Religi

9 Fadhilah Surat Al Fatihah yang Wajib Diketahui Seorang Muslim

Jangan Lupa Share ya

Surat al fatihah merupakan salah satu surat yang memiliki banyak sekali fadhilah apabila dibaca. Allah telah menjanjikan banyak hal kepada yang mau membaca dan mengamalkan surat tersebut, seperti mengampuni segala dosa-dosanya, menerima segala kebaikan yang dilakukannya, selamat dari api neraka, terhindar dari murka Allah, mampu berjumpa dengan Allah, dan masih banyak lagi.

Agar Anda lebih mengetahui fadhilah surat al fatihah lebih lanjut kami akan memberikan beberapa paparan terkait hal itu.

Fadhilah Surat Al Fatihah

Fadhilah surat al fatihah memang banyak sekali, kamu tentu ingin mengetahui fadhilah apa saja yang akan kamu dapatkan apabila membaca surat al fatihah. Berikut ini akan kami uraikan beberapa fadhilah surat al fatihah yang harus kamu ketahui.

  1. Seluruh dosanya yang ada di dunia diampuni

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang terbebas dari dosa, semua orang pasti memiliki dosa, karena memang manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Maka dari itu, Allah telah menjanjikan akan mengampuni seluruh dosa seseorang yang mau membaca surat al fatihah.

  1. Kebaikan orang tersebut diterima oleh Allah

Fadhilah surat al fatihah selanjutnya yaitu Allah akan menerima setiap kebaikan yang dilakukan oleh seseorang tersebut. Kebaikan yang kita lakukan tentu saja akan menjadi tabungan amal perbuatan baik untuk kita. Perbuatan baik yang kita lakukan itu akan menolong kita besok di yaumul hisab nanti.

  1. Akan selamat mereka dari api neraka

Api neraka yang sangat panas tentu adalah sesuatu yang sangat mengerikan. Semua orang tentu tidak ada yang berharap menjadi salah satu penghuni dari neraka. Untuk itu Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang mau membaca surat al fatihah bahwa mereka akan selamat dari api neraka yang sangat panas.

  1. Akan terhindar dari murka Allah

Fadhilah surat al fatihah yang ke empat yaitu akan terhindar dari murka Allah. Murka Allah merupakan salah satu yang tntunya sangat kita hindari. Apabila Allah sudah murka terhadap kita, tentu kita tidak akan selamat dunia dan akhirat, sehingga ini sangat dihindari oleh setiap orang. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari murka Allah yaitu dengan banyak-banyak membaca surat al fatihah.

  1. Mampu berjumpa dengan Allah

Fadhilah surat al fatihah selanjutnya yaitu berjumpa dengan Allah. Hal ini adalah keinginan paling besar yang pasti diinginkan oleh setiap orang. Kita pasti sangat penasaran bagaimana sesungguhnya dzat yang telah menciptakan kehidupan ini, menciptakan manusia, hewan, tumbuhan, dan segala alam semesta ini.

  1. Terbebas dari azab ketika ia di kubur

Fadhilah surat al fatihah yang keenam yaitu terbebas dari azab kubur atau siksa kubur. Siksa kubur pasti sangatlah mengerikan apabila mengingat dosa-dosa yang telah banyak kita lakukan di dunia. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sebelum hari akhir, di dalam kubur kita akan mendapatkan azab atau balasan dari perbuatan yang telah kita lakukan selama di dunia.

  1. Terbebas dari kefakiran

Fadhilah surat al fatihah yang ketujuh yaitu terbebas dari kefakiran. Rumah yang sering digunakan untuk membaca surat al fatihah akan terhindar dari kefakiran. Jadi membaca surat al fatihah ini sangat berguna untuk menghindarkan keluarga dari sifat fakir, fakir dalam segala hal, baik fakir harta hingga fakir hati. Maka dari itu, sebaiknya rumah memang sering-sering digunakan untuk membaca al quran, terutama surat al fatihah.

  1. Keamanan kita terjaga

Apabila kita membaca surat al fatihah sebelum tidur maka kita akan aman dari segala hal, kecuali kematian. Kita akan terhindar dari segala bahaya apabila kita membaca surat al fatihah ini sebelum tidur. maka dari itu, sebaiknya sebelum tidur alangkah lebih baiknya untuk menyempatkan sedikit waktu untuk membaca surat al fatihah.

  1. Seperti seakan telah bersedekah emas

Fadhila surat al fatihah yang terakhir yaitu seperti seakan telah bersedekah emas. Untuk seorang yang memiliki kemampuan ekonomi yang terbatas apabila membaca surat al fatihah ini, pahala yang akan didapatkan sama dengan pahala bersedekah emas, tentu saking baiknya membaca surat ini, sehingga pahalanya disamakan dengan pahala membaca surat al fatihah.

Itulah mengapa kamu harus membaca surat al fatihah, surat memiliki banyak sekali fadhilahnya. Beberapa fadhilah tersebut tentu tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Jadi, mulailah setiap aktifitas dengan membaca surat al fatihah. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply