Beauty & Health

Ampuh! Inilah Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Perlu Ke Dokter Gigi

Jangan Lupa Share ya

Bagi kamu yang merasa enggan atau bahkan takut untuk pergi ke dokter gigi untuk mengilangkan karang gigi, sepertinya dengan menghilangkannya sendiri di rumah bisa jadi salah satu solusi yang bisa kamu lakukan. Akan tetapi bagaimana cara menghilangkannya tanpa pergi ke dokter? Apakah hal tersebut aman jika dilakukan sendiri? Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan karang gigi, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu karang gigi.

Karang gigi atau yang lebih dikenal dengan kalkulus gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi bisa terbentuk dari bawah gusi yang menyebabkan iritasi pada gusi. Selain akan mengancam kesehatan, karang gigi akan membuat kamu merasa percaya diri. Karang gigi akan menyebabakan bau mulut yang tidak sedap dan gigi yang akan terlihat menguning. Hal ini akan menjadi masalah serius ketika kamu sedang berbicara dengan orang lain dan kamu harus menutup mulut kamu atau kamu akan membuat orang lain tidak nyaman karena bau mulut kamu.

Penyebab Karang Gigi

Pada umunya, karang gigi disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang tertinggal dan tidak segera dibersihkan. Semakin lama, sisa-sisa makanan tersebut akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi. Justru air liur yang mengandung mineral akan membantu sisa-sisa makanan tadi menjadi keras yang akan membuat karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras pula.

Selain itu, karang gigi bisa menyebabkan berbagai penyakit yang lebih berbahaya lainnya. Berikut beberapa efek dari karang gigi.

Bau Mulut

Sisa-sisa makanan yang terkumpul dalam waktu yang lama akan menyebabkan bau yang tidak sedap.

Gigi Berlubang

Gigi keropos dapat disebabkan oleh karang gigi yang tidak segera ditangani. Hal ini dikarenakan karang gigi mengeluarkan zat asam yang dapat merusak gigi. Padahal bagian terkeras pada gigi merupakan email yang berada di lapisan paling luar gigi. Setelah gigi semakin keropos, kemudian gigi akan semakin mudah untuk berlubang.

Radang Gusi

Gusi yang mudah terinfeksi dan kemudian berdarah disebabkan oleh mulut yang kotor.

Periodontitis

Ketika peradangan pada gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang yang berfungsi sebagai penyangga gigi akan rusak. Jika sudah melewati fase ini, biasanya gigi akan tanggal. Selain itu, pada saat bakteri pada gusi masuk ke aliran darah akan menyebabkan penyakit lainnya yang lebih serius.

Jika kamu  sudah terlanjur terbiasa tidak membersihkan gigi dengan benar, dan sekarang sudah terdapat karang gigi pada gigimu. Kamu bisa membersihkan karang gigi tersebut tanpa pergi ke dokter gigi. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ampuh untuk memutihkan gigi dan tentunya menghilangkan karang gigi. Berikut adalah cara agar karang gigi kamu tidak akan semakin parah.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Rajin menggosok gigi

Sejak kecil kamu pasti sudah tahu bahwa menggosok gigi memang dianjurkan untuk dilakukan sebanyak 2 kali sehari. Namun bukan hanya itu, kamu juga dianjurkan untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua gigi sudah tersikat dengan rata.

Menggunakan Pasta Gigi dengan Fluoride

Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride agar kamu yakin bahwa gigi kamu telah bersih dari sisa makanan dengan sempurna. Selain itu, fluoride juga mampu mencegah perkembangan plak pada gigi.

Flossing

Flossing merupakan salah satu cara membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Tentu saja bukan benang yang sembarangan, namun benang khusu untuk gigi. Jika kamu menggunakan cara ini untuk membersihkan karang gigi, maka plak yang ada di sela-sela gigi dapat dibersihkan dengan lebih mudah.

Menggunakan Mouthwash

Salah satu cara membersihkan gigi secara efektif dan lebih cepat adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk perlindungan tambahan setelah kamu menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi fluouride dan melakukan pembersihan karang gigi dengan cara flossing.

Tidak Makan Sembarangan

Jika kamu tidak ingin karang gigimu semakin parah, maka kamu harus menjaga makanan yang masuk ke dalam mulut kamu. Bakteri yang ada di mulut tentu saja berasal dari makanan yang kamu makan. Ketika kamu memakan makanan dengan rasa yang sangat manis dan bertepung, maka kamu telah memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak di dalam mulut. Ketika bakteri tersebut bertemu dengan makanan yang manis atau bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.

Hindari Atau Kurangi Merokok

Selain dapat memicu penyakit, ternyata zat-zat berbahaya dalam rokok juga dapat menimbulkan karang gigi yang akan jauh lebih sulit dibersihkan daripada karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan karang gigi dengan mengubah pola hidup yang kamu miliki. Demikian pembahasan mengenai cara ampuh yang dapat membersihkan karang gigi tanpa perlu repot-repot pergi ke dokter gigi. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply