Beauty & Health

9 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan

Jangan Lupa Share ya

Tahukah Anda sinar matahari di pagi hari memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan matahari pagi memang berbeda dengan saat siang hari sehingga usahakan untuk berjemur di pagi hari supaya membantu menjaga kesehatan Anda dari berbagai gangguan dan penyakit. Berikut ini adalah ulasan tentang manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan yang bisa dijadikan sebagai bahan pengetahuan Anda.
<h3><strong>Membantu Mencegah Diabetes</strong></h3>
Diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup banyak menyerang manusia. Penyakit ini terjadi karena gula darah yang mengalami peningkatan sehingga melebihi kadar normalnya. Karena hal itu, hormone insulin mengalami gangguan. Biasanya, ini terjadi lantaran gaya hidup manusia yang kurang tepat dan kurangnya aktifitas. Nah, salah satu solusi mudah untuk mencegah penyakit ini adalah dengan berjemur di bawah matahari selama kurang lebih 30 menit. Jika dilakukan secara rutin di pagi hari, hasilnya juga akan semakin maksimal.
<h3><strong>Membantu Menjaga Kesehatan Tulang Tubuh</strong></h3>
Selanjutnya, sinar matahari pagi jika ampuh dalam membantu menjaga kesehatan tulang tubuh Anda. Hal tersebut dikarenakan matahari pagi memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk tulang. Dan manfaat dari Vitamin D sendiri adalah untuk menguatkan otot tubuh beserta tulangnya sehingga terhindar dari osteoporosis. Meski penyakit ini banyak menyerang orang tua, namun tidak menutup kemungkinan Anda yang mudah juga terserang. Maka untuk memperkuat tulang dan otot Anda, sebaiknya berjemurlah di bawah matahari pagi selama kurang lebih 30 menit.
<h3><strong>Membantu Turunkan Risiko Kanker</strong></h3>
Selanjutnya, sinar matahari pagi ternyata juga ampuh di dalam membantu menurunkan risiko kanker. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin yang terdapat pada matahari. Khususnya adalah untuk jenis kanker prostat dan payudara. Matahari pagi tersebut mampu meminimalisir munculnya kanker bahkan dalam jangka panjang. Kanker sendiri disebabkan karena tumbuhnya sel yang tidak terkendali di dalam tubuh. Nah, salah satu solusi mudahnya ya dengan berjemur.
<h3><strong>Membantu Lancarkan Sirkulasi Darah</strong></h3>
Cahaya matahari pagi ternyata juga sangat ampuh di dalam membantu lancarkan sirkulasi darah. Pembuluh kapiler akan berjalan sebagaimana perannya yang normal dan dengan demikian nutrisi serta oksigen bisa sampai kepada jantung secara maksimal. Dengan sirkulasi darah yang lancar, tubuh Anda juga akan menjadi lebih sehat. Aktifitas sehari-hari juga akan lebih tenang.
<h3><strong>Membantu Cegah Depresi</strong></h3>
Manfaat sinar matahari pagi selanjutnya adalah aktif dalam membantu mencegah depresi. Meski depresi adalah salah satu jenis gangguan yang kaitannya dengan kejiwaan seseorang, namun sinar matahari cukup efektif lho dalam mengatasinya. Hal tersebut lantaran sinar matahari pagi mampu merangsang kelenjar endorphin yang bisa membuat seseorang merasa tenang serta bahagia. Cara ini terbukti cukup efektif dalam mengatasi depresi seseorang akibat kegagalan dan lain sebagainya.
<h3><strong>Membantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh</strong></h3>
Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, sinar matahari ternyata juga bermanfaat di dalam meningkatkan imunitas tubuh dan juga mencegah munculnya penyakit dari luar. Imunitas tubuh memang rentan mengalami penurunan karena berbagai sebab misalnya kelelahan dan sebagainya. Nah, salah satu cara peningkatannya adalah dengan memanfaatkan sinar matahari pagi yang akan membuat sel darah putih Anda menjadi lebih banyak. Nantinya, sel darah putih tersebut akan aktif melawan bakteri dan menjaga kesehatan tubuh Anda.
<h3><strong>Menjadikan Tidur Anda Lebih Nyenyak</strong></h3>
Jika setiap pagi Anda berjemur di bawah sinar matahari secara rutin, maka tidur Anda pun akan menjadi lebih nyenyak. Hal itu dikarenakan matahari mampu mengaktifkan melatonin di dalam tubuh Anda yang merupakan hormon pengatur tidur . Hormon ini letaknya ada pada otak.
<h3><strong>Membantu Lancarkan Sistem Pencernaan</strong></h3>
Selain itu, sinar matahari pagi ternyata juga ampuh di dalam membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Zat makanan di dalam tubuh tidak bisa diserap dengan baik jika pencernaan tidak lancar. Nah, salah satu cara mudah untuk melancarkannya adalah dengan berjemur di bawah matahari pagi. Dengan demikian, lemak yang menumpuk di dalam tubuh akan terbakar.
<h3><strong>Membantu Keluarkan Racun dari Tubuh</strong></h3>
Sinar matahari pagi juga ampuh di dalam membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal itu karena sinar matahari mampu membantu lancarkan proses detoksifikasi tubuh. Dengan demikian, fungsi hati Anda akan mengalami peningkatan dan racun di dalam tubuh itu nantinya akan dikeluarkan bersamaan dengan keluarnya urine.

Itu tadi ulasan tentang manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan yang bisa dijadikan sebagai rutinitas yang baik setiap hari. Semoga bermanfaat.

.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply