Beauty & Health, Home /Food

9 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Ikan salmon sudah sangat populer diberbagai Negara khususnya di Indonesia. Karena ikan ini hidup di Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Nah, untuk mendapatkan ikan salmon ini, Anda tidak perlu lagi mencarinya hingga ke laut atau membelinya langsung dari pelayan.

Karena saat ini ikan salmon atlantik sudah banyak dibudidayakan. Ikan yang termasuk ke dalam spesies anadromousini ini mempunyai rasa yang sangat lezat. Selain lezat, manfaat ikan salmon juga sangat beragam dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Ikan salmon cukup populer dan disukai banyak orang karena dagingnya mempunyai tekstur yang lembut dan rasanya sudah dijamin enak, selain itu ikan salmon juga mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Ikan salmon sering dianggap sebagai super food, karena manfaat ikan salmon sangat banyak dan bergizi, yang sangat baik untuk kesehatan bagi tubuh. Terdapat beberapa Kandungan di dalam ikan salmon seperti omega 3, vitamin A B D dan E, vitamin B6, protein kualitas tinggi, asam amino, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan fosfor.

Beragam Manfaat Ikan Salmon

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 dan asam amino yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata, mampu meningkatkan daya lihat, serta bisa mengatasi masalah mata kering dan masalah keletihan mata. Mengonsumsi salmon seminggu 2 kali, mampu menurunkan risiko penyakit mata kronis yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

  1. Melindungi Kulit

Selain berguna untuk menjaga kesehatan mata, Asam lemak Omega-3 selain juga bisa membantu melindungi kulit dari sinar matahari, sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih awet.

Selain itu, mengonsumsi salmon ternyata mempunyai ketahanan tubuh yang lebih kuat dari paparan sinar matahari terhadap kulit. Sehingga mengkonsumsi ikan salmon dengan rutin sangat bagus dalam mencegah kulit terkena kanker.

  1. Memaksimalkan fungsi otak

Kandungan gizi pada ikan salmon dapat mendukung perkembangan otak, terutama pada usia anak-anak Ikan salmon mengandung vitamin A dan asam amino yang berkhasiat untuk merangsang aktifitas otak. Kandungan asam lemak omega-3 ternyata juga bisa mencegah timbulnya penyakit stroke dan kolesterol tinggi.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Ikan salmon yang mengandung Omega-3 juga bermanfaat menjaga kondisi mood dan meminimalisir terjadinya depresi. Dengan kondisi psikologi yang baik, membuat kemampuan konsentrasi menjadi lebih baik.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan yang terdapat pada ikan Salmon bisa mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dan bisa mempertahankan kelenturan pembuluh darah. Sehingga bisa mencegah terjadinya serangan jantung, mencegah tekanan darah tinggi, dan menguatkan otot jantung.

  1. Menurunkan risiko diabetes

Ikan salmon mengandung Asam lemak omega-3, vitamin D dan juga selenium yang bisa membantu meningkatkan kerja insulin agar bisa mengontrol kadar glukosa di dalam darah. Berdasarkan penelitian yang dari American Journal of Nutrition, bahwa Asam lemak Omega-3 yang terdapat dalam ikan salmon bisa membantu menurunkan risiko penyakit diabetes.

  1. Mengendalikan Berat Badan

Ikan salmon bisa dijadikan sebagai pilihan alternative bagi orang yang ingin diet, karena kandungan lemak pada ikan salmon bisa menimbulkan rasa cepat kenyang. orang yang mengkonsumsi salmon beberapa kali dalam seminggu bisa menurunkan berat badan. Selain ikan salmon sebagai sumber protein yang tinggi, ikan salmon juga mempunyai kandungan kalori yang rendah, sehingga kandungan yang terdapat di dalam ikan salmon tidak akan memberikan efek gemuk.

Kandungan ikan salmon ternyata juga bisa membantu untuk mempercepat metabolisme dalam tubuh sehingga bisa meminimalisir terjadinya tumpukan lemak yang berlebih di dalam tubuh.

  1. Membentuk otot

ikan salmon yang mengandung protein yang sangat tinggi sebenarnya memang tidak bisa dicerna dengan mudah. tetapi, kandungan protein ini sangat bermanfaat yaitu bisa membentuk otot untuk membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh semakin maksimal.

  1. Pencegahan Kanker

Ikan salmon mengandung Vitamin D yang sudah terbukti mempunyai peran sangat penting dalam menurunkan risiko kanker seperti kanker payudara dan lain-lain. Ketika tubuh memperoleh asupan omega-3, terbukti kelenjar getah sel yang mendukung timbulnya masalah kanker, seperti leukemia, multiple myeloma, dan non-Hodgkins limfoma bisa dilawan.

Demikian ulasan mengenai 9 manfaat ikan salmon untuk kesehatan. Dengan beragam manfaat yang dimiliki ikan salmon ini, tidak heran jika banyak orang yang sangat menyukai ikan salmon. Semoga artikel ini bermanfaat dan semakin menambah wawasan Anda. (elevenia)

Leave a Reply