Religi

9 Manfaat Sedekah yang Harus Kamu Ketahui

Sedekah memiliki arti yang luas sehingga salah bila kamu berfikir bahwa sedekah hanya uang sisa dari penghasilan yang kita sumbangkan kepada orang yang membutuhkan. Karena ternyata, memberi nafkah seorang istri pun termasuk ke dalam sedekah bagi para suami, bahkan sedekah yang satu ini hukumnya wajib dan diutamakan. Dalam sebuah riwayat pun telah disebutkan senyum pun bagian dari sedekah. Sangat luas bukan?

Umat Islam dianjurkan banya-banyak bersedekah, bahkan bersedekah pada kerabat yang kita musihi atau mungkin musuh kita sendiri pun dianjurkan sebagai sedekah yang utama, sebab hal itu termasuk salah satu cara untuk menyambung silaturahmi.

“Sedekah yang paling utama adalah sedekah kepada kerabat yang memendam permusuhan.” (HR. Ahmad dan Thabrani)

Apakah kamu tahu apa saja manfaat dari sedekah? Lebih lengkapnya simak ulasan di bawah ini:

Manfaat Sedekah yang Harus Kamu Tahu

Menyembuhkan Penyakit

Apakah benar sedekah mampu menyembuhkan penyakit? Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (H.R. Ath-Thabrani)

Untuk itu, cobalah sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan dengan niat minta disembuhkan dari penyakit yang diderita karena sesungguhnya Allah Maha Pemberi Kesembuhan.

Tak cuma itu saja, menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Prof. David M Clelland, menunjukkan bahwa melakukan sesuatu yang positif untuk orang lain, misalnya memberi sedekah, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi lebih kuat dalam menghadapi penyakit. Untuk itu tidak ada salahnya memperbanyak sedekah untuk lebih menyehatkan diri kita.

Memberikan Rasa Bahagia dan juga Empati Sosial

Orang yang memberi sedekah akan merasa lebih bahagia dibanding dengan orang yang diberikan sedekah meski tetap sama-sama merasa bahagia. Hal ini sudah diperkuat dengan adanya penelitian. Penelitian ini berdasarkan studi yang diterbitkan oleh American Journal of Public Health di tahun 2013, bahwa orang yang membantu orang lain lebih terlindungi dari dampak negatif stress.

Tak hanya itu, dalam bukunya Allan Luks mengungkapkan bahwa dengan menolong orang lain yang membutuhkan dapat meringankan rasa sakit diri kita sendiri, memberikan rasa bahagia dan mengurangi stress.

Sebab, saat kita memberikan bantuan secara sukarela kepada orang lain dapat meningkatkan produksi hormon endorfin, hal ini sangat baik untuk kesehatan jiwa kita. Penelitian yang satu ini telah dilakukan oleh Allan Luks dengan melibatkan 3000 sukarelawan, danhasilnya 90% dari sukarelawan tersebut merasakan manfaat positif dari berbagi dengan orang lain.

Memperpanjang Usia dan Meringankan Saat Sakaratul Maut

Jelasnya sakaratul maut telah dijelaskan dibanyak ayat Al-Qur’an dan hadist. Untuk itulah kita harus memperbanyak sedekah karena dapat meringankan saat sakaratul maut.

Bersedekah dapat meringankan rasa sakit saat sakaratul maut. Hal ini telah dijelaskan oleh Rasullullah dalam sebuah hadist. Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dari seorang Muslim meningkatkan (hartanya) dimasa kehidupannya. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (Sakratulmaut), dan melaluinya (sedekah) Allah menghilangkan perasaan sombong dan egois. (Fiqh-us-Sunnah vol. 3, hal 97)

Mendekatkan Pada Terkabulnya Hajat

Bagi kamu yang ingin rencana suatu hal dapat terwujud, maka banyak sedekahlah kepada mereka yang membutuhkan.

“Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya.” (Hadist Qudsi)

Menolak Bencana

Hal ini tentu saja dapat melindungi kamu dari hal-hal yang tidak diingkan. Untuk itu perbanyaklah sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan, dan jangan sampai kamu melalaikan keutamaan bersedekah. Hal ini pun telah diungkapkan dalam beberapa hadits.

Hadits lainnya, “Bersegeralah bersedekah! Sebab, musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Menambah Rezeki

Beberapa hadist menyebutkan bahwa sedekah dapat menambah rezeki yang kamu dapatkan, bahkan sedekah dapat membawa keberkahan pada rezekimu.

Dalam salah satu hadits Qudsi, Allah berfirman: “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” (H.R. Muslim)

Mendapat Naungan Saat Hari Kiamat Tiba

Sedekah merupakan salah satu payung yang dapat menaungi kita di hari kiamat nanti. Namun sedekahnya dengan cara rahasia, sampai-sampai tangan kirinya tak tahu apa yang telah dilakukan oleh tangan kanannya.

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, 3484)

Memperkuat Keimanan

Ibadah merupakan sarana yang artinya suatu pengabdian yang dilakukan oleh seorang hamba pada Tuhannya. Selain itu, bersedekah dalam agama merupakan salah satu perintah bagi umat muslim. Bersedekahlah  dengan niat ibadah kepada Allah, maka dapat menumpuk rasa keimanan kita pada Allah. Hal ini tidak jauh berbeda dari manfaat qurban yang mengajarkan kita dalam berbagi kebahagiaan.

Mestabilkan Ekonomi dan Mencegah Kemungkaran

Bila sedekah merupakan harta yang dikelola dengan baik dan juga didistribusikan dengan baik pula, maka secara tidak langsung dapat menstabilkan perekonomian dan juga kesenjangan antara yang kaya dan miskin. Tentunya, mereka yang kaya akan membantu yang miskin. Hal ini tentu dapat mempertipis kesenjangan sosial dan bahkan mengurangi kemiskinan.

Itulah sedikit uraian dari manfaat sedekah yang harus kamu tahu. Semoga informasi di atas dapat memberikan banyak manfaat untuk kamu. (elevenia)

Leave a Reply