Gadget /Komputer

Anak IT Wajib Tahu Perbedaan DDR3 dan DDR3L

Double Data Rate (DDR) merupakan tipe dari Random Access Memory (RAM). RAM sendiri adalah suatu komponen primer yang harus ada dalam sebuah Laptop atau personal computer (PC). Tanpa RAM laptop tentu saja tidak akan dapat dihidupkan. RAM tipe DDR ini sebenarnya sudah mencapai versi DDR4, namun, kebanyakan laptop atau PC masih menggunakan RAM versi DDR3, karena DDR4 masih tergolong baru, jadi belum banyak diketahui orang.

Ada perbedaan antara tegangan yang digunakan dalam setiap laptop atau PC. Terkadang Anda akan menemukan laptop atau PC yang memiliki RAM DDR3 yang menggunakan tegangan 1,35 Volt atau yang menggunakan tegangan 1,5 Volt. RAM DDR3 yang menggunakan tegangan 1,35 Volt tersebut tergolong dalam laptop yang memiliki RAM DDR3 low voltage atau lebih dikenal dengan DDR3L.

Ada beberapa hal yang membedakan keduanya, dan Anak IT wajib tahu perbedaan antara keduanya. Mengenai laptop atau PC tentu anak IT harus lebih tahu ketimbang orang yang tidak bergelut di bidang IT, karena anak IT lah yang sering bersinggungan langsung dengan hal-hal yang berhubungan dengan komputer.

Perbedaan RAM DDR3 dan DDR3L

Apabila dilihat dengan mata telanjang tidak ada perbedaan fisik antara keduanya, keduanya memiliki bentuk yang sama persis. Secara fisik kita dapat membedakan antara DDR3 dan DDR3L dengan melihat label yang tertempel pada fisik RAM tersebut. Biasanya RAM tipe DDR3 pada fisiknya hanya tertempel kode PC tersebut, sedangkan pada RAM tipe DDR3L pada fisiknya tertempel kode PC yang diakhiri dengan huruf “L”. Apabila Anda belum mengetahui perbedaan antara RAM tipe DDR3 dan DD3L kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa perbedaannya. Berikut beberapa perbedaan antara RAM tipe DDR3 dengan DDR3L yang wajib diketahui oleh Anak IT…

  1. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, secara fisik keduanya terlihat sama, namun Anda dapat membedakan keduanya dengan melihat kode yang tertempel pada fisik RAM tersebut.
  2. RAM tentu akan bekerja berdasarkan jumlah tegangannya masing-masing. RAM tipe DDR3 membutuhkan tegangan 1,5 Volt, sedangkan DDR3L membutuhkan tegangan 1,35 Volt. Apabila salah tegangan yang digunakan tentu saja memori tidak akan dapat bekerja dengan maksimal. Maka dari itu, pasangkan memori dengan perangkat yang cocok.
  3. DDR3 hanya dapat bekerja apabila menggunakan tegangan tertentu saja, sedangkan DDR3L tetap dapat bekerja apabila menggunakan tegangan yang bukan pasangannya sekalipun, hal itulah yang membuat DDR3 disebut sebagai single voltage capable dan DDR3L biasanya disebut dengan dual voltage capable.

RAM DDR3 Digunakan pada Slot DDR3L

Anda dapat menggunakan DDR3 atau pun DD4 apabila slot memori pada laptop atau PC Anda memiliki modul memori yang sama, misalkan sama-sama PC3-12800. Sedangkan jika melihat sifat dari RAM DDR3 (single voltage capable), maka DDR3 tidak dapat digunakan di slot DDR3L. Sedangkan apabila melihat sifat dari DDR3L (dual voltage capabel), maka DDR3L dapat digunakan pada slot DDR3. Meskipun begitu, usahakan tetap memasangkan DDR3 dan DDR3L pada tempatnya masing-masing. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya error pada komputer Anda. Meskipun pada awalnya baik-baik saja, perangkat yang tidak support maka akan menyebabkan kerusakan pada komputer Anda.

Cara Mengetahui Laptop Menggunakan DDR3 atau DD3L

Ada 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk melihat RAM tipe apa yang digunakan pada laptop atau PC Anda, apakah tipr DDR3 atau tipe DDR3L. Yang pertama, kamu dapat melihatnya menggunakan aplikasi yang bernama CPU-Z. Apabila pada aplikasi tersebut nilai yang tertera adalah 1,5 volt, maka laptop Anda menggunakan RAM tipe DDR3.

Dan apabila pada laptop kamu tertera nilai 1,35, maka laptop tersebut ada 2 kemungkinan, kemungkinan pertama yaitu laptop tersebut support terhadap RAM tipe DDR3 tetapi menggunakan RAM tipe DDR3L, kemungkinan kedua yaitu laptop kamu menggunakan RAM tipe DDR3L, namun tidak bisa menggunakan RAM tipe DDR3. Cara untuk melihat jenis RAM yang kedua, yaitu dengan membongkar kompartemen laptop tersebut, lihat keterangan yang tertera pada laptop tersebut, apabila pada memori tertera kode yang diakhiri dengan huruf “L”, maka sudah pasti laptop tersebut menggunakan RAM tipe DDR3L, apabila hanya tertera kode laptop saja, maka menggunakan RAM tipe DDR3.

Itulah beberapa perbedaan antara RAM tipe DDR3 dan DDR3L, sebagai anak IT Anda tentu harus memahami hal ini, karena hal ini tentu saja sangat penting, support atau tidaknya laptop Anda tergantung juga pada memorinya. Apabila tidak support akan sangat mungkin laptop Anda akan mengalami error. (elevenia)

Leave a Reply