Beauty & Health

Ampuh! 8 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut

Lemak yang menumpuk akan membuat tubuh menjadi gemuk. Hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Naiknya berat badan disebabkan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalori, lemak, dan karbohidrat yang tinggi. Kenaikan berat badan dapat terlihat pada bagian perut yang nampat buncit dan besar. Jika itu terjadi maka penampilan kamu akan terganggu, tapi tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Sebagai solusinya kita bisa berusaha mengecilkan perut dengan gerakan – gerakan di bawah ini:

Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut

  1. Elbow Plank

Gerakan ini merupakan gerakan yang sederhana. Kamu bisa melakukannya di rumah. Efek yang diberikan dari gerakan ini adalah untuk menyingkirkan lemak yang ada di perut. Selain itu, gerakan ini dapat melatih otot perut dan juga berguna untuk melatih stabilitas tubuh serta otot inti yang berada di tubuh atau core muschles akan berpusat pada perut, paha dan pinggang.

  • Posisikan tubuh kamu menghadap ke arah lantai.
  • Letakkan kedua tangan sampai siku menyentuh lantai.
  • Angkat tubuh dengan posisi telapak tangan yang tegak dan posisi punggung tetap dalam keadaan lurus.
  • Tahan perut kamu saat melalukan gerakan ini.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 3 set dengan 10 gerakan dalam satu set atau kurang lebih selama 30 detik.
  1. Leg Raise

Gerakan ini berpusat pada latihan area otot perut bawah. Kamu dapat melakukan gerakan ini tanpa alat bantu apapun. Walaupun terlihat mudah, dengan melakukan beberapa set gerakan ini akan membuat otot area perut terbakar yang diakibatkan berlangsungnya proses pembakakan lemak dalam perut.

  • Lentangkan seluruh tubuh kamu diatas lantai
  • Angkat kedua kaki sampai membentuk sudut 90 derajat.
  • Lalu turunkan kaki tanpa menyentuh area lantai dan angkat kembali kaki ke arah 90 derajat.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali.
  1. Heel Touch

Gerakan satu ini sudah terbukti ampuh mengecilkan perut dalam waktu cukup cepat. Cukup cepat jika dilakukan secara rutin.

  • Berbaring di atas lantai dengan posisi terlentang.
  • Tekukkan kedua kaki kamu dengan lutut menghadap ke atas.
  • Angkat bahu secara perlahan hingga menyentuh kedua tumit secara bergantian.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan satu set sebanyak15 kali.
  1. Crunch

Gerakan ini merupakan gerakan dasar dalam membentuk otot perut, terutama perut bagian atas dan otomatis perut kamu akan mengecil. Gerakan crunch tampak seperti hendak melakukan sit up, tetapi tidak gerakannya tidak sama dengan sit up. Sebaiknya kamu melakukan gerakan ini di atas matras agar lebih nyaman.

  • Berbaring dengan posisi terlentang di atas lantai,
  • Letakkan kedua tangan di belakang kepala (seperti halnya sit up).
  • Angkat badan dan juga bahu sambil mengencangkan atau menegangkan otot perut.
  • Saat posisi tubuh terangkat, buang nafas dengan pelan dan saat posisi badan turun, barulah tarik nafas.
  • Tetap perhatikan agar leher dalam keadaan lurus dan lakukan sebanyak 3 set dengan satu set sebanyak15 kali.
  1. Bicycle Crunch

Gerakan Bicycle Crunch adalah salah satu olahraga mengecilkan perut. Gerakan ini mampu melatih otot perut secara keseluruhan, selain itu juga dapat melatih keseimbangan tubuh. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini secara teratur dan dengan gerakan yang benar.

  • Posisikan tubuh berbaring di lantai dengan
  • Letakkan kedua tangan kamu di bagian samping telinga.
  • Angkat kedua kaki secara sekaligus ke atas sampai tidak menyentuh lantai.
  • Pada saat yang bersamaan, tekuk kaki kiri dan gerakan siku bagian kanan sampai bersentuhan dengan lutut kiri dan lakukan sebaliknya.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 3 set dengan sebanyak 15 kali dalam satu set.
  1. Bridge Opposite Arm Leg Crunch

  • Posisikan tubuh berbaring dengan telentang diatas lantai, lalu tekuk kaki kiri tanpa menjinjit telapak kaki.
  • Untuk kaki kanan, kamu angkat lurus ke atas.
  • Lanjutkan dengan mengganti kaki kiri yang kamu angkat lurus ke atas.
  • Lalu tangan kiri dibuka ke arah kiri bersamaan dengan kaki kanan ke arah kanan.
  • Untuk bahu dan pinggul tetap pada posisinya.
  • Selanjutnya kembalikan posisi seperti semula lalu lakukan kembali dengan mengganti bagian tangan kanan dan kaki kiri seperti gerakan sebelumnya.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan 15 gerakan di setiap setnya.
  1. Donkey Kickbacks

Gerakan ini tidak memerlukan alat untuk melakukannya. Agar lebih nyaman dan kulit tidak lecet atau sakit kamu bisa gunakan matras sebagai alas. Caranya cukup mudah yakni:

  • Posisikan tubuh seperti merangkak.
  • Angkat kaki bagian kiri lalu angkat seperti posisi menendang ke arah belakang secara perlahan dan posisikan kembali ke posisi semula.
  • Ulangi gerakan ini dengan kaki yang sama selama 15 kali.
  • Ganti dengan menggunakan kaki kanan dengan gerakan yang sama sebanyak 15 kali gerakan dan lakukan sebanyak 3 set.
  1. Windshield Wiper

Dalam melakukan gerakan ini kamu memerlukan matras sebagai alas untuk menghindari lantai yang licin karena keringat. Gerakan ini dilakukan dengan membentuk posisi tubuh seperti arah whiper pada mobil di atas alas matras. Untuk pemula sebaiknya lakukan gerakan ini secara perlahan agar otot dapat menyesuaikan.

  • Poisisikan tubuh berbaring diatas matras dengan kedua tangan berada disamping tubuh.
  • Kedua kaki dirapatkan dan diangkat secara bersamaan.
  • Gerakan selanjutnya arahkan kaki ke kanan dan kiri tanpa menyentuh lantai seperti gerakan wiper mobil.

Nah, dengan gerakan – gerakan olahraga tersebut kamu bisa berusaha untuk mengecilkan perut kamu yang penuh dengan lemak. Dengan demikian kamu bisa lebih terlihat cantik dengan tubuh kamu yang lebih terlihat ramping dan sehat. (elevenia)

Leave a Reply