Sports /Hobi /Otomotif

9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olah Raga

Jangan Lupa Share ya

Olah raga merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Dan yang terpenting adalah, melakukan pemanasan sebelum olah raga bisa meminimalisir risiko terjadinya cidera. Banyak orang yang belum tahu bahwa pemanasan sebelum olah raga ternyata memiliki manfaat yang cukup beragam. Nah, pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai manfaat pemanasan sebelum olah raga yang akan Anda dapatkan.

Beberapa Manfaat Pemanasan Sebelum Berolah Raga

Membantu Mengurangi Asam Laktat

Manfaat pemanasan sebelum olah raga yang pertama adalah membantu mengurangi jumlah Asam Laktat. Penting untuk diketahui bahwa asam laktat akan mengalami peningkatan ketika Anda melakukan kegiatan fisik seperti olah raga. Dan akan berbahaya bagi tubuh jika kandungan Asam Laktatnya terlalu banyak. Dan ini bisa menyebabkan Anda mengalami nyeri otot. Nah, dengan melakukan pemanasan sebelum olah raga, Anda akan bisa mengurangi kandungan Asam Laktat tersebut.

Membantu Melebarkan Pembuluh Darah

Selanjutnya, pemanasan sebelum olah raga ternyata bisa membantu melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang semakin lebar akan mengurangi beban kerja dari jantung. Selain itu ia juga akan bisa mencegah tersumbatnya aliran darah. Nah, pemanasan di sini sangatlah penting sebagai upaya untuk mencegah munculnya jantung koroner. Sehingga, usahakan selalu melakukan pemanasan sebelum olah raga.

Pembakaran Kalori Tubuh Menjadi Lebih Maksimal

Ketika Anda melakukan pemanasan sebelum olah raga, katakanlah antara lima sampai sepuluh menit, maka olah raga Anda akan menjadi lebih maksimal. Khususnya untuk proses pembakaran kalori tubuh. Ini akan sangat membantu Anda yang tengah berusaha menurunkan berat badan dan proses diet. Dengan begitu, berat badan Anda juga akan menjadi seimbang.

Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat pemanasan sebelum olah raga yang lain adalah untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh. Peredaran darah yang lancar akan meningkatkan kesehatan Anda. Sehingga usahakan selalu rutin melakukan pemanasan sebelum Anda berolah raga. Dengan peredaran darah yang lancar, suplai oksigen dalam tubuh Anda juga akan semakin optimal. Dengan begitu, kesehatan Anda akan meningkat pula.

Membantu Mengurangi Risiko Cidera

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, pemanasan sebelum olah raga ternyata juga bisa mengurangi risiko cidera. Ini sangat penting untuk diperhatikan. Penting untuk diketahui bahwa pemanasan yang Anda lakukan entah itu selama sepuluh atau lima belas menit bisa meningkatkan aliran darah ke otot. Ini sangat ampuh untuk mengurangi risiko cidera dan juga mengurangi ketegangan pada otot. Karena seseorang yang berolah raga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu akan membuat otot-otot mereka menjadi kaku dan sakit usai berolah raga. Dan otot yang kaku tentu membuatnya kurang fleksibel dan sulit untuk digerakkan saat olah raga.

Menjadikan Tubuh Elastis dan Fleksibel

Selanjutnya, pemanasan terlebih dahulu sebelum olah raga akan membuat tubuh Anda lebih elastis. Otot dan tubuh Anda akan menjadi elastis ketika melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olah raga. Hal ini sangat penting di dalam mengurangi risiko terjadinya kram otot serta masalah yang lainnya. Di samping itu, dengan melakukan pemanasan, olah raga Anda juga akan semakin optimal. Juga meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Mental Anda akan Lebih Siap

Manfaat dari pemanasan sebelum olah raga selanjutnya adalah untuk menjadikan mental lebih siap. Untuk menjalankan suatu kegiatan atau aktifitas yang cukup berat seperti olah raga, Anda harus mempersiapkan mental dengan baik terlebih dahulu selain mempersiapkan badan Anda dengan baik. Hal itu dikarenakan, kondisi mental Anda yang kurang siap akan menyebabkan terjadinya stress dan bisa berakibat melemahnya kekebalan tubuh Anda. Inilah yang menyebabkan seseorang rentan terhadap cidera saat berolah raga. Oleh karena itu, usahakan selalu melakukan pemanasan sebelum olah raga.

Membuat Lebih Semangat

Selain itu, pemanasan yang Anda lakukan sebelum berolah raga akan membuat diri Anda semakin semangat beraktifitas. Ini memberikan manfaat psikologis tersendiri pada diri Anda dimana Anda akan bisa menjadi lebih baik. Dengan pemanasan pikiran Anda juga akan semakin rileks dan tertata. Selain itu, juga akan bisa mengubah mood Anda menjadi lebih baik.

Itulah uraian mengenai manfaat pemanasan sebelum olah raga yang akan Anda dapatkan. Dengan membiasakan diri melakukan pemanasan sebelum olah raga, dijamin Anda akan lebih sehat dan olah raganya menjadi lebih sempurna. Untuk hasil maksimal, Anda harus melakukan pemanasan secara rutin sebelum berolah raga. Semoga mencoba!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply