut makin besar, dan putarannya akan melambat bila listrik yang digunakan berkurang atau sedikit.

Sekering

Ini merupakan alat pengalaman yang bekerja untuk memutuskan rangkaian listrik, caranya adalah dengan meleburkan kawat yang ditempatkan di suatu tabung bila kawat tersebut dialiri listrik dengan ukuran tertentu.

Sakelar atau switch

Sakelar atau switch adalah salah satu dari komponen instalasi listrik yang memiliki fungsi untuk menyambung atau memutuskan aliran lisrk di suatu penghantar.

Stop kontak (outlet)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, stop kontak memiliki fungsi sebagai muara penghubung antara alat listrik dan aliran listrik. Supaya alat listrik bisa terhubung dengan stop kontak, maka harus ada kabel dan steker atau pun colokan yang nantinya akan masukkan atau ditancapkan pada stop kontak.

Kabel Listrik

Kabel Listrik adalah komponen listrik yang memiliki fungsi untuk menghantarkan energy listrik ke sumber-sumber beban listrik atau pun alat-alat listrik.

Itulah penjelasan terkait dengan peralatan-peralatan listrik terutama stop kontak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu. (elevenia)

Leave a Reply