Hobby

9 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Kucing merupakan binatang yang sangat imut dan lucu. Karena itu tidak heran jika banyak sekali yang menyukainya. Saat ini tidak jarang di temui orang-orang menjadikan kucing sebagai teman sehari-hari mereka di rumah. Bahkan kucing tergolong binatang yang pintar karena bisa di latih dan bisa mengenali pemiliknya dengan mudah. Namun, perlu Anda ketahui pula bahwasanya kucing ini memilki jenis yang berbeda-beda.

Berbicara mengenai jenis-jenis kucing, dalam hal ini ada dua jenis yang banyak digandrungi oleh pecinta kucing. Yang pertama adalah kucing jenis persia dan yang kedua adalah kucing jenis anggora. Sebenarnya kedua jenis ini sama-sama imut dan banyak membuat gemes orang-orang yang ada di sampingnya. Namun mengingat jenisnya pun memang berbeda, tentu saja keduanya memiliki perbedaan pula.

Lalu, apa saja perbedaan kucing persia dan anggora yang harus di ketahui?, nah, jika Anda pecinta kucing dan belum mengenalnya, maka sangat penting untuk mempelajari perbedaan tersebut. Sedangkan mendapatkan informasinya, jangan khawatir karena sudah disajikan di sini. Dan untuk lebih jelasnya, silahkan langsung Anda simak ulasannya berikut ini…

Daerah Asal Kucing

Dua kucing yang berbeda, biasanya perbedaan yang di miliki sudah sejak dari daerah asalnya. Kucing Anggora dan Persia ini memang asalnya berbeda juga. Kucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing yang berasal dari Ankara Turki. Sedangkan kucing Persia, asalnya adalah dari Italia yang kini sudah terkenal di Indonesia.

Bentuk Wajah Keduanya

Di lihat dari fisiknya, kedua kucing ini pun memiliki banyak perbedaan. Salah satunya adalah dari bentuk wajah. Jika Anda adalah penggemar kucing, tentu saja sudah sangat hafal dengan ciri-ciri mereka masing-masing. Untuk kucing Persia wajahnya cenderung bulat dengan hidung yang cukup pesek. Sedangkan untuk kucing anggora memiliki bentuk wajah yang hampir seperti kucing lokal yang biasanya berkeliaran.

Bentuk Tubuh Kucing

Selanjutnya, untuk mengetahui perbedaan kucing persia dan Anggora, Anda pun bisa melihatnya dari bentuk tubuh masing-masing. Untuk kucing Anggora bentuk tubuhnya cenderung bisa di katakan cukup ideal. Tidak terlalu gemuk dengan otot yang tidak terlihat pula. Sedangkan kucing persia bentuknya lebih gemuk dan tidak terlalu tinggi sebagaimana kucing Anggora yang memang terkenal tinggi.

Bulu Kucing Yang Di Miliki Masing-Masing

Nah, bagian yang paling banyak di sukai dari kucing tidak lain adalah bagian bulunya. Dalam hal ini kucing anggora dan persia juga memiliki perbedaan bulu. Untuk kucing anggora bulunya pun cukup tebal. Hanya saja kalau di bandingkan dengan kucing persia, kucing anggora masih kalah karena kucing persia memiliki bulu yang lebih tebal lagi.

Kepribadian Kucing Pun Berbeda

Dari segi kepribadian masing-masing kucing, anggora dan persia ini pun juga berbeda. Dalam hal ini kucing anggora cenderung berkepribadian lebih aktif dan cukup pecicilan. Dia tergolong kucing yang pintar dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Sedangkan untuk kucing persia kepribadiannya cenderung kalem dan termasuk kucing pendiam.

Aktivitas Sehari-Harinya

Untuk aktivitas sehari-hari yang mereka lakukan, kucing anggora ini cenderung lebih suka duduk santai di samping pemiliknya. Sedangkan untuk kucing persia, sehari-harinya dia lebih malas dan tidak serajin anggora. Dia lebih suka istirahat dan diam di tempat. Namun ada kalanya juga kucing ini hyper aktif dan memiliki banyak bergerak.

Ekor Kucing

Jika dari sisi bulunya anggora tidak selebat persia, Namun untuk bulu ekor tidak dapat di pungkiri jika anggora ini lebih lebat. Sedangkan untuk bulu ekor kucing persia lebih jarang sekalipun masih tergolong lebat dan panjang.

Harga Kucing

Dari segi harga, dengan berbagai ciri yang berbeda baik bentik maupun aktivitas sehari-harinya, tentu saja ketika di jual pun harganya juga akan berbeda. Dalam hal ini kucing anggora di jual dengan harga yang lebih mahal di bandingkan persia. Namun, kalau di Indonesia ini tidak ada anggora yang asli.

Kelangkaan Kucing

Kalau berbicara mengenai kelangkaan, tentu saja anggora lebih langka karena keasliannya hanya bisa di temukan di negara asalnya. Expor kucing anggora sendiri di larang di sana. Sedangkan untuk kucing persia, saat ini sudah banyak beredar di berbagai negara.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa perbedaan kucing persia dan anggora yang perlu Anda ketahui. Nah, jika Anda memiliki salah satunya sebaiknya Anda menjaganya dengan baik karena kucing ini sangat rawan hilang. (elevenia)

Leave a Reply