Sports /Hobi /Otomotif

9 Teknik Dasar Bola Basket dan Penjelasannya

Jangan Lupa Share ya

Bola basket adalah cabang olahraga yang memakai bola serta keranjang atau yang sering disebut dengan ring menjadi tempat yang digunakan untuk mencetak angka. Bola basket dilakukan oleh 2 tim yang mana kedua tim terdiri dari masing-masing lima orang. Sehingga permainan bola basket disebut sebagai permainan berkelompok.

Sebelum kamu bermain bola basket, ada baiknya kamu mengetahui ulasan teknik dasar bola basket dan penjelasannya. pastinya kamu semua mengetahui jika masing-masing dari cabang olahraga memiliki teknik dasar yang wajib untuk dikuasai para atletnya sehingga dapat memainkan dengan benar. Berikut ini merupakan ulasan terkait teknik dasar bola basket dan penjelasannya.

Cara Memegang Bola


Meskipun memegang bola merupakan sesuatu yang sederhana, namun ada teknik dasar bola basket dan penjelasannya. Maka jangan sekali-kali menyepelekan hal sederhana tersebut supaya permainan bola basket bisa dikuasai.

Passing dan Catching (Melempar dan Menangkap Bola)


Passing dan catching yakni gerakan dalam permainan bola basket yang mengarah pada memberikan dan juga menerima umpan dari teman setimnya. Karena permainan bola basket mempunyai ritme permainan yang begitu cepat sehingga kerjasama antar tim sangatlah dibutuhkan. Memberi umpan serta menerima umpan tersebut bisa berjalan dengan baik apabila sesama tim mempunyai kerjasama solid.

Dribbling (Menggiring Bola)


Dribbling atau yang artinya menggiring bola menurut Ambler Vic yakni gerakan membawa bola basket dengan dipantul-pantulkan ke lapangan. Berdasarkan pengertian tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa dribbling merupakan cara membawa bola basket dengan dipantul pantulkan ke lantai menggunakan dua atau satu tangan dengan bergantian. Dribbling dilakukan sambil berlari dengan cepat atau bisa dilakukan setengah berlari.

Ada 1 poin penting yang harus diperhatikan oleh seluruh pemain dalam melakukan gerakan dribbling atau menggiring bola yakni menjaga kontrol tangan pada bola tersebut sehingga bola tidak sampai direbut oleh lawan.

Ada dua cara untuk melakukan dribbling atau menggiring bola yakni dribbling rendah yaitu posisi di bawah lutut serta dribbling tinggi yaitu posisi lebih tinggi dari lutut. Dribbling rendah memiliki tujuan melindungi bola dari lawan. Sedangkan dribbling tinggi memiliki tujuan untuk melakukan persiapan melakukan penyerangan ke area pertahanan lawan main.

Pivot


Pivot yakni gerakan yang bertujuan untuk menyelamatkan bola dari lawan. Gerakan ini dilakukan dengan bergerak memutar memakai satu kaki dan kaki lainnya menjadi poros. Gerakan pivot tersebut biasanya akan diikuti juga dengan melakukan tiga gerakan yang lainnya yaitu passing, dribbling serta shooting.

Shooting


Shooting adalah gerakan inti pada olahraga bola basket. Gerakan shooting bertujuan guna mencetak poin atau angka. Shooting merupakan gerakan untuk memasukkan bola basket secara langsung ke dalam ring lawan. Gerakan tersebut bisa dilakukan menggunakan satu maupun dua tangan. kemudian hasil dari shooting tersebut bisa menghasilkan angka yang berbeda yaitu 1, 2 atau bahkan 3 angka.

Lay Up


Lay up bukan merupakan gerakan namun rangkaian gerakan guna memasukkan bola ke ring lawan. Gerakan lay up dilakukan dengan menggunakan cara melangkah dua kali dan memasukkan bola ke ring lawan. sikap tersebut dilakukan di sebelah kanan maupun kiri sisi ring. Bisa dikatakan gerakan lay up adalah gerakan shooting jarak dekat atau tembakan melayang.

Rebound


Rebound yakni gerakan yang bertujuan mengambil kembali bola yang gagal masuk ke dalam ring. Gerakan ini dilakukan dengan menangkap bola yang terpantul karena gagal masuk ring dari pemain. Pemain tersebut baik dari satu tim atau bahkan tim lawan. Rebound ini dibagi ke dalam dua jenis yaitu offensive rebound dan defensive rebound.

Slam Dunk


Slam dunk merupakan gerakan untuk memasukkan bola basket ke ring dengan tubuh yang melayang. Gerakan slam dunk secara teknik yaitu improvisasi dari gerakan shooting.

Screen


Screen yakni gerakan pemain bola basket sebagai penyerang yang bertujuan membebaskan teman setimnya dari lawan. Gerakan screen tersebut dilakukan dengan menggunakan cara menutup arah pergerakan tim lawan yang bertujuan untuk menjaga teman satu timnya. Selanjutnya membuka ruang pergerakan yang diberikan pada teman satu timnya yaitu dengan memberikan jalan melalui pemain yang sedang melakukan screen tersebut.

Nah, itulah tadi ulasan teknik dasar bola basket dan penjelasannya yang secara lengkap telah disusun sedemikian rupa untuk kamu yang ingin mempelajari teknik dasar bola basket. Memang sangat disarankan untuk mengetahui teknik dasar bola basket sebelum terjun ke lapangan. hal tersebut bertujuan agar saat melakukan permainan bola basket tidak asal menggiring bola saja.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply