Gadget /Komputer

Apa itu Corel Draw? Simak Info Berikut Bagi yang Belum Tahu Aplikasi Grafis yang Satu ini

Jangan Lupa Share ya

Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 14 yang dinamai X4 dirilis pada tahun 2008. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasiWindows 2000 dan yang lebih baru.

Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Corel adalah perusahaan pembuat perangkat lunak komputer. Produk Corel yang paling terkenal adalah Corel Draw, sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk gambar vektor atau pembuatan vektor.

Corel menyediakan paket dalam penjualan perangkat lunaknya, yaitu Corel Graphic Suite, yang didalamnya terdiri dari Corel Draw, Corel R.A.V.E, Corel PhotoPaint, Corel Trace, Corel Capture, Corel update, Font Navigator, dan SB profiler.

Perusahan Corel didirikan tahun 1985 dan memiliki markas di Ottawa, Kanada.Berdasarkan data, pengguna produk Corel telah mencapai lebih dari 40 juta dan produk Corel telah dijual di lebih dari 75 negara. Perusahaan yang menjadi saingan Corel adalah Adobe.

Lebih Dekat dengan Software Design Grafis Corel Draw

Perusahaan Corel Corp. merupakan developer dari software design grafis Coreldraw. Perusahaan ini berasal dari negara Kanada tepatnya di kota Ottawa. Software design grafis Coreldraw adalah software yang digunakan untuk pembuatan design-design grafis yang basisnya menggunakan vector.

Dalam dunia design grafis berbasis vector sangat dipercaya akan menghasilkan gambar resolusi yang lebih tajam. Nama perusahaan Corel akhirnya gunakan juga sebagai nama software buatannya dan diberi nama Corel Draw. Di Indonesia sendiri software ini mulai dikenal di kalangan para designer menggunakan software grafis sejak tahun 2000-an. Kini versi X4 nya sejak tahun 2008 sudah diperkenalkan di Indonesia.

Software design grafis Coreldraw dapat pada mulanya dibuat hanya untuk sistem operasi Microsoft Windows saja. Awalnya pada Microsoft Windows 2000 dan terus dikembangkan untuk versi selanjutnya dari sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft ini.

Corel draw dirancang untuk dapat digunakan untuk sistem operasi Mac OS dan OSx namun karena penggunanya sangat minim akhirnya dihentikan dan hanya mampu mencapai level versi 5 saja. Untuk sistem operasi Linux Coreldraw dapat digunakan tetapi harus menggunakan tools tambahan bernama Wine untuk dapat menginstall Corel draw di Linux.

Sejarah Software Design Grafis Corel Draw

Pendiri perusahaan Corel adalah Dr. Michael Cowpland. Awalnya Dr. Michael Clowland membangun Corel hanya untuk membuat software sistem untuk intel sebagai penguat sistem desktop publishingnya. Kemudian di tahun 1987 Corel corp. mempekerjakan para pengembang software atau programmer. Tujuannya adalah untuk membuat sebuah software design grafis yang nantinya di bundle dengan sistem desktop publishing yang telah dibuat oleh Corel untuk Intel.

Namun karena perkembangan yang diterima oleh pengguna software coreldraw  yang diluncurkan untuk pertamakalinya tahun 1989 ini, akhirnya Corel corp memutuskan untuk hanya membuat pengembangan software sebagai fokusnya.

Corel menjadi software design grafis yang pertamakalinya dapat di install bersamaan dengan di launchingnya Windows 3.1 dan mampu menggunakan font yang sudah ada di dalam sistem operasi Windows. Coreldraw menjadi software yang dapat di install dan berjalan tanpa software pendukung semacam Adobe Typewriter yang biasa digunakan agar software utama dapat mengakses font yang ada di sistem operasi Windows.

Fitur Kamulan Software Design Grafis Corel Draw

Awalnya di kalangan profesional designer grafis memKamung sebelah mata software coreldraw begitu juga di Indonesia. Banyak yang lebih memilih menggunakan software keluaran Adobe atau Macromedia. Hal tersebut akhirnya dapat di atasi oleh Corel Corp. dengan melakukan inovasi dan pengembangan di setiap versinya sesuai dengan keinginan atau fitur yang diinginkan oleh para designer grafis profesional.

Berikut adalah beberapa fitur-fitur yang dimiliki oleh software design grafis Coreldraw.

  1. Fitur ilustrasi vektor yang sangat menakjubkan diliki coreldraw seperti stroke before fill, mesh fill dan note edit fill, juga lain sebagainya.
  2. Coreldraw adalah software bundling lengkap bukan untuk hanya grafis namun juga sebagai editor vektor.
  3. Coreldraw dapat digunakan untuk memainkan kontras, lalu menyetel keseimbangan warna, serta dapat digunakan dalam mode RGB dan CMYK. Bahkan dapat digunakan untuk merubah kesalah satu mode baik dari RGB ke CMYK dan dari CMYK ke RGB.

Pengalaman menggunakan Coreldraw akan membawa para designer grafis profesional menemukan pengalaman yang tidak pernah ditemukan dari software-software yang biasa digunakan.

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply