Pertanyaan Populer, Uncategorized

9 Kota Terbesar di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

Jangan Lupa Share ya

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari kepulauan. Sehingga luas antara kota yang satu dengan lainnya tentu saja tidak sama. Beberapa kota di Indonesia memiliki wilayah yang cukup luas. Setiap wilayah memiliki potensi sendiri-sendiri yang tentunya menjadi cirikhas dari daerah tersebut. Nah, kali ini kami akan mengulas tentang kota-kota terbesar yang ada di Indonesia.

Daftar nama kota terbesar di negara Indonesia

Berikut 9 kota terbesar di Indonesia yang harus Anda ketahui.

  1. Palangkaraya

Palangkaraya memiliki luas wilayah 2.400 km persegi. Kota ini merupakan ibukota provinsi dari Kalimantan Tengah. Jumlah penduduk yang berdiam di kota ini sekitar 376.647 jiwa, dengan kepadatan jumlah penduduk mencapai 97 jiwa per km persegi. Kota ini terbagi menjadi 5 kecamatan, yaitu Bukit Batu, Jekan Raya, Pahandut, Rakumpit, dan Sebangau.

  1. Dumai

Kota ini merupakan salah satu kota yang terletak di pesisir timur Provini Riau. Dumai memiliki luas wilayah 2.039 km persegi. Jumlah penduduk yang tinggal di kota ini sekitar 350.678 jiwa, dengan kepadatan penduduk mencapai 0,2 jiwa per km persegi. Kota ini terbagi menjadi 7 kecamatan, yaitu Dumai Timur, Dumai Barat, Dumai Selatan, Dumai Kota, Bukit Kapur, Suangai Sembilan, dan Medang Kampai. Setiap kecamatan di kota ini terbagi menjadi 13 kelurahan.

  1. Tidore Kepulauan

Kota ini merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Maluku Utara, terpatnya di pulau Halmahera dan pulau Tidore. Tidore memiliki luas wilayah 1.550 km persegi. Jumlah penduduk yang menempati lokasi in sekitar 48.678 jiwa, dengan kepadatan pnduduk mencapai 63 jiwa per meter persegi. Kota ini terbagi ke dalam 8 kecamatan, yaitu Tidore, Tidore Utara, Tidore Selatan, Tidore Timur, Oba, Oba Tengah, Oba Utara, dan Oba Selatan.

  1. Subulussalam

Kota ini merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi aceh, awalnya Kota Subulussalam ini adalah pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil. Subulussalam memiliki luas wilayah 1.391 km persegi. Jumlah penduduk di kota ini sekitar 67.446 jiwa, dengan kepadatan penduduk mencapai 48 jiwa per km persegi. Kota Subulussalam dibagi menjadi 5 kecamatan, yaitu Sultan Daulat, Penanggalan, Longkib, Rundeng, dan Simpang Kiri.

  1. Sorong

Kota ini terletak di provinsi Papua Barat. Sorong memiliki luas wilayah 1.150 km persegi. Jumlah penduduk yang mendiami kota ini seekitar 306.688, dengan kepadatan penduduk mencapai 173 jiwa per km persegi. Kota Sorong ini terbagi menjadi 10 kecamatan, yaitu Sorong, Sorong Kepulauan, Sorong Barat, Sorong Timur, Sorong Utara, Sorong Kota, Sorong Manoi, Malaimsimsa, Maladom Mes, dan Klaurung.

  1. Jayapura

Kota ini merupakan ibukota provinsi Papua, wilayahnya terdiri dari perbukitan dan hutan lindung, namun di bagian perkotaan kota ini memiliki cukup banyak penduduk. Luas wilayah di Jayapura 940 km persegi. Jumlah penduduk di kota ini sekitar 613.227 jiwa, dengan kepadatan penduduk mencapai 652 jiwa per km persegi. Jayapura terbagi menjadi 5 kecamatan, yaitu Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram, dan Muara Tami.

  1. Samarinda

Kota ini mrupakan ibukota provinsi Kalimantan Timur. Memiliki luas wilayah 718 km persegi. Jumlah penduduk di kota ini sekitar 812.597 km persegi, dengan kepadatan penduduk mencapai 1,131 jiwa per km persegi. Samarinda terbagi menjadi 10 kecamatan, yaitu Samarinda Kota, Samarinda Ilir, Samarinda Ulu, Samarinda Seberang, Samarinda Utara, Palaran, Loa Jalan Ilir, Sungai Kujang, Sungai Pinang, dan Sambutan.

  1. Batam

Kota ini terletak di Propivinsi Riau, yang termasuk dalam wilayah Kota Batam, yaitu Pulau Batam, Pulau Galang, Pulau Rempang, dan pulau-pulau di sekitar kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka. Luas wilayah kota ini 715 km persegi. Jumlah penduduk yang menmpati kota ini sekitar 1.0337.187 jiwa, memang cukup padat. Batam terbagi ke dalam 12 kecamatan, yaitu Batam Kota, Batu Aji, Batu Ampar, Bengkong, Nongsa, Skupang, Galang, Bulang, Sagulung, Lubuk Baja, Sungai Beduk, dan Belakang Padang.

  1. Padang

Merupakan kota yang paling besar di Sumatera Barat, juga termasuk ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Kota ini memiliki luas wilayah 694 km persegi. Jumlah penduduk di kota ini sekitar 902.413 jiwa, membuat kota ini menjadi salah satu kota terpadat di Sumatera. Kota paa ini terbagi menjadi 11 kecamatan, yaitu Padang Barat, Padang Timur, Padang Selatan, Padang Utara, Pauh, Koto Tangah, Nanggalo, Lubuk Kilangan, Kuranji, Lubuk Begalung, dan Bungus Teluk Kabung.

Itulah beberapa kota terbesar di Indonesia yang harus kamu ketahui. Beberapa kota tersebut memiliki luas wilayah yang cukup besar dengan kepadatan tertentu. Belum banyak oang yang tahun bahwa 9 kota tersebut merupakan kota yang memiliki luas wilayah cukup besar. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply