Gadget /Komputer

Apa Perbedaan MP4 dan MKV?

MKV dan MP4 sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan. Keduanya sama-sama untuk memutar video dan merupakan sebuah format video standar yang akan ditemui di sejumlah video yang tersebar di dunia maya. Tentunya kedua format video tersebut sudah tidak asing di telinga para pecinta film atau downloader film. Tapi apa kamu pernah berpikir, mana yang lebih bagus di antara keduanya? MP4 atau MKV? Untuk kamu yang penasaran mana yang lebih baik di antara keduanya, di bawah ini ada sejumlah perbedaan atau lebih tepatnya perbandingan di antara kedunya;

Apa Perbedaan Antara MP4 dan MKV

Suport Pemutar Media

Untuk hal yang satu ini, MP4 harus mengalah pada MKV karena memang MKV lebih unggul dalam hal ini. MKV memiliki banyak sekali konten yang tentunya lebih fleksibel dan juga serba bisa. Hal ini berbida dengan MP4 yang bisa dibilang kontsinernya masih terbatas dan masih perlu banyak modifikasi.

Subtittle

Di bidang yang satu ini, MP4 dan MKV memiliki keunggulan yang sama. Keduanya punya support yang sangat baik untuk soft atau pun hardsub untuk sebuah subtitle. Keduanya pun punya kekuatan yang terbilang seimbang dalam subtitle sehingga kita tidak bisa menentukan mana yang lebih unggu di antara keduanya.

Lisensi

Dalam hal lisensi, kedua format video ini sama-sama unggulnya. Keduanya sudah menggratiskan lisensi, sehingga membuat keduanya sama-sama kuat pada bidang ini. Namun untuk MP4 masih tidak mampu menampung multiplay subtitle audio dan video, sementara untuk MKV sebaiknya, MKV sudah dapat menampungnya dengan baik, sehingga untuk lisensi, MKV lebih unggul walau sedikit.

Popularitas

MKV sangat terkenal akan kecepatan loadingnya. MKV memungkinkan pengguna untuk membuat video dengan ukuran yang lebih besar namun dengan waktu singkat. MKV pun telah mengoptimalkan untuk memuat video dan audio pemutaran sampai 1080 p, sehingga MKV sering dipilih oleh penikmat film karena dapat membuat gambar lebih jernih. Sementara untuk MP4, file MP4 dapat disimpan dan dipadatkan pada satu file tunggal saja. Hal inilah mengapa MP4 dikenal dengan fungsi yang hemat dan mudah. Tidak hanya itu, jenis format video yang satu ini pun sangat mudah disalin, diupload sampai dipindahkan, sehingga tidak sulit untuk diakses banyak pengguna dari sejumlah prangkat mobile.

Penggunanya

Dengan kualitas gambar yang jernih, tentu saja MKV digunakan oleh orang-orang yang menginginkan gambar dengan kualitas tinggi. Kecepatannya rendernya pun menjadi pertimbangan tersendiri untuk menggunakan format video yang satu ini.

Sementara itu, orang-orang yang menggunakan file MP4 biasanya lebih memilih format video yang satu ini karena lebih kompabilitas dengan media perangkat maupun perangkat. Hal ini tentu saja termasuk orang-orang yang senang sekali nonton film pada konsel game, misalnya PS4 dan X-Box 360.

Kontra

Ada sejumlah kontra yang menghiasi format MKV yang satu ini, yaitu file disimpan lebih besar, fitur tambahan yang mungkin membutuhkan aplikasi dan perangkat tambahan, format video yang satu ini pun menggunakan format file yang berbeda untuk membagikan fitur video.

Sedangkan untuk MP4 ada sejumlah kontra seperti, resolusi yang tinggi untuk MP4 adalah 1440 x 1080 / 30p, saluran audio dan juga frekuensi sampel ini cuman tersedia di saluran 2/48 kHz, dan juga MP4 memakai LC AAC MPEG-4 codec audio, yang adalah sebuah codec yang rendah kompleksitas.

Pro

Ada sejumlah pro yang menghiasi MKV, yaitu MKV telah mendukung H.264/AVC yang dapat dimanfaatkan untuk pemutaran konten HD optimal, MKV juga dapat mendukung HD video playback dan rips Blu-ray. Tidak hanya itu MKV telah memiliki fitur yang jauh lebih baik seperti untuk sub judul, sejumlah video dan audio track dan bab.

Dari sejumlah perbedaan di atas, lalu apa kesimpulannya? Kesimpulannya adalah MKV lebih baik sebagai format video yang dipilih untuk memutar video kesangan kamu dibandingkan MP4. Kenapa? Sebab MKV punya support yang lebih banyak dan juga dapat menampung multiplay suptitele audio atau pun vido yang tak bisa dilakukan oleh MP4. Sudah jelas jika MKV sangat direkomendasikan untuk para downloader film atau pun anim, meski kualitas video tetap sama.

Namun apabila kamu memiliki pendapat lain, atau mungkin lebih nyaman menggunakan MP4, maka itu bukanlah suatu pilihan yang salah, karena pada akhirnya semua disesuaikan dengan selera masing-masing. Informasi di atas hanyalah gambaran dan informasi bagi kamu yang ingin tahu apa perbedaan antara MP4 dan MKV. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kamu tentang format video. (elevenia)

Leave a Reply