Mother & Baby

9 Jenis Makanan yang Harus dihindari Ibu Hamil

Jangan Lupa Share ya

Ketika hamil semua memang tidak sama seperti pada saat tidak hamil. Beberapa hal memang harus lebih diperhatikan lagi. Salah satu yang harus diperhatikan ketika hamil, yaitu makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Kali ini kami akan membahas beberapa makanan yang harus dihindari ibu hamil karena dapat menyebabkan beberapa dampak buruk.

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Tidak semua makanan ternyata dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada beberapa makanan sebaiknya memang tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil yang harus kamu ketahui…

Keju Lembut

Makanan yang harus dihindari ibu hamil pertama adalah keju lembut. Sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi keju lembut, tetapi dapat mengonsumsi keju yang telah melalui proses mematikan bakteri merugikan (pasteurisasi), seperti keju cheddar atau keju parmesan. Selain itu, ibu hamil juga dapat memilih untuk memakan keju brie, keju susu kambing, keju biru denmark, roquefort, camembert, gorgonzola, dan lainnya asalkan keju yang sudah melalui tahap pasteurisasi itu tadi. Karena keju yang belum melalui proses pasteurisasi biasanya masih mengandung bakteri listeria (bakteri yang dapat menyebabkan infeksi terhadap ibu hamil).

Daging dan Ikan

Makanan kedua yang harus dihindari ibu hamil yaitu daging dan ikan mentah atau setengah matang. Apabila keju lembut harus melalui tahap pasteurisasi terlebih dahulu sebelum dimakan oleh ibu hamil, daging dan ikan juga demikian. Daging dan ikan ini harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh ibu hamil. Pastikan daging tersebut sudah benar-benar masak (daging sudah tidak berwarna merah muda). Ikan juga demikian, sebaiknya ibu hamil menghindari memakan ikan asap. Karena ikan asap dan daging yang belum belum dimasak kemungkinan mengandung bakteri dan toxoplasma yang dapat menyebabkan infeksi.

Sushi Mentah

Mungkin pernah kamu jumpai, sushi yang disajikan dalam bentuk mentah dan tidak melalui proses agar aman dimakan, seperti melalui pembekuan atau proses khusus lainnya. Itu adalah salah satu makanan yang harus dihindari ibu hamil, karena sangat mungkin sushi mentah masih mengandung parasit, sehingga akan menyebabkan penyakit kepada ibu hamil.

Jus Peras Segar

Jus peras segar memang memiliki banyak sekali manfaat, namun sebaiknya ibu hamil sebisa mungkin untuk tidak mengonsumsi jus itu, karena ternyata jus segar terkadang mengandung bakteri ecoli dan salmonella yang tidak baik untuk ibu hamil. Untuk mengganti jus segar ibu hamil dapat membeli jus dalam kemasan yang sudah melalui proses pateurisasi terlebih dahulu.

Ikan Tinggi Merkuri

Ikan memang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Namun, ibu hamil tidak boleh sembarangan untuk memakan jenis ikan apapun. Ada beberapa ikan yang sebaiknya dihindari ibu hamil, semisal ikan hiu, ikan mackerel, ikan tile-fish, dan ikan swordfish. Namun, bukan berarti ibu hamil tidak bisa mengonsumsi ikan, ikan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu ikan tuna, ikan cod, dan ikan salmon. Pastikan juga ibu ikan-ikan tersebut dikonsumsi ibu hamil dalam bentuk yang benar-benar sudah masak.

Buah dan Sayur Segar

Buah dan sayur memiliki manfaat yang sangat bagus untuk ibu hamil, namun sebelum dimakan hendaknya ibu hamil untuk mencuci hingga bersih beah dan sayur tersebut.

Telur Mentah

Ternyata telur mentah tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena telur mentah kemungkinan mengandung bakteri yang tidak baik untuk kandungan. Apabila ibu hamil ingin mengonsumsi telur, sebaiknya telur dimasak terlebih dahulu agar bakteri-bakteri yang terkandung di dalamnya mati.

Kelebihan Kafein

Makanan atau minuman yang mengandung kafein tentu saja tidak baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil mengurangi konsumsi minuman seperti soda, kopi, teh, dan cokelat, karena minuman tersebut mengandung zat yang tidak baik untuk janin. Boleh dikonsumsi namun dalam jumlah yang sedikit, maksimal 200 gram per hari.

Alkohol

Makanan terakhir yang harus dihindari ibu hamil yaitu alkohol. Makanan atau minuman yang mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi sangat tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena hal itu dapat menyebabkan berbagai permasalahan, seperti keguguran, berat bayi rendah, kelahiran prematur, dan lainnya.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari ibu hamil. Makanan-makanan tersebut harus dihindari karena memiliki potensi yang tidak baik untuk janin. Semoga bermanfaat. (elevenia)

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply