Beauty & Health

9 Manfaat Biji Nangka bagi Kesehatan Tubuh

Jangan Lupa Share ya

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya buang nangka. Dagingnya yang berwarna kuning ini sangatlah nikmat. Bahkan ketika mentah, daging ini juga bisa digunakan untuk sayur. Dibalik kelezatan dagingnya, ternyata terdapat manfaat baik biji nangka untuk kesehatan tubuh. Sehingga tidak heran jika banyak sekali orang-orang yang sangat minat mengkonsumsi buah nangka dan tidak pernah bosan.

Jika Anda sudah mengetahui nangka pasti Anda juga tahu seperti apa bentuk biji nangka itu. Nangka merupakan buah dengan kulit yang berduri seperti durian, tetapi kulit nangka lebih empuk jika sudah matang dan kulit berubah warna menjadi kekuningan. Buah nangka banyak di temukan di berbagai negara terutama di indonesia yang termasuk negara dengan penuh kaya alam. Tetapi yang akan di bahas kali ini adalah bukan daging nangkanya tetapi biji nangkanya, beragam manfaat baik biji nangka ini sangat baik untuk kesehatan.

Beragam Manfaat Biji Nangka untuk Tubuh

Dibalik aroma dan kenikmatan dari buah nangka yang sangat menggoda, ternyata biji yang sering kali kita buang dengan sia-sia mengandung beragam manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut ini manfaatnya:

Melawan Kulit Kriput

Cara memanfaatkan biji nangka yaitu dengan cara mengambil biji nangka dan kemudian celupkan ke dalam susu untuk beberapa waktu. Kemudian usapkan dengan baik dan menerapkan dengan lembut pada kulit kriput Anda. Hal ini dikarenakan biji nangka bisa bekerja dengan baik pada kulit yang kriput jika diaplikasikan selama empat hingga lima dalam seminggu.

Membantu Mendapatkan Kulit yang Bersinar

Ternyata, tanpa diolah sekalipun, biji nangka bisa dikonsumsi secara langsung. Hal ini bisa mengatasi dan mencegah sembelit karena biji nangka tinggi akan konten serat.

Kulit Mulus

Biji nangka bisa digunakan untuk membuat kulit mulus. Yang perlu Anda lakukan dengan merendam biji nangka yang kering dengan susu atau madu, kemudian menggilingnya hingga menjadi pasta yang halus. Kemudian oleskan pasta tersebut pada wajah Anda secara merata dan biarkan hingga sepenuhnya kering. Kemudian cuci dengan air bersih beberapa menit untuk mendapatkan kulit yang mulus.

Biji nangka dipercaya mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi. Bahkan, biji nangka bisa mengobati sejumlah penyakit.

Tinggi Protein

Biji nangka mengandung banyak protein. Agar lebih nikmat dalam mengonsumsinya, Anda bisa mengkonsumsi biji nangka dengan menambahkan susu atau madu atau ke tempat sajian, jika Anda memungkinkan untuk melakukannya agar lebih menarik tampilan biji nangka. Hal ini bisa menggantikan makanan dalam diet harian Anda.

Nutrisi Anti Kanker

Biji nangka mempunyai banyak kandungan fitonutrein yang bisa membantu melawan kanker. Hal ini sangat bagus untuk dikonsumsi bagi Anda yang mempunyai penyakit kanker untuk terapi yang terbaik dan yang paling tepat.

Comfort Gangguan Pencernaan

Biji nangka dalam bentuk bubuk bisa membantu Anda melawan berbagai gangguan dalam pencernaan. Untuk mendapatkan bubuk biji nangka, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengeringkan biji nangka di bawah panas matahari. Setelah biji nangka benar-benar kering, kemudian digiling hingga halus dan di jadikan sebuah bubuk. Selain untuk melawan berbagai gangguan dalam pencernaan, biji nangka juga bagus untuk rambut.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Selain rasanya yang nikmat, biji nangka juga bermanfaat untuk meningkatkan srikulasi darah yang sehat. Sekarang sirkulasi darah ini untuk mendukung pertumbuhan rambut yang baik.

Vitamin A

Pada dasarnya, tubuh memang membutuhkan berbagai nutrisi seperti mineral dan vitamin yang cukup agar tubuh bisa tetap sehat. Biji nangka mengandung vitamin A. vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh Karena sangat penting untuk kesehatan rambut dan bahkan mencegah rambut kering dan rapuh.

  1. Pencernaan sehat

Pencernaan tubuh yang sehat juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut yang baik. Bahkan, jika sistem pencernaan Anda bermasalah maka hal tersebut akan mempengaruhi hati Anda yang bisa menimbulkan rambut rontok. Nangka dan bijinya sama-sama mempromosikan pencernaan yang sehat.

Demikian ulasan mengenai 9 manfaat biji nangka bagi kesehatan tubuh. Itulah beberapa manfaat yang tersedia pada biji nangka dan manfaat yang sangat penting dan dibutuhkan untuk tubuh. Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda tidak membuang biji nangka dengan percuma. Semoga artikel ini menyadarkan Anda betapa pentingnya biji nangka yang biasanya dibuang sia-sia. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply