Beauty & Health

9 Penyebab Mimisan Saat Hamil yang Harus Diwaspadai

Jangan Lupa Share ya

Ketika sedang hamil Anda akan lebih mudah terkena mimisan, terutama ketika kandungan Anda sudah mulai memasuki masa kehamilan di trimester kedua. Namun Anda tidak perlu panik dengan hal itu, karena ibu hamil memang akan lebih rentan terkena mimisan.

Terkadang mimisan saat hamil terjadi karena perubahan hormon, namun tidak hanya itu, ada beberapa penyebab lain dari mimisan saat hamil yang harus Anda ketahui.

Penyebab Mimisan Saat Hamil

Ada beberapa penyebab mimisan saat hamil yang harus diketahui oleh ibu hamil, agar dapat mengetahui sebab dan cara mengatasi mimisan saat hamil. Berikut akan kami paparkan beberapa penyebab mimisan saat hamil yang harus Anda ketahui.

Perubahan Suhu Udara

Mimisan terkadang juga disebabkan oleh perubahan suhu, perubahan suhu yang ekstrem dapat menyebabkan ibu hamil mengalami mimisan. Perubahan suhu terlalu panas atau terlalu dingin akan menyebabkan selaput hidung menjadi kering, sehingga apabila selaput hidung akan mudah mengalami iritasi. Jadi pastikan ibu hamil berada pada suhu dengan kelembaban yang stabil untuk menghindari mimisan.

Perubahan Hormon

Di saat hamil seseorang akan mengalami perubahan hormon, yaitu perubahan hormon estrogen dan progesteron. Perubahan hormon ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami mimisan. Hormon progesteron sebenarnya berfungsi untuk menjaga kesehatan janin selama 9 bulan, namun hormon ini juga dapat menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah yang akan menyebabkan ibu hamil lebih gampang mengalami iritasi, sehingga juga akan mudah terkena mimisan dan juga gusi berdarah.

Gangguan Stress

Ibu hamil mengalami perubahan mood yang tidak menentu, hal itu terjadi karena perubahan hormon yang sedang dialaminya. Ia mungkin akan merasa tidak nyaman dengan perubahan yang terjadi pada tubuhnya, apabila hal itu terjadi secara terus menerus akan menyebabkan ibu hamil mengalami stres. Jadi usahakan ibu hamil mengetahui bagaimana cara mengatasi cara menghilangkan stres yang ia alami, sehingga akan terus merasa nyaman dan rileks terhadap kehamilannya.

Infeksi Sinus

merupakan peradangan yang terjadi dibagian sinus yang terletak di bagian belakang tulang dahi dan tulang pipi. Infeksi ini biasanya disebut dengan sinusitis, biasanya menyebabkan penderitanya mengalami flu berkelanjutan. Untuk ibu hamil, coba identifikasi penyebab mimisan yang Anda alami, apakah karena infeksi sinus atau karena hal lain, jika karena infeksi sinus biasanya darah mimisan Anda berwarna gelap dan berbau tidak enak.

Kurang Vitamin C

Vitamin C tentu sangat baik untuk kekebalan tubuh, terutama untuk ibu hamil. Apabila kekurangan vitamin C, tubuh pasti akan mudah rentan terhadap penyakit dan mudah terkena iritasi, salah satunya yaitu iritasi pada rongga hidung. Jadi pastikan ibu hamil mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Tekanan Darah Tinggi

Mimisan pada ibu hamil juga disebabkan oleh tekanan yang tinggi, karena apabila tekanan darah tinggi, hal itu dapat menyebabkan pembuluh di dalam hidung pecah, sehingga akan terjadi mimisan. Ada beberapa hal yang menyebabkan ibu hamil memiliki tekanan darah yang tinggi, yaitu aktivitas fisik yang berat, makanan, pikiran, atau karena faktor keturunan.

Pelebaran Pembuluh Darah

Hal ini disebabkan karena produksi darah dalam tubuh ibu hamil lebih banyak ketimbang biasanya, sehingga hal ini akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada ibu hamil. Pelebaran pembuluh darah itu akan menyebabkan lapisan kulit ibu hamil menjai lebih tipis, sehingga akan mudah terkena iritasi yang akan menyebabkan mimisan.

Menghirup Udara yang Kotor

Udara kotor dapat menyebabkan ibu hamil mengalami mimisan. Misalkan udara dari asap kendaraan atau asap dari pabrik, asap tersebut akan menyebabkan selaput di dalam hidung menjadi tipis, sehingga akan sensitif terhadap sentuhan, jadi asap kotor tersebut akan menyebabkan ibu hamil lebih mudah terkena mimisan.

Gejala Penyakit

Ada beberapa penyakit yang memiliki tanda-tanda penderitanya mengalami mimisan, misal penyakit ginjal, penyakit hati, gagal jantung, dan tumor hidung. Beberapa penyakit tersebut akan menyebabkan mimisan pada penderitanya. Jadi bisa jadi seorang ibu hamil yang memiliki salah satu penyakit tersebut akan mudah terkena mimisan, misalkan seorang ibu yang memiliki penyakit hati, ia juga akan mengalami masalah terkait pembekuan darah.

Itulah beberapa alasan mimisan saat hamil yang harus ibu hamil ketahui. Jadi apabila Anda mengetahui penyebab tersebut Anda tidak akan panik apabila mengalami mimisan ketika sedang hamil. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply