Beauty & Health

Apa Arti Logo Lingkaran dan Warna Pada Kemasan Obat?

Apa Arti Logo Lingkaran dan Warna Pada Kemasan Obat

Jangan Lupa Share ya

Ketika mencari obat, kita biasanya hanya melihat tanggal kadaluarsanya atau cara pemakaiannya, atau efek samping dari obat tersebut. Tapi pernahkah kita sadari bahwa ada logo obat, logo lingkaran pada botol atau kemasan obat lainnya? Logo tersebut tenyata mempunyai arti loh.

Di Indonesia, ada sebuah instansi pemerintah yaitu Badan POM yang telah membuat peraturan dan klasifikasi obat agar kita tidak salah mengkonsumsi obat tersebut. Klasifikasi tersebut antara lain:

1. Obat Bebas

Obat ini dapat anda temui atau termasuk obat yang paling mudah anda jumpai di toko-toko obat di apotek maupun di minimarket. Karena jenis zat yang terdapat pada obat tersebut relatif aman. Dan anda dapat membelinya tanpa resep dokter. Namun walaupun tanpa resep dokter, anda harus tetap memperhatikan dosis yang tertera pada kemasan tersebut. Obat ini diberi logo lingkaran hijau dengan garis tepi berwarna hitam.

Apa Arti Logo Lingkaran dan Warna Pada Kemasan Obat-1Contoh dari obat ini adalah paracetamol dan antasida.

2. Obat Bebas Terbatas

Obat golongan ini sebenarnya termasuk obat keras, tetapi masih bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun, di kemasannya terdapat peringatan. Anda harus membacanya dengan baik. Obat-obatan seperti ini biasanya logonya adalah lingkaran berwarna biru dengan garis tepi berwarna hitam. Dan obat-obatan seperti ini biasanya dijumpai di apotek yang memiliki apoteker, dimana apoteker akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai cara penggunaan obat tersebut.

Apa Arti Logo Lingkaran dan Warna Pada Kemasan Obat-2Contoh dari obat ini adalah Bromhexine Hcl yang biasanya digunakan untuk sakit batuk dan obat cacing, Pirantel pamoat.

3. Obat Keras

Golongan obat ini tidak boleh anda konsumsi secara sembarangan. Dan sebaiknya harus dengan resep dokter. Obat ini diberi logo dengan lingkaran berwarna merah dan didalamnya terdapat huruf K, yang menerangkan obat keras.

Apa Arti Logo Lingkaran dan Warna Pada Kemasan Obat-3Contoh obat-obatan seperti ini adalah seperti lorazepam, haloperidol, dan loratadine. Dimana obat-obatan golongan psikotropika juga masuk dalam golongan obat keras.

4. Obat Narkotika

Obat-obatan seperti ini, anda sama sekali tidak boleh membelinya secara sembarangan. Biasanya obat-obatan seperti ini digunakan oleh para tim medis atau para dokter sebagai obat bius atau obat untuk mengurangi rasa nyeri. Dan jika anda mengkonsumsinya tanpa pengawasan dokter, obat-obatan ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan ketergantungan.

Apa Arti Logo Lingkaran dan Warna Pada Kemasan Obat-4Logo dari obat-obatan golongan narkotika adalah lingkaran merah, dan di dalamnya terdapat tanda plus (+) berwarna merah pula.

5. Obat Fitofarmaka

Obat ini merupakan obat tradisional dari bahan alami yang dapat diseterakan dengan obat modern. Hal ini disebabkan karena proses pembuatannya telah telah terstandar dan telah diuji dengan bukti ilmiah. Selain itu, fitofarmaka dikatakan sebagai obat herbal berkhasiat tertinggi dibandingkan jamu dan obat herbal terstandar karena sudah mengadopsi CPOB, yaitu Cara Pembuatan Obat yang Baik dan sampai uji klinik pada manusia.

Apa Arti Logo Lingkaran dan Warna Pada Kemasan Obat-5Fitofarmaka diberi logo lingkaran hijau dengan enam cabang tiga dari tengah lingkaran.

6. Obat Herbal Terstandar (OHT)

Obat ini adalah obat tradisional yang disajikan darii bahan-bahan alami yang dapat berupa tanaman obat ataupun mineral. Selain proses dengan teknologi tinggi, jenis herbal ini umumnya telah ditunjang dengan pembuktian ilmiah berupa penelitian-penelitian praklinik, seperti:

  • Standar Kandungan Berkhasiat
  • Standar Ekstraksi Tanaman Obat
  • Uji Toksik (baik akut maupun kronis)

Apa Arti Logo Lingkaran dan Warna Pada Kemasan Obat-6Logo dari OHT adalah lingkaran hijau dengan tiga rangka menyerupai bintang di dalamnya.

7. Obat Tergolong Jamu

Obat ini disediakan secara tradisional yang berisi tanaman yang merupakan penyusun dari obat-obatan tersebut. Obat jamu merupakan warisan dari leluhur kita yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit dan telah terbukti secara empiris.

Apa Arti Logo Lingkaran dan Warna Pada Kemasan Obat-7Logonya adalah pohon berwarna hijau dalam lingkaran berwarna hijau. Bagi anda yang ingin membeli obat golongan ketujuh atau obat jamu ini, sebaiknya anda memperhatikan kemasan yang telah terdaftar di Badan POM.

Demikian 7 golongan obat dan logonya yang perlu diketahui agar kita lebih aware apakah jenis obat apakah yang dikonsumsi, perlukah resep dokter, atau apabila sudah teruji klinis oleh laboratorium Badan POM Indonesia.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply