Beauty & Health

9 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan seringkali seorang ibu akan mengeluh berat badannya naik dan melar. Nah, ini adalah hal yang sangat wajar pasca melahirkan. Anda tidak perlu panik karena ada cara mudah dan jitu untuk menurunkan berat badan sesudah melahirkan. Dan dalam hal ini tidak perlu memaksakan diri untuk berdiet ketat karena itu justru akan menyiksa Anda dan bayi Anda. Oleh karena itu lakukan beberapa hal di bawah ini sebagai cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang ampuh.

Cara Menurunkan Berat Badan Sehabis Melahirkan yang Ampuh

Bersabarlah

Hal pertama dan utama yang harus ditanamkan pada benak Anda saat mencoba menurunkan berat badan sesudah melahirkan adalah dengan bersabar. Mengapa demikian? Hal itu lantaran Anda harus menghindari berbagai diet ketat dan sebagainya. Karena itu berpotensi untuk membahayakan bayi Anda. Karena itu jangan menarget akan bisa turun berat badannya selama dua minggu selama beberapa minggu. Karena itu akan sangat menyiksa. Pelan-pelan saja Anda akan bisa mendapatkan berat badan ideal dan sempurna.

Makan Sering dengan Porsi Sedikit

Trik menurunkan berat badan setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan makan dengan sering namun kurangi porsi nya. Usahakan untuk tidak melewatkan sarapan supaya Anda bisa tetap kenyang dan menyusui dengan baik. Intinya adalah jangan sampai Anda melewatkan jam makan yang menyebabkan Anda merasa lapar dan tanpa sadar akan memilih jenis makanan dengan lemak yang tinggi.

Upayakan untuk Tidur yang Cukup

Selanjutnya, Anda harus tidur yang cukup saat dalam usaha menurunkan berat badan. Batas ideal tidur seseorang dalam sehari adalah delapan jam. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidur sekitar lima jam perhari memiliki potensi gemuk yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang biasanya tidur delapan jam per hari.

Perbanyaklah Bergerak

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan memperbanyak gerak. Untuk bisa menurunkan berat badan, Anda tidak perlu olah raga berat karena itu bisa membuat Anda menjadi kelelahan. Cukup dengan meletakkan bayi Anda di stroller kemudian dorong dengan jalan-jalan ringan. Ini akan mempercepat penurunan berat badan Anda sehabis melahirkan.

Banyak Konsumsi Air Putih

Selanjutnya Anda harus memperbanyak konsumsi air putih. Banyak orang yang kesulitan membedakan kapan ia lapar dan kapan ia haus. Nah, Anda pastinya akan merasa kenyang dan tidak ingin ngemil ketika sudah minum air putih. Caranya adalah usahakan untuk mengkonsumsi air putih setiap kali akan menyusui.

Usahakan Menyusui Bayi Anda

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, Anda sebaiknya juga semangat menyusui bayi sehabis melahirkan. Hal itu dikarenakan selain menyusui adalah aktifitas yang baik untuk kesehatan, ia juga sangat baik untuk mengecilkan bagian lingkar pinggang. Tidak sedikit orang menyusui yang mengaku sukses mengembalikan berat badan seperti sebelumnya. Kalori juga akan terbakar lebih banyak dengan kegiatan menyusui.

Pilihlah Camilan yang Tepat

Anda juga harus memilih jenis camilan yang tepat supaya bisa mengecilkan berat badan Anda. Ngemil tidak akan menjadi masalah pada berat badan asalkan Anda memilih jenis camilan yang pas. Nah, dalam hal ini Anda harus berusaha menghindari jenis makanan mengandung gula dan lemak. Pilihlah jenis camilan misalnya berjenis buah sehar atau sereal tanpa ada kandungan pemanis di dalamnya.

Perbanyak Makan Superfood

Memang akan lebih mudah makan makanan yang sudah ready di samping kita. Namun, Anda tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup. Oleh karena itu, Anda harus mengutamakan jenis makanan mengandung protein dan nutrisi yang tinggi. Misalnya daging, kacang, ayam dan lain sebagainya.

Hindari Diet

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat Anda hendak menurunkan berat badan adalah dengan menghindari diet. Diet ketat akan membuat Anda merasa tersiksa dan tidak sehat. Bahkan jika dilakukan dengan sering akan membahayakan bayi Anda. Dan itupun belum tentu berhasil menurunkan berat badan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari diet. Yang terpenting untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi jenis kalori kosong. Hal itu dikarenakan kalori kosong memiliki kandungan lemak dan gula yang bisa menaikkan berat badan Anda.

Itu tadi uraian tentang cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang akan menjadikan tubuh Anda normal dan ideal sebagaimana sedia kala. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Anda mempraktikkan tips-tips di atas secara rutin dan teratur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply