Home & Garden, Sports /Hobi /Otomotif

9 Cara Ternak Love Bird yang Harus Diketahui Pemula

Tidak dapat di pungkiri love bird merupakan salah satu burung yang memiliki bentuk sangat indah sehingga akan sangat menarik bagi Anda untuk memilikinya. Selain cantik, burung ini juga memiliki tingkah yang unik. Namun, untuk perawatannya tentu saja tidak mudah. Hal itulah yang membuat banyak orang ragu untuk memulai aktivitasnya dalam ternak love bird.

Nah, jika Anda tertarik juga untuk beternak love bird, maka harus mempelajari beberapa cara dan tips menarik yang bisa Anda jalankan. Terutama jika Anda masih merupakan pemula dalam hal ini. Anda pun tidak perlu khawatir karena cara tersebut sangatlah mudah dan tidak memerlukan banyak hal yang rumit. Sedangkan untuk informasi lebih lanjutnya, jangan khawatir karena bisa Anda temukan di sini. Dan untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasannya berikut tentang cara ternak love bird…

Siapkan Kandangnya

Sebelum Anda memulai untuk memelihara love bird ini, tentu saja Anda harus terlebih dahulu memiliki tempat tinggal untuk mereka. Oleh karena itu, sebagai langah pertama silahkan Anda siapkan kandang terlebih dahulu untuk mereka. Setelah itu barulah merencanakan untuk membawa pulang love bird Anda.

Beli Sepasang Love Bird yang Sehat dan Berkualitas

Jika kandangnya sudah siap, kini saatnya Anda membeli penghuni kandang yakni love birdnya. Dalam hal ini agar mereka bisa berkembang biak, maka jangan lupa untuk membelinya sepasang. Sedangkan dalam memilih, silahkan memilih yang paling berkualitas dan pastikan bahwa burung tersebut sehat sehingga bisa menghasilkan keturunan yang sehat pula.

Tunggu Hingga Mereka Siap Dikawinkan

Meskipun Anda membeli sepasang, jangan buru-buru di kawinkan terlebih dahulu. Perhatikan dulu berapa usianya dan seberapa jauh mereka saling mengenal. Jadi, silahkan Anda tunggu keduanya siap sehingga Anda perkawinannya akan berhasil.

Kawinkan Mereka Saat Sudah Waktunya

Nah, jika Anda sudah berhasil melakukan penantian yang cukup lama, kini saatnya Anda mengawinkan mereka. Jadi, jangan menunggu lebih lama lagi dan segera cari keturunan dari pasangan love bird Anda sehingga bisa memilikinya lebih banyak lagi. Jika perkawinan mereka nanti berhasil, maka induknya akan segera bertelur.

Jika Love Bird Anda Ada Banyak Pasang, Gunakan Banyak Kandang Pula

Nah, untuk memurnikan keturunan mereka, jangan lupa untuk memisah-misah kandang. Hal ini akan berlaku bagi Anda yang memelihara love bird dalam jumlah yang banyak. Jadi, misalkan Anda membeli dalam beberapa pasangan, silahkan di buatkan kandang sesuai jumlah pasangan yang Anda miliki. Dengan begitu kehidupan mereka pun akan lebih nyaman dan tidak akan saling mengganggu meskipun sebenarnya love bird ini tidak apa-apa jika di jadikan satu.

Beri Makan Mereka Secara Rutin

Langkah selanjutnya dalam cara ternak love bird yang harus Anda ketahui sebagai pemula ini adalah memberi makan pada mereka secara rutin. Dengan begitu mereka pun akan tumbuh dengan baik dan sehat. Makanan ini juga harus di sesuaikan dengan apa yang seharusnya mereka makan. Jadi, pertumbuhannya pun bisa sempurna sesuai yang Anda harapkan.

Jangan Terlalu Sering dilihat Saat Sudah Bertelur

Nah, ketika perkawinannya sudah di lakukan, maka dalam beberapa jangka waktu berikutnya, sang induk pun akan segera bertelur. Telur ini nantinya akan menetas jadi love bird pula. Namun ada satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika sang induk sudah bersama telurnya. Yakni jangan terlalu sering untuk mengunjungi dia karena saat dia mengerami terlur dan terlalu sering di kunjungi, tentu saja akan merasa terganggu.

Pisah Anak dari Induknya

Kini saatnya Anda menyiapkan kandang lagi ketika love bird sudah bertelur. Hal ini karena sesudah menetas, maka anak love bird harus segera dipisah dari induknya sehingga keadaannya pun semakin aman. Anda pun bisa semakin mudah memberikan perhatian khusus padanya.

Beri Makan Anak Love Bird

Jangan lupa juga untuk selalu memberi makan anak love bird secara rutin. Hal ini bertujuan agar anak love bird bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Nantinya dia pun bisa jadi induk dan terus dikembangbiakkan sehingga love bird Anda semakin hari jumlahnya pun akan semakin banyak.

Demikianlah ulasan mengenai cara ternak love bird yang bisa Anda tekuni dan Anda mulai dari sekarang. Setelah mengenalnya lebih jauh, Anda pun bisa memulai aktivitas ternak Anda dari sekarang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (elevenia)

Leave a Reply