Culinary

9 Tata Cara Makan yang Baik dan Sopan

Jangan Lupa Share ya

Memberikan pemahaman kepada anak merupakan suatu hal yang sangat penting, karena hal tersebut kelak akan menjadi modal yang berharga ketika anak-anak Anda telah beranjak dewasa. Pendidikan seorang anak yang ia terima dari orang tuanya di rumah, nantinya akan sangat mempengaruhi tingkah laku anak di luar rumah, terutama dalam hal sopan santun dan tata cara makan yang baik dan sopan.

Tata cara makan yang wajib diketahui

Oleh sebab itu, meskipun terdengar sepele janganlah sekali-kali para orang tua mengabaikan untuk mendidik anak tentang tata cara makan yang baik dan sopan pada anaknya. Toh, apabila anak Anda berperilaku baik dan sopan di luar, tentunya nama Anda sebagai orang tua pun ikut menjadi baik. Langsung saja berikut ini adalah 9 tata cara makan yang harus Anda ajarkan kepada anak Anda:

  1. Budayakan Menyapa

Ketika seorang anak datang ke meja makan lalu dengan cepat memakan makanan tanpa menyapa orang sekitar terlebih dahulu dapat meninggalkan kesan yang buruk anak-anak dalam pikiran setiap orang. Hal tersebut akan membuat anak terlihat tidak sopan ataupun terlihat sombong. Maka dari itu, sebaiknya para orang tua mengajarkan pada anak-anaknya untuk melihat orang-orang yang duduk di sekitar meja makan mereka dan menyapanya.

  1. Mengatur Meja

Kebiasaan mengatur perangkat makan yang ada di meja merupakan hal penting untuk anak-anak Anda, yaitu dengan mengajarkan mereka tentang posisi garpu yang harus berada disebelah kiri sementara sendok, pisau dan gelas ada di sebelah kanan, serbet harus berbaring di samping garpu dan pisau, pisau sendiri harus menghadap piring. Selain itu, anak Anda juga harus di ingatkan untuk tidak dulu makan sebelum semua orang dilayani.

  1. Cara Duduk yang Benar Di saat Makan

Ajarkan anak Anda untuk duduk lurus, dengan siku mereka dari meja dan serbet di pangkuan mereka saat makan.

  1. Dilarang Bersuara Ketika Makan

Tata cara makan yang satu ini merupakan salah satu cara makan yang paling penting untuk diajarkan kepada anak-anak Anda. Sebab tak seorangpun ingin melihat orang yang makan dengan mulut mereka terbuka. Oleh karena itu, ajarkan anak Anda untuk mengambil gigitan kecil makanan dan jangan sampai mulut terisi penuh. Pastikan juga untuk mengajarkan kepada anak Anda untuk mengunyah makanan secara perlahan dan dengan mulut tertutup.

  1. Meminta Makanan

Mungkin anak Anda tidak tahu kapan waktu yang pas untuk mendapatkan makanan sendiri dan meminta makanan kepada orang lain. Selama anak Anda dapat mencapai makanan dengan lengan yang condong ke depan sedikit, sebaiknya biarkan anak Anda mengambil makanan sendiri, namun jika tidak sampai, Anda dapat mengajarkan anak Anda untuk meminta makanan kepada orang yang dekat dengan makanan yang ingin Anda ambil, dan jangan untuk mengajarkan anak mengucapkan ‘terima kasih’ pada yang memberikan makanan.

  1. Penggunaan Garpu dan Sendok

Dalam mengajari anak Anda mengenai tata cara makan yang baik dan sopan, jangan lupa untuk membiasakan  anak-anak Anda menggunakan sendok dan garpu ketika makan kecuali apabila makanan yang dimakan memang harus menggunakan jari secara langsung. Karena sendok dan garpu sendiri dapat membuat suara yang sangat menjengkelkan, maka Anda pun harus mengajarkan anak-anak Anda untuk makan secara perlahan dan lembut, tanpa membenturkan sendok dan garpu ke piring.

  1. Membersihkan Sisa Makanan Pada Gigi

Katakan kepada anak Anda untuk menggunakan tusuk gigi dan jangan sekali sekali membersihkan sisa makanan dengan jari tangan. Jika Anda khawatir anak Anda akan terluka karena belum mahir menggunakan tusuk gigi, Anda dapat mengajak anak Anda pergi ke kamar kecil untuk membersihkan gigi mereka.

  1. Katakanlah ‘Terima kasih’

Ajarkan kepada anak Anda untuk selalu mengatakan ‘Terima Kasih’ kepada orang yang telah memasak dan menyajikan makanan untuk mereka. Jelaskan kepada anak Anda bahwa orang yang menyajikan dan memasak makanan membutuhkan waktu dan energi, karena itulah mengapa anak Anda harus menunjukan penghargaan kepada mereka.

  1. Menghormati Makanan

Pada saat Anda mengajari anak mengenai tata cara makan yang baik dan sopan jangan lupa untuk membiasakan anak-anak Anda untuk tidak memberikan komentar tidak baik tentang makanan yang disajikan. Karena tentunya hal tersebut dapat menyakiti perasaan orang yang memasak makanan tersebut. Ajarkan pula pada anak untuk tidak membuang-buang makanan yang disajikan kepada mereka.

Demikianlah artikel tentang 9  tata cara makan yang baik dan sopan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk bersabar dalam mengajarkan 9 tata cara makan tersebut kepada anak.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply