Beauty & Health

9 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Dalam masa kehamilan tentu saja banyak sekali kebutuhan nutrisi dan berbagai makanan penunjang yang bisa membantu kelancaran persalinan maupun pertumbuhan buah hati dari dalam. Dalam hal ini, di usia kehamilan 9 bulan tentu saja banyak hal penting yang biasa di lakukan untuk mendukung kelahiran lebih lancar lagi. Untuk itu, tidak heran jika ada banyak saran makanan untuk di konsumsi oleh ibu hamil 9 bulan.

Nah, salah satu makanan yang sangat di sarankan dalam hal ini tidak lain adalah kurma. Kurma sendiri merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan penting. Oleh karena itu, sangat baik pula untuk ibu hamil, terutama di usia kehamilan yang sudah cukup tua. Nah, jika Anda penasaran apa saja manfaatnya, silahkan langsung simak ulasannya berikut ini.

Membantu Memicu Kontraksi Dalam Persalinan

Kontraksi ibu hamil ini biasanya membutuhkan hormon oksitosin sehingga bisa lebih cepat. Nah, untuk kebutuhan hormon tersebut, dalam hal ini kurma memiliki jenis yang sangat mirip sehingga bisa memicu kontraksi juga. Oleh karena itu bagi ibu hamil yang sudah hampir melahirkan mengkonsumsi kurma memang sangat baik. Dengan kontraksi yang segera terasa, maka buah hati pun bisa lebih cepat keluar dengan lancar.

Membantu Bukaan Mulut Rahim Lebih Cepat

Selain dalam hal kontraksi, mengkonsumsi kurma dalam usia hamil tua juga memberikan manfaat yang sangat penting mengenai jalan keluar bayi. Dalam hal ini kandungan dalam kurma akan membantu lebih cepatnya mulut rahim terbuka. Semakin cepat bukaan terjadi, maka akan semakin baik. Karena jika prosesnya terlalu lama, selain sakit, keluarga pun juga harus menunggu lama.

Mengurangi Risiko Pecah Ketuban

Air ketuban yang pecah tentu saja bukanlah kabar yang baik. Bahkan sebisa mungkin ini harus di hindari. Nah, salah satu cara terbaik untuk mengurangi resik pecahnya air ketuban ini tidak lain adalah banyak-banyak mengkonsumsi kurma saat usia kandungan sudah memasuki bulan ke 9. Hal ini akan sangat membantu lancarnya kelahiran Anda.

Sebagai Sumber Serat

Ibu hamil sangat membutuhkan serat untuk menunjang kelancaran melahirkan. Dalam hal ini kurma bisa menjadi sumber serat bagi kehamilan Anda. Selain itu dengan banyak mengkonsumsi serat, maka ibu hamil bisa lebih lancar pencernaannya. Penyerapan nutrisi oleh sang bayi pun juga akan semakin baik.

Kaya Akan Protein

Tidak dapat di pungkiri bahwasanya di dalam kurma terkandung yang namanya protein bernama asam amino. Dalam hal ini, ibu hamil tua pun juga sangat membutuhkan yang namanya asam amino. Oleh karena itulah, kurma sangat di sarankan untuk memenuhi asupan nutrisi bagi sang bumil.

Mengandung Potasium

Potasium adalah salah satu kandungan yang juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Dengan banyak-banyak mengkonsumsi potasium, maka tekanan darah menjadi terjaga. Selain itu, keseimbangan air dalam tubuh selama masa kehamilan juga akan ikut terjaga. Sedangkan potasium ini sangatlah banyak terkandung dalam buah kurma. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan potasium, silahkan Anda banyak-banyak mengkonsumsi kurma.

Menambah Zat Besi

Zat besi juga merupakan salah satu kandungan yang tidak kalah penting untuk tubuh, terutama bagi ibu hamil. Dalam hal ini, zat besi juga sangat baik untuk sang buah hati yang ada dalam kandungan. Dalam hal ini zat besi sangat banyak pula terkandung dalam buah kurma yang sangat di sarankan untuk ibu dalam usia kehamilan 6 bulan ini.

Memberikan Kandungan Vitamin K Yang Cukup

Ibu hamil juga tidak kalah penting untuk memenuhi kebutuhan kandungan vitamin K. Nah, jika Anda bingung di mana bisa mendapatkannya, kurma juga merupakan jawaban dalam hal ini. Manfaat vitamin K pada ibu hamil ini diantaranya adalah bisa membantu menghentikan pendarahan dan pembentukan tulang pada bayi.

Masih Banyak Nutrisi Lainnya

Selain berbagai nutrisi yang telah di sebutkan diatas, masih banyak lagi kandungan nutrisi lain yang bisa Anda dapatkan dari kurma. Diantaranya seperti magnesium, folat, fruktosa, dan lain sebagainya. Berbagai nutrisi ini juga tidak kalah penting untuk para ibu hamil tua.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat kurma yang bisa Anda dapatkan ketika kehamilan menginjak usia 9 bulan. Tidak dapat di pungkiri lagi, kurma memang merupakan makanan sehat dengan nutrisi yang melimpah. Bahkan, baik untuk ibu hamil maupun tidak, kurma pun sangatlah di sarankan untuk di konsumsi. (elevenia)

Leave a Reply