Culinary

Apa Aja sih Makanan Khas Palembang selain Pempek?

Jangan Lupa Share ya

 

Jika ditanya apakah makanan khas dari Palembang, pasti makanan pertama yang akan kamu sebut adalah pempek. Namun, ternyata Palembang memiliki banyak makanan khas selain pempek yang wajib kamu icip-icip saat berkunjung langsung kesana. Kira-kira apa saja ya makanan khas Palembang selain pempek? Inilah jawabannya.

Tekwantekwan

Tekwan adalah makanan yang bahan dasar untuk membuatnya sama seperti pempek. Tekwan dibentuk menjadi bulat-bulat kecil yang bentuknya mirip bakso. Bedanya, tekwan disajikan dengan kuah gurih bening sehingga seperti makan semangkuk bakso. Jika bakso kuahnya berasal dari kaldu sapi, kuah tekwan berasal dari kaldu udang. Untuk membuat tekwan menjadi lebih sedap, tambahkan taburan bawang goreng, daun bawang, seledri, potongan bengkoang kecil dan potongan jamur kuping.

Mie Celormie-celor_20150601_201359

Mie celor adalah mie tebal mirip dengan mie pada udon yang disajikan bersama kuah santan kental campuran dari kaldu udang. Kuah dari mie celor mempunyai citarasa kental yang gurih. Mie celor dilengkapi dengan sayuran seperti toge.

Tempoyaktempyak

Makanan khas dari Palembang berikutnya adalah tempoyak. Tempoyak adalah makanan yang terbuat dari tumisan daging durian dengan bawang serta cabai. Tempoyak adalah salah satu pelengkap makanan yang fungsinya hampir sama dengan sambal. Tempoyak biasanya dimakan bersamaan dengan pindang ikan patin. Tempoyak memiliki citarasa gurih dan tentunya unik karena rasanya sangat khas.

Martabak Harmartabak har

Jika dilihat martabak ini hampir mirip dengan martabak telur pada umumnya. Namun, yang membedakannya adalah ia hanya diisi oleh telur yang dibalut dengan kulit martabak. Selain itu, terdapat sebuah perbedaan lagi dimana ia disajikan dengan menggunakan kuah kari yang dicampur kentang dan daging sehingga membuatnya terasa gurih. Martabak Har berasal dari sebuah resto ternama di Palembang yang RM. HAR.

Lenggang

Lenggang adalah makanan yang terbuat dari olahan ikan tenggiri yang dicampur dengan telur. Olahan ini disajikan di atas daun pisang yang dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah mangkuk, lalu dipanggang. Lenggang memiliki rasa yang gurih serta lezat.

Jadi makanan khas Palembang apa yang menarik untuk kamu coba?

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply