Religi

Adab dan Doa Masuk Serta Keluar Kamar Mandi yang Jarang Kita Ketahui

Islam adalah agama yang paling sempurna. Islam tidak akan pernah terpisahkan dari segala aspek dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, jika ada orang yang berkata “jangan bawa-bawa islam dalam hal ini!” maka itulah salah satu bibit sekulerisme.

Islam adalah agama yang paling mulia yang didalamnya mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, dimulai dari hal yang sangat sederhana sampai hal yang sangat besar seperti mengurus negara atau pemerintahan. Oleh karena itu, kita jangan sampai memisahan islam dari kehidupan kita.

Karena islam mengatur seluruh aspek kehidupan, maka ketika kita ke kamar mandi pun ada doa dan adab-adab yang harus kita penuhi sebagai seorang muslim yang taat. Jika kamu ingin mendapatkan ridha Allah ketika kamu beraktivitas di kamar mandi tersebut, maka kamu harus memenuhi doa dan adab-adab tersebut.

Adab-adab, Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Berikut ini adalah doa masuk kamar mandi yang telah Rasulullah ajarkan kepada umatnya:

اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

“Alloohumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaaitsi”

Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Mendahulukan kaki kiri saat memasuki kamar mandi

“Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam amat menyukai memulai dengan kanan dalam mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci dan dalam urusannya yang penting semuanya” (Muttafaqun ‘alaih).

Menggunakan alas kaki (sangat dianjurkan)

Ketika masuk ke kamar mandi, kita sangat dianjurkan untuk menggunakan alas kaki. Hal tersebut dilakukan agar cipratan air kencing yang bercampur dengan genangan air saat berada di kamar mandi tidak terbawa ke luar, sehingga tidak menyebabkan najis.

Memakai tutup kepala saat hendak mandi agar setan tidak mengotori dengan najis

Kamu bisa menggunakan handuk atau penutup kepala lainnya untuk membungkus kepala saat mandi, hal ini dianjurkan bagi yang memiliki rambut yang panjang khususnya para perempuan. Penutup kepala ini bisa kamu lepaskan saat akan mencuci rambut.

Tidak berbicara saat berada di dalam kamar mandi

Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam’ bersabda,

”Bila dua orang diantara kamu buang air, hendaklah saling membelakangi dan jangan berbicara. Karena sesunguhnya Allah murka akan hal itu.”

Disunnahkan berdehem sebanyak tiga kali pas selesai buang air kecil, supaya semua kotoran keluar

Tidak membelakangi atau menghadap kiblat saat Buang air kecil dan buang air besar

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda “Bila kamu mendatangi tempat buang air, janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya.“ (HR. Bukhari dan Muslim)

Dilarang menjawab salam ketika berada di kamar mandi

Beri saya isyarat bahwa kamu sedang berada di kamar mandi. Asal tidak pakai salam

Dilarang membaca ataupun membawa lafadz Allah Ta’ala dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam

Apabila kamu memiliki handphone yang di dalamnya terdapat aplikasi Al-Quran, sebaiknya handphone tersebut jangan kamu bawa masuk ke dalam kamar mandi.

Dilarang mandi berduaan di dalam kamar mandi, kecuali suami istri

Harap berhati-hati dengan cipratan najis

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Bahwa kebanyakan siksa kubur disebabkan karena tidak berhati-hati ketika beristinja”.

Dilarang makan dan minum ketika berada di dalam kamar mandi

Kamar mandi memakai penghalang / tabir penutup supaya tidak terlihat orang lain

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Bila kamu buang air hendaklah beristitar (menutup tabi). Bila tidak ada tabir maka menghadaplah ke belakang.” (HR Abu Daud dan Ibnu Majah)

Mendahulukan kaki kanan ketika keluar kamar mandi

Membaca doa setelah keluar kamar mandi

Hadits Shahih yang terdapat dalam kitab Abu Dawud dan Imam At-Tirmidzi,’Bahwa Rasulullah saw mengucapkan doa berikut ini saat beliau keluar dari kamar mandi:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

“Ghufroonakal hamdu lillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa ‘aafaanii”

Artinya: “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.

Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja adab-adab dan doa saat akan masuk ke kamar mandi dan saat akan keluar dari kamar mandi. Mulai sekarang, mari kita membiasakan diri serta berilah contoh yang baik untuk anak-anak dengan adab-adab yang baik ini, yang tentunya sesuai dengan Sunnah Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam agar semua yang kita lakukan bernilai ibadah di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

Demikian pembahasan mengenai adab-adab dan doa masuk serta keluar dari kamar mandi yang jarang kita ketahui. Semoga bermanfaat bagi kita semua. (elevenia)

Leave a Reply